Mengapa Anak Suka Mengupil? Normal, Jorok, atau Bahaya?


Faktaanak.com - Mengorek hidung atau mengupil merupakan aktivitas yang normal. Namun jika dilakukan di tempat dan waktu yang tidak tepat aktivitas ini bisa dibilang jorok. Nah, jika aktivitas ini sering dilakukan dan dengan menggunakan jari yang tidak bersih maka akan menimbulkan bahaya, lho. 


Mengapa anak suka mengupil? 


Anak-anak mulai memasukkan jarinya ke dalam hidung saat usia batita. Mengupil merupakan bagian dari fase eksplorasi. Bahkan ada anak yang juga memakannya, lho. Bukannya jorok, hal ini dikarenakan rasa ingin tahunya yang besar. Selain itu, Ia juga pasti belum paham mengenai kesehatan dan sopan santun.

Mengupil Karena Alergi

Anak yang menderita alergi biasanya juga cenderung suka mengupil. Hal ini disebabkan oleh lendir yang terdapat pada hidungnya dan mengeras. Oleh karena itu, anak akan merasa ada benda asing di dalam hidungnya dan mulai mengorek hidungnya. Mengupil juga bisa dikarenakan oleh kondisi tertentu, misalnya saat ruangan rumah terlalu dingin sehingga membuat hidung si Kecil terlalu kering. 

Mengupil Tidak Berbahaya

Sebenarnya mengupil tidaklah berbahaya. Namun apabila dilakukan menggunakan jari yang tidak higenis, maka kuman akan masuk ke dalam hidung. Apa saja dampaknya? Pertama, anak akan mengalami infeksi ringan di dalam hidung. Setelah itu, jari yang telah masuk ke dalam hidung akan menyebarkan virus penyebab flu dan pilek, lho.

Mengupil Tidak Akan Menjadi Kebiasaan Ketika Dewasa

Tidak seperti kebiasaan menggigit kuku yang bisa berlanjut hingga dewasa, kebiasaan mengupil tidak akan berlanjut ketika Ia beranjak dewasa kok. Umumnya anak kecil akan berhenti mengupil dengan sendirinya. Semakin dewasa, Ia akan berpikir bahwa mengupil bukanlah hal yang menarik untuk dilakukan. Ditambah lagi jika ada temannya yang mengejek ketika Ia mengupil sembarangan. 

Mendidik Anak tentang Kebiasaan Menhorek Hidung

Lalu, jika si Kecil memiliki kebiasaan mengorek hidung, apa yang harus para orang tua dilakukan? Latihlah si Kecil untuk membersihkan hidung dengan tisu. Selain itu, ketika mandi bersihkan hidungnya. Ajarkan juga untuk selalu membuang lendir dari hidungnya. Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak mencuci tangan dengan benar. Selalu jaga kebersihan tangan dan jarinya, seperti tidak membiarkan kuku si Kecil panjang merupakan hal yang sangat penting, lho.

Orang tua juga bisa membuat tangan anak sibuk. Terkadang anak yang memiliki kebiasaan mengupil hanya membutuhkan suatu hal yang bisa dikerjakan. Mungkin Anda bisa mengajaknya untuk melatih kreativitasnya, seperti membuat kerajian tangan dari barang bekas. Ide bagus bukan?

Demikianlah tulisan Mengapa Anak Suka Mengupil yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Hikmatul Adhimah. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Anak Suka Mengupil? Normal, Jorok, atau Bahaya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel