Apresiasi Pembentuk Mental Positif Anak

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Apresiasi merupakan penghargaan atas usaha yang telah dilakukan oleh seorang anak. Apresiasi dapat berupa pujian, ucapan terimakasih maupun hadiah. Apresiasi dapat diucapkan setelah anak berbuat baik atau berhasil dalam melakukan suatu hal.

Memberikan Apresiasi pada Anak

Apresiasi menjadi salah satu cara untuk menanamkan hal baik pada diri seorang anak. Misal, suatu hari anak ikut membantu ibu memasak di dapur. Anak mungkin hanya akan membantu menyiapkan beberapa bahan makanan atau memotong sayuran. Namun, ibu perlu memberikan apresiasi atas usaha anak. Apresiasi sederhana seperti, “terimakasih sudah membantu mama memasak ya, sayang”, atau “wah, adik ternyata pandai memotong wortel ya”. akan membuat anak merasa tersanjung. Anak akan merasa telah melakukan suatu kebaikan dan membuat ibunya bangga. Anak akan menganggap apresiasi dari sang ibu sebagai sebuah prestasi yang harus terus dipertahankan. Anak akan semakin rajin membantu ibunya memasak tanpa merasa keberatan sekalipun.


Apresiasi Adalah Cara Membangun Kepercayaan Diri Sang Anak

Selain untuk menanamkan hal baik, apresiasi juga menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan diri seorang anak. Contohnya, suatu hari anak mungkin akan menunjukkan hasil ujian yang kurang memuaskan kepada orang tua mereka. Orang tua yang bijaksana tidak akan marah mengetahui nilai ujian anak mereka yang kurang memuaskan. Orang tua yang bijaksana justru akan menyampaikan bahwa mereka cukup bangga mengetahui anak mereka sudah mengerjakan soal dengan jujur. Orang tua juga dapat menambahkan kepada anak bahwa buruknya nilai mereka mungkin hanya karena mereka kurang giat belajar. Apresiasi orang tua terhadap usaha anak, walaupun hasilnya kurang memuaskan, secara tidak langsung akan membentuk kepercayaan diri pada sang anak. Anak akan berpikir bahwa sebenarnya mereka bisa mendapatkan nilai ujian yang baik, sehingga kedepannya mereka akan lebih giat belajar dan tetap jujur dalam mengerjakan ujian.

Apresiasi untuk Membangun Mental Positif Sang Anak

Apresiasi akan membuat anak berpikir bahwa dirinya diterima di lingkungan sosialnya. Anak akan lebih percaya diri terhadap kemampuan mereka dan akan terus mempertahankan  “prestasi” yang telah dilakukan. Sehingga, apresiasi merupakan hal penting dalam mendidik dan membangun mental yang positif bagi seorang anak.

Demikianlah tulisan Apresiasi Pembentuk Mental Positif Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Handayani Bella Sasmita. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apresiasi Pembentuk Mental Positif Anak"

Posting Komentar