Dunia Anak Introvert, Orang Tua Wajib Tau!


Faktaanak.com - Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat tiga jenis kepribadian pada seseorang, yaitu kepribadian introvert, ekstrovert, dan ambivert. Banyak orang berganggapan bahwa kepribadian introvert adalah kepribadian yang jelek karena mereka cenderung pendiam dan sulit untuk bersosialisasi. Jika anda memiliki anak yang berkepribadian introvert jangan risau atau malu karena anak introvert memiliki cara tersendiri untuk bersosialisasi.

Mengenal Introvert

Anak introvert adalah anak yang memiliki sikap tertutup, pendiam, dan sulit bersosialisasi dengan orang-orang. Terkadang mereka dicap oleh orang-orang sebagai anak anti sosial atau aneh karena kepribadian mereka yang sulit berinteraksi. 

Anak introvert dapat bergaul dengan orang-orang disekitarnya jika mereka mengenal dekat dengan orang-orang tersebut. Bagi mereka bersosialisasi membutuhkan suatu energi yang besar. Ketika energi tersebut habis mereka harus mengisi ulang kembali,. Cara mereka mengisi energinya kembali yaitu dengan berdiam diri/menyendiri.

Anak introvert biasanya senang melakukan kegiatan yang tidak melibatkan banyak orang. Mereka suka menghabiskan waktunya dengan menyendiri seperti membaca buku, bermain di kamar, bercakap-cakap sendiri dengan benda disekitarnya, senang mengekepresikan dirinya melalui tulisan daripada berkata-kata, dan sebagainya. 


Ciri-Ciri Introvert

Beberapa ciri-ciri umum yang mudah dikenali untuk menetahui apakah anak tersebut introvert.
1. Senang menyendiri
2. Sulit bersosialisasi dengan orang-orang banyak
3. Umumnya temannya sedikit
4. Senang mengekspresikan dirinya dengan tulisan daripada berbicara
5. Memiliki kemampuan observasi yang tinggi

Kelebihan Anak Introvert

Kepribadian introvert bukanlah kepribadian yang buruk maka sebagai orang tua janganlah malu jika anak anda berkepribadian introvert. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh seorang anak introvert. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh anak introvert yaitu :

1. Berpikir Kreatif

Anak introvert biasanya memiliki daya kreativitas yang tinggi karena mereka dapat membayangkan sesuatu secara detail. Banyak seorang pemusik maupun penulis yang memiliki kepribadian introvert karena kemampuan mereka dalam mengoalah kata-kata serta ide kreatif yang terus mengalir sangatlah jarang ditemukan oleh orang pada umumnya.

2. Perhatian dengan Orang-orang Sekitar

Walaupun anak introvert sulit bersosialisasi dengan banyak orang tetapi anak introvert merupakan anak yang penuh perhatian. Mereka lebih senang melakukan dengan bentuk tindakan daripada banyak berbicara.

3. Memiliki Bakat Menulis

Kemampuan mengolah kata-kata seorang anak introvert biasanya di atas rata-rata karena mereka sering mengungkapkan perasaannya pada tulisan daripada berbicang-bincang dengan banyak orang. Tulisan merupakan salah satu bentuk komunikasi seorang anak introvert karena mereka senang mengungkapakan ceritanya melalui postingan tertulis misalnya pada facebook atau blog-blog pribadi mereka.

Peran Orang Tua

Orang tua memiliki peran utama dalam mendidik anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua walaupun memiliki anak kepribadian yang introvert arahkan mereka pada kegiatan-kegiatan positif agar mereka menjadi lebih percaya diri dan dapat diterima oleh orang-orang sekitar. Ajaklah anak untuk sesekali berbicara dengan anda atau orang-orang terdekat dengan topik-topik pembicaraan yang menyenangkan. Dukunglah setiap kegiatan positif anak.

Demikianlah tulisan Dunia Anak Introvert yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Lintang Darmastuti. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Dunia Anak Introvert, Orang Tua Wajib Tau!"