Didikan Terbaik Orang Tua pada Anak

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Mendidik anak merupakan sebuah pekerjaan yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh sepasang suami istri setelah mereka menikah. Mendidik anak tidaklah semudah yang di bayangkan. Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan mulai dari dana hingga mental  sebagai orang tua. 


Banyak Tipe Orang Tua dalam Mendidik Anak

Namun banyak sekali tipe-tipe cara mendidik anak yang dilakukan oleh orang tua, mulai dari cara lembut hingga keras maupun tegas. Sebagai orang tua harus  memilih secara bijak dan tepat bagaimana cara mereka dalam mendidik, apakah dengan kelembutan atau ketegasan. 


Mendidik dengan Fleksibel dan Seimbang

Semua itu harus diseimbangkan juga dengan akan dibentuk apa anak kita agar mereka menjadi seseorang yang orang tua inginkan. Yang menjadi masalah disini kadang saat anak sudah tumbuh semakin besar mereka tidak setuju dengan didikan orang tua atau mungkin memang sebagai orang tua ,terlalu egois. 

Memperhatikan Keinginan Anak

Banyak kejadian yang sudah-sudah, bahwa apabila orang tua mendidik anak dengan keras mereka akan menjadi seseorang yang bukan diri mereka sendiri. Contoh simpelnya apabila anak ingin masuk di sebuah Universitas Negeri ternama di Indonesia dengan jurusan X, namun orang tua mereka tidak setuju dengan hal itu dan menyarankan sesuatu yang mereka anggap baik tanpa memperhatikan apa yang sebenarnya anak inginkan. 

Menjalin Komunikasi dengan Anak

Hal tersebut merupakan salah satu tantangan kecil dalam mendidik anak karena tak semua yang mereka inginkan , orang tua sudah mengetahuinya. Oleh karena itu antara anak dan orang tua harus terjalin sebuah komunikasi yang baik agar anak selalu merasa diperhatikan dan merasa tidak sendiri sehingga anak tidak sungkan untuk menceritakan keluh kesahnya pada orang tua. Selain itu, sebagai orang tua harus bisa mendidik anak dengan lembut namun tetap tegas, anak dididik dengan kedisplinan, kesederhanaan, kedermawanan yang akan mereka tangkap lebih mudah dengan cara mereka melihat langsung dari yang orang tua mereka kerjakan. 

Buat Situasi yang Nyaman

Situasikan rumah selalu dalam suasana yang hangat, keluarga yang selalu dekat dengan penciptanya, agar anak tumbuh tidak salah arah dan selalu berada dalam jalan yang lurus tidak terjerumus dalam hal narkoba rokok maupun lainnya. 

Orang Tua Harus Tau Situasi dan Kondisi

Orang tua harus tau cara memposisikan diri pada situasi dan kondisi yang bagaimana agar anak dapat mengerti dan tidak membangkang. Orang tua harus tau kapan waktunya mereka menjadi seorang yang lembut, seorang yang tegas, seorang yang keras. Namun jangan juga menjadi orang tua yang penurut kepada anaknya, karena akan menyebabkan anak selalu meminta, apabila tidak diberi yang mereka inginkan mereka menjadi marah. Itu akan menyebabkan anak tumbuh menjadi seorang yang egois dan konsumtif. 


Beri Penghargaan berupa Hadiah

Sesekali boleh memberi mereka hadiah atas keberhasilan mereka dalam lomba, ujian ataupun saat mereka telah melakukan pekerjaan rumah dengan baik agar mereka senang dan semakin termotivasi untuk melakukan kegiatan lainnya dengan semangat. Jadi, mendidik anak merupakan sebuah kewajiban gampang-gampang susah, yang harus dilakukan orang tua agar terbentuk anak yang baik, taat kepada Tuhan-NYA, bagus ibadahnya, patuh kepada orang tuanya dan sopan terhadap orang lain. 


Kewajiban tersebut harus dilaksanakan sesuai situasi dan kondisi yang ada agar apa yang  anak inginkan tersampaikan pada orang tua begitupun sebaliknya.


Demikianlah tulisan Didikan Terbaik Orang Tua pada Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Arly Tania Putri. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Didikan Terbaik Orang Tua pada Anak"

Posting Komentar