Burung dalam Sangkar Emas


Faktaanak.com - Suatu ketika, hiduplah sebuah keluarga di perkampungan kecil yang memiliki seorang anak perempuan nan cantik jelita. Namanya Olivia, usianya sudah menginjak 4 tahun. Orangtuanya memiliki nama panggilan kesayangan untuknya, yaitu Oliv. 

Bagaikan Burung dalam Sangkar Emas

Kehidupan Oliv serba berkecukupan. Namun sangat disayangkan, wajah cantik jelita yang dimiliki Oliv tidak pernah memancarkan senyum sedikitpun.
“Bu, Oliv ingin bermain dengan teman-teman di jembatan itu ya?” ujar Oliv sambil menyampaikan keinginannya di suatu sore. Mendengar pernyataan anaknya, ibu Oliv langsung melarangnya. 

“Jangan Oliv...nanti kalau kamu jatuh dari jembatan bagaimana? kan ayah dan ibu nanti yang repot mengantar kamu ke rumah sakit.” Jawab ibu sambil memegangi kedua bahuku.

Menjadi Anak yang Tidak Bebas

Setelah mendengar jawaban ibu, Oliv terpaksa mengurungkan niatnya untuk pergi ke jembatan bermain dengan teman-temannya. Tetapi hati kecil Oliv sebenarnya selalu berontak saat tidak di izinkan untuk melakukan keinginannya.

Ayah Oliv sedang menonton televisi sambil mengunyah cemilan, tiba-tiba Oliv berlari-lari kecil mendekati ayahnya sambil berucap. “Ayah, besok kan hari Ahad, boleh ya aku menginap di rumah temanku Sesha, dekat saja rumahnya dari sini..” kata Oliv dengan nada memelas. 

“Sebaiknya jangan Oliv, ayah takut nanti kamu malah merepotkan temanmu..” jawab ayah singkat dan padat dan kembali menonton televisi.

“Semuanya tidak boleh, mau ini tidak boleh, mau itu tidak boleh.” Oliv menggerutu pelan sambil berjalan menuju kamarnya. Butiran bening di sudut matanya kini siap berhamburan keluar menuju bantal yang kini sedang dipeluknya.

***


Mencoba untuk Membebaskan Diri

Kini Olivia sudah menginjak usia 18 tahun, namun tetap saja orangtuanya tidak memberikan kebebasan yang selayaknya kepada Oliv. Orangtuanya terlalu mengkhawatirkannya terlalu berlebihan, sehingga Oliv tidak bisa bergerak dan berpetualang dengan bebas. Namun kali ini Oliv telah berhasil meyakinkan orangtuanya untuk menempuh kuliah jauh dari kedua orang tua. Jauh dari pantauan orangtuanya. 

Burung yang Dahulu Kini Terbang Bebas

Oliv sekarang bisa lebih mandiri. Ada satu hal yang yang kini dilakukan oleh Oliv, ia tidak pernah memberitahukan apapun kegiatan yang dilakukannya selama kuliah,  karena sejak kecil ia selalu dilarang oleh oangtuanya. Oliv trauma akan hal itu. Ia lebih memilih diam saja atau mengatakan dirinya sedang belajar. Olivia yang dulunya seperti burung dalam sangkar emas, kini bebas terbang kemanapun ia mau namun tetap terbang dalam batas yang wajar.

Demikianlah tulisan Burung dalam Sangkar Emas yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Dana Isnina. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Burung dalam Sangkar Emas"

Posting Komentar