[Penting] Biasakan anak untuk ucapkan 5 kata ini

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Menjadi orangtua adalah salah satu moment yang tidak bisa diulang. Kitalah yang membentuk karakter anak kita nantinya. Itulah mengapa pendidikan karakter pada anak sangatlah penting. Hal ini perlu diperhatikan khususnya kalangan orangtua muda. 

Mendidik Lisan Anak

Pengalaman pertama mendidik anak pasti merupakan salah satu cobaan yang cukup berat. Namun, ketahuilah hal yang kita katakan kepada anak secara tidak langsung menjadi salah satu faktor pembentukan karakter anak. Oleh karena itu para orang tua harus menjaga cara bicara di depan anak dan ajarkan anak untuk sering mengucapkan kalimat dibawah ini setiap harinya. 

1. Terima kasih

Ketika anak mendapatkan sesuatu, baik mereka memintanya ataupun tidak, ajarkan selalu untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah memberi mereka sesuatu. Perilaku ini apabila sering dilakukan akan menjadi kebiasaan pada anak dan mereka akan senantiasa menyebut kata “terima kasih” kepada siapapun. Tidak hanya apabila diberikan sesuatu, namun juga ketika diberi pertolongan. Selalu beri contoh kepada anak bagaimana cara mengucapkan terima kasih. Selalu tambahkan senyuman yang tulus sebagai rasa senang telah menerima sesuatu. Kata sederhana ini akan membentuk karakter anak yang positif dan ramah.

2. Maaf

Semua orang tak luput dari kesalahan. Namun beberapa orang yang merasa bersalah sangat sulit untuk mengucapkan kata “maaf” walaupun kata itu sudah diujung lidah. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Apabila anda tidak ingin anak anda mengalami hal tersebut selalu biasakan mereka untuk mengatakan “maaf” setiap kali melakukan kesalahan. Terkadang anak melakukan kesalahan dan orangtua memiliki cara masing-masing untuk mendisiplinkan anak. Namun, pastikan anak menyesali perbuatannya yang salah dan akhiri dengan kata “maaf”. Dan sebagai orangtua harus memberi maaf kepada anak sebagai contoh bahwa kita harus saling memaafkan sesama dan berikan mereka apresiasi atas usahanya meminta maaf. Dengan begitu anak akan mengerti tentang menghargai dan dihargai. 

3. Tolong

“Bukain pintu”, “Beliin es krim”, “Ambilin mainan itu”. Setiap hari pasti kata tersebut keluar dari mulut anak anda. Bukan hal yang salah mengucapkan kata tersebut dan seringkali kita sebagai orangtua secara tidak sadar langsung memberikan apa yang anak mau. Namun, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan. Memang tidak salah anak mengucapkan hal tersebut, namun biasakan untuk mengawalinya dengan kata “tolong”. “Ma, tolong bukain pintu”, “Pa, beliin es krim”, “Kak, ambilin mainan itu”. Penambahan kata “tolong” menyebabkan perubahan drastis dari awalnya terkesan menyuruh menjadi meminta tolong dengan halus. Apabila dibiasakan oleh orangtua untuk selalu mengucapkan “tolong”, nantinya anak akan terbiasa tidak hanya mengatakannya didepan orangtua, namun kepada orang lain ketika mereka membutuhkan pertolongan. 

4. Permisi (Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam)

Seringkali kita temui anak kecil yang sedang tersesat menangis di tengah keramaian. Namun, banyak pula orang dewasa yang tidak peduli. Ajarkan anak untuk selalu mengatakan “permisi”, “halo”, “selamat pagi/siang/malam”, dengan begitu anak menjadi tidak canggung untuk mengawali pembicaraan dengan orang asing. Awali dengan anda sebagai orangtua terhadap tetangga yang bertemu tidak sengaja dijalan. Lalu ajari anak untuk mulai bersikap ramah kepada orang asing. Dengan begitu, ketika anak sedang mengalami masalah dan orangtua tidak ada, anak akan mencari pertolongan kepada masyarakat sekitar dan tidak mengalami kesulitan untuk mengawali pembicaraan. Selain itu hal ini secara tidak langsung akan membiasakan anak untuk ramah dimuka umum. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah keamanan anak anda karena tidak semua orang asing berniat baik, ajari anak untuk menjaga diri dan cara meminta pertolongan agar anak terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

5. I Love You

Kata “I love you” merupakan bentuk ekspresi yang paling tulus, selalu katakan ini kepada anak anda setiap hari agar mereka tahu besarnya cinta orangtua terhadapnya. Dengan begitu anak akan mengucapkan hal yang sama dan seterusnya akan menjadi kebiasaan sehingga anak tidak mengalami kesulitan untuk mengungkapkan ekspresinya. Anak akan merasa diharapkan dalam keluarga dan anak akan menyadari seberapa besar cintanya terhadap orangtua. Selain itu dengan membiasakan mengucap kata “I love you” akan menambah keharmonisan anak dengan orangtua dan menjaga anak untuk selalu terbuka dengan orangtua. Biasakan mengucap kata “I love you” dalam keluarga agar kehangatan keluarga tetap terjaga. 

Itulah 5 kata yang harus diajarkan kepada anak anda untuk membentuk karakter yang positif pada anak. Pelajari dari lingkup yang sempit terlebih dahulu seperti katakan dirumah. 

Menjadi Contoh bagi Anak

Beri contoh kepada anak dengan orang sekitar. Sering-sering mengajak anak untuk keluar rumah agar anak bersosialisasi dengan masyarakat dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Lalu lakukan evaluasi dengan memperhatikan anak di lingkungan terbuka, apa yang harus dikoreksi dan apa yang harus tetap diteruskan. Semoga membantu para orangtua dalam mendidik anak. 

Demikianlah tulisan Biasakan anak untuk ucapkan 5 kata ini  yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Angela S Bella. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Penting] Biasakan anak untuk ucapkan 5 kata ini "

Posting Komentar