Aku Rindu Generasi Yang Dulu


Faktaanak.com - Dunia anak zaman sekarang sangatlah menyedihkan. Bisa dikatakan mereka sangat kurang beruntung. Karena kebanyakan dari mereka tidak bisa merasakan indahnya bermain kelereng bersama, bermain layangan, bermain petak umpet, dan sebagainya. Mereka telah dibodohkan oleh teknologi.  Teknologi telah merusak pikiran anak-anak. Anak-anak lupa akan kehidupan mereka seharusnya. Anak-anak seharusnya bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, namun semua itu terlupakan.

Permainan yang Mulai Hilang

Memang baik bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya tentang teknologi. Namun, anak harus diberi kesempatan untuk mengenal dunia mereka yang sebenarnya. Dunia dimana mereka bermain bersama, bermain petak umpet, dan permainan yang menyenangkan lainnya. Permainan tersebut sudah mulai hilang sekarang. Anak-anak sekarang terlalu asik dengan dunia gadget mereka. Mereka lupa akan dunia mereka semestinya.

Selain mereka melupakan dunia mereka yang seharusnya. Dampak buruk lain yang diakibatkan oleh gadget terhadap anak adalah kerusakan pada mata dan otak. Radiasi pada gadget dapat merusak otak dan mata anak. Bahkan sekarang sudah menjadi hal yang biasa ketika kita melihat anak-anak kecil yang menggunakan kaca mata. Sungguh itu sudah sangat merusak generasi penerus bangsa. 

Orang Tua Perlu Mendampingi Anak Bermain Gadget

Memang benar di dalam gadget ada beberapa aplikasi yang dapat membantu melatih otak anak sepeti games puzzle dan sebagainya. Namun apakah kita tahu apa yang dilakukan anak ketika bermain gadget. Mungkin mereka meminta handphone atau lainnya dengan niat untuk bermain. Tapi taukah kita bahwa sekarang banyak sekali web-web maupun aplikasi yang berisi iklan yang berbau fornografi. Jadi sangat diperlukan sekali dampingan dari orang tua disaat anak bermain gadget.

Kids Zaman Now

Selain itu sekarang sedang booming sekali kalimat “ kids  zaman now”. Dan untuk diketahui sendiri, kids zaman now itu kelakuannya kebanyakan negatif.  Sungguh kelakuan mereka sangat jauh dari moral anak bangsa. Salah satu contohnya adalah pacaran. Anak-anak sekarang sudah mengerti 
tentang pacaran, bahkan itu terjadi dikalangan anak SD. Tidak jarang mereka mengunggah foto selfie mereka sambil berpelukan bersama pacar mereka. Bahkan ada salah satu unggahan di media social yang memperlihatkan hasil percakapan dua anak yang berpacaran, mereka menggunakan ungkapan “ayah” dan “bunda”. Sungguh sangat tidak sesuai dengan usia mereka.


Dampak Buruk Teknologi Bagi Anak

Teknologi memang memiliki dampak yang buruk bagi anak. Namun kita tidak bisa menyalahkan teknologi sepenuhnya. Karena  lingkungan pertama yang ditemui anak adalah keluarga. Jadi bisa dikatakan perilaku anak tergantung dari didikan kedua orang tuanya. Biasanya anak-anak yang seperti itu dikarenakan kurangnya kasih sayang dari kedua orang tua mereka, baik karena kesibukan pada pekerjaan atau karena Broken home.

Memang sangat disayangkan jika generasi penerus bangsa harus seperti ini. Kita tidak bisa menghilangkan teknologi. Tapi kita bisa memperbaiki sifat anak melalui lingkungan pertamanya yaitu keluarganya. Jadi marilah kepada seluruh orang tua di dunia. Mulailah untuk memperhatikan anak-anak kita. Mereka hanya anak tak berdosa yang belum mengerti tentang dunia luar jadi mereka sangat cepat sekali berpengaruh dengan lingkungan barunya. Berilah mereka pengajaran dan kasih sayang seperti apa yang seharusnya mereka dapatkan.

Demikianlah tulisan Aku Rindu Generasi Yang Dulu yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Sari Hidayati. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aku Rindu Generasi Yang Dulu"

Posting Komentar