Anak Pandai Membawa Handphone


FaktaAnak.Com- Hai teman-teman, nama saya Fahra Nadya Saputri. Disini saya akan menjelaskan salah satu fakta yang terjadi dalam kehidupan realita anak. Yaitu tentang "Dampak Penggunaan Handphone bagi Anak-Anak dan Bagaimana cara agar kita dapat memanfaatkan handphone untuk hal yang baik".

Seperti kita ketahui nih teman-teman, di zaman globalisasi atau di zaman now ini hehehe kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia sudah mulai luntur dan mulai masuknya kebudayaan-kebudayaan barat di Indonesia. Hal tersebut karena sudah berkembangnya IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Emang sih perkembangan IPTEK tersebut banyak membawa dampak positif bagi negri kita ini, salah satunya seperti kita jadi lebih mudah untuk berkomunikasi dan kita dapat memperoleh lebih banyak dan lebih cepat berbagai informasi melalui internet.

Tetapi selain berdampak positif, kemajuan IPTEK tersebut juga membawa dampak buruk bagi negri kita tercinta ini. Seperti munculnya sikap individualisme di kalangan masyarakat indonesia, sudah mulai hilangnya sikap gotong royang dan kekeluargaan di Indonesia, dan yang harus kita waspadai adalah sekarang ini sudah sangat mudahnya kita untuk melakukan kemaksiatan.

"Loh ko bisa begitu?".

Iya tentu bisa.

Kalian semua pasti sudah menggunakan handphone kan? Iya disitulah terdapat banyak kemaksiatan yang dapat timbul jika kita tidak dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Masa kanak-kanak ataupun masa remaja adalah masa disaat kita sedang kepo-keponya terhadap berbagai banyak hal. Di internet semua hal bisa kita cari, termasuk hal yang baik dan hal yang buruk yang tidak sepantasnya kita untuk mengetahui hal tersebut. Tidak hanya melalui internet, kemaksiatan juga dapat terjadi melalui sosial media. Seperti melalui Facebook,Twitter, Whatsapp dan lain-lain.

Seperti yang sudah kita ketahui, sudah banyak kasus yang terjadi akibat kesalahan dalam memanfaatkan internet dan sosial media. Misalnya, terjadinya kasus penculikan anak, terjadinya kasus pornografi, terjadinya kasus pembullyan dan lain-lain.

Lalu bagaimana kita sebagai anak-anak agar dapat terhindar dari akibat negatif pemakaian internet dan sosial media tersebut?

Kita sebagai anak memang memiliki sifat keingintahuan yang kuat terhadap berbagai hal, tetapi dari hal tersebut kita harus menyadari bahwa kita ini tidak tau apa-apa. Kita membutuhkan bimbingan, pengajaran dan arahan dari orang yang lebih berpengalaman khususnya orang tua agar kita tidak salah mengambil jalan. Ada pepatah yang mengatakan "Malu bertanya sesat di jalan".

Jadi untuk teman-teman semua jangan malu untuk bertanya, lawanlah rasa malu tersebut, atau bersiap-siaplah untuk menanggung malu karena semuanya sudah terlanjur berlalu. Dengarkanlah dan laksanakanlah semua nasihat-nasihat yang baik dari orang tua ataupun orang lain, jangan keras kepala dan merasa paling benar, cobalah untuk menerima  masukan dan arahan tersebut, insya Allah hidup kita akan dipenuhi keberkahan dan terhindar dari keburukan ataupun kehinaan.

Tips Menggunakan HP Bagi Anak-Anak Agar Bermanfaat


Oke teman-teman, sampai juga saatnya disini saya akan memberikan beberapa cara atau tips kepada teman-teman tentang bagaimana menggunakan handphone agar dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi diri kita, antara lain:
  1. Niatkan dalam hati, untuk menggunakan handphone dalam hal-hal yang positif dan memberi manfaat bagi hidup kita.
  2. Pelajari dan dalami ilmu agama tentang perbuatan-perbuatan baik yang sebaiknya kita lakukan, dan perbuatan-perbuatan buruk yang sebaiknya kita hindari.
  3. Bertanyalah kepada orang lain yang lebih berpengalaman, dan mintalah nasihat dari mereka agar kita memiliki pegangan dan dapat terhindar dari perbuatan buruk dari pemakaian handphone.
  4. Ketahuilah apa saja dampak negatif yang akan kita dapatkan dan rasakan bila kita menggunakan handphone untuk hal-hal yang buruk dan ketahuilah begitu banyak hal-hal positif yang akan kita dapat bila kita menggunakan handphone untuk hal-hal yang baik.
  5. Berani berkata "TIDAK" jika ada yang mengajak kita untuk berbuat maksiat dan keburukan.
  6. Bertemanlah dengan orang-orang yang baik, yang akan membawa dampak yang baik bagi kehidupan kita, yang akan selalu menegur kita jika kita melakukan kesalahan, dan yang dapat menghindarkan kita dari terjerumus dari perbuatan yang buruk dan hina.

Dan untuk para orang tua, memberikan handphone kepada anak bukan hanya sebatas untuk menyenangkan hati sang anak, tetapi dibalik itu pun tersimpan sebuah tanggung jawab besar, yaitu bagaimana handphone tersebut dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi anak, bukan nantinya sang anak menggunakannya untuk hal buruk yang tidak hanya merugikan dirinya, tetapi juga dapat merugikan keluarga, sekolah, bahkan bangsa dan negara.

Wahai para orang tua nasihatilah anak-anak dan berilah mereka arahan tentang bagaimana cara memanfaatkan handphone dengan sebaik-baiknya. Dan untuk diri kita sendiri, tanamkanlah dalam diri kita bahwa "Aku Pandai Memanfaatkan Handphone" agar kita dapat memilah milih mana yang baik untuk kita lakukan dan mana yang buruk yang harus kita hindari dalam menggunakan handphone.

Demikianlah tulisan Anak Pandai Membawa Handphone yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan tedapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam Artikel ini adalah Fahra Nadya Saputri. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Anak Pandai Membawa Handphone"

  1. Pribadi yang cerdas ialah mereka yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi secara bijaksana. Dengan semakin pesatnya perkembangan IPTEK, jangan sampai anak-anak muda Indonesia terbuai dan telena akan segala kemudahan yang disajikan sehingga memiliki prilaku yang konsumtif dan hedonisme. Mudahnya mengakses segala sesuatu hanya melalui genggaman tangan harus dibarengi dengan menerapkan budaya ilmiah (baca, tulis dan diskusi). Jangan sampai kita menyerap informasi secara mentah-mentah belaka, tetepi harus juga mampu menganalisa.
    Hal tersebut dilakukan agar mampu menghindarkan diri -khususnya- dari dampak negatif pemanfaatan teknologi oleh anak.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel