Mendidik Anak No Problem Because I Know To Solved It


Faktaanak.com - Sejatinya manusia adalah insan Tuhan yang Maha Agung, semua manusia dan makhluk ciptaan-Nya adalah suatu anugerah yang dititipkan, salah satunya adalah seorang anak dalam suatu hidup berumah tangga. Anak merupakan suatu pengharapan bagi kedua orang tuanya, banyak orang yang mengidamkan seorang anak untuk hadir dalam kehidupan mereka, banyak orang pula yang tidak menginginkan untuk memiliki anak. 

Dunia Anak Yang Menyenangkan

Secara tak sadar dunia anak sangatlah menyenangkan, tumbuh kembang anak adalah suatu proses yang langka untuk setiap orang, ketika kita tilik lebih dalam banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh dan proses interaksi yang dilakukan. Perilaku, ucapan, tindakan yang di lakukan oleh orang tua akan menjadi pola yang ditanam pada diri seorang anak, karena sejatinya anak yang masih usia dini akan selalu mengimitasi apa yang di lihatnya pertama kali. 

Hal ini pun sama seperti apa yang dilakukan oleh ilmuwan Konrad Lorenz dalam implementasinya berupa imprinting behavior. 

Masa Eksplorasi Anak

Masa anak-anak adalah masa yang mengembirakan, masa yang selalu ingin mengenal, masa dimana mereka mengeksplor alam sekitar, bahkan langsung melakukan tindakan terhadap apa yang dilihat. Ketika anak dalam proses perkembangan banyak hal yang ditanyakan. 

Contohnya adalah saya yang saat ini adalah seorang kakak dari Monicka Dwi Handayani, adik saya saat ini berumur empat tahu, kami memang dilahirkan dengan rentang waktu yang cukup jauh, saya adalah seorang Mahasiswa di Perguruan Tinggi di daerah Bandung, kami jarang sekali bertemu tetapi ketika saya pulang mengunjungi orang tua saya itu lah hal yang paling menyenangkan, banyak senda gurau yang kami lakukan akibat tingkah Monicka yang mengemaskan. 

Banyak sekali lontaran pertanyaan yang keluar untuk bertanya segala hal mulai dari menanyakan 

“Mbak, kalo sekolah nanti buat apa?”

“Mbak, kalau do’a ke Allah buat apa juga?”

Hingga obrolan yang mencegangkan ketika adik saya mengatakan “Mbak, kalo dede sudah besar mau jadi dokter, biar bisa beliin mobil, rumah buat Mamah” wow hal tersebut adalah suatu proses pembelajaran. 

Mendidik Anak

Pendidikan terhadap anak adalah suatu ujung tombak yang luar biasa. Ketika seorang anak dalam titik dimana tumbuh dan berkembang banyak hal yang akan mempengaruhi psikologi dan perilaku yang dilakukan. Pendidikan terhadap anak bukan lah hal yang mudah, dimana sama seperti membalikkan telapak tangan “TIDAK” . 

Untuk mendidik anak berikut ini akan dipaparkan beberapa fakta tentang mendidik anak:

Ibu Adalah Bagian Terpenting

Mendidik adalah proses yang sulit dan menantang pendidikan ini akan hadir dan tampak ketika keluarga yang menjadi pembimbing utama. Ibu iya ibu adalah tonggak yang tak dapat dielakkan, perannya dalam segala hal akan menjadi perilaku yang dilihat oleh seorang anak. 

Monitoring Orang Tua

Monitoring orang tua terhadap anak pun penting dilakukan untuk menindak lanjuti pola pertumbuhan yang terjadi, telepas saat ini maraknya perlakuan tidak senonoh yang dilakukan oleh seorang anak dibawah umur, pendidikan yang baik, tingkat pengembangan ajaran agama yang diajarkan, dan perilaku yang ditonjolkan setiap hari oleh seorang ayah, ibu, kakak dan lingkungan akan sangat berpengaruh terhadap psikomotorik seorang anak. 

Mendidik Adalah Mutlak

Anak adalah suatu titipan, anak adalah investasi besar untuk masa depan, anak adalah tonggak bersandar dihari tua, ketika mendidik anak saat ini merupakan hal yang mutlak dilakukan dan dikembangkan guna menjadikan insan yang tetap berpedoman pada akidah dan akhlak untuk masa depan. 

Mendidik Merupakan Tanggung Jawab

Mendidik bukan sebatas hanya paham, tapi mendidik adalah tanggung jawab besar untuk seluruh elemen jati diri seorang anak akan muncul dari proses demi proses yang telah dijalani untuk itu mendidik adalah menjadi sesosok yang menjadi panutan yang menjadi penuntun untuk proses imitasi dari seorang anak untuk melakukan suatu tindakan. 


Mendidik tidak susah, mendidik tak butuh uang, mendidik tak perlu imbalan, mendidik adalah tujuan, mendidik adalah dorongan, mendidik adalah keinginan hati untuk menuntun anak pada rute yang lurus untuk menuju masa depan yang dia impikan. Karena Mendidik anak; No Problem Because I Know To Solved It

Demikianlah tulisan Mendidik Anak NO PROBLEM Because I KNOW TO SOLVED IT yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Agustina. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Mendidik Anak No Problem Because I Know To Solved It"

  1. Bagus artikelnya :) topik yg dibawakan dapat dituliskan dengan bahasa yg ringan

    BalasHapus
  2. Kerasa banget polosnya anak kecil gimana dan cara ia belajar

    BalasHapus