Fakta Penting Dalam Mendidik Anak


Faktaanak.com - Anak sangat suka bermain. Anak-anak tidak mau meninggalkan teman – temannya saat asyik bermain. Anak pasti tidak mau sendirian dan tidak mau  hanya diam di rumah. Anak lebih memilih bermain bersama teman – temannya. Jika para teman tidak akur maka anak tidak mau bergaul dengan teman – temannya. 

Kerukunan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan tali persaudaraan antarsesama teman. Anak harus bisa pandai bicara dan menunjukkan kreativitasnya masing – masing. Anak akan tahu dengan sendirinya. Anak bisa mewujudkan kreativitasnya masing – masing dengan berkarya dan menampilkan bakatnya.

Memanfaatkan Permainan sebagai Media

Carilah permainan untuk anak sesuai dengan kemauan dan minat seorang anak terhadap sesuatu yang disukai. Sesuatu tersebut berupa hobi dan kegiatan untuk mengisi waktu luang seorang anak. Hobi tersebut dapat berupa permainan yang mereka senangi. Permainan anak dapat membantu belajar seorang anak untuk mewujudkan cita – citanya. Misalkan anak mempunyai cita cita sebagai dokter, maka anak sebaiknya diberi permainan sesuai dengan cita – cita anak tersebut. Permainan yang bermanfaat akan memunculkan dan mengetahui bakat apa yang dimiliki seorang anak.

Nasehat itu Penting

Berilah nasehat kepada anak agar anak tidak berani terhadap orangtuanya. Tunjukkan kasih sayang dan perhatian sebagai orang tua terhadap anak. Luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Karena pendidikan utama seorang anak terjadi di ruang lingkup keluarga. Ajarkan sesuatu yang positif kepada anak agar anak bisa memahami keadaan orangtua. Jangan biarkan anak bergaul dengan teman yang membawa dampak negatif dan buruk. Ajarkan sikap dan perilaku terpuji terhadap anak supaya anak tidak memberontak orangtuanya.

Membuat Suasana yang Nyaman

Anak pasti kesal apabila sering dimarahi orangtuanya. Dimarahi dalam artian anak diberi nasehat dan didikan yang keras dari orangtunya. Menjadi seorang anak tidaklah begitu mudah karena anak masih bersifat netral. Anak sangatlah labil.  Untuk itu, anak berusaha untuk mencari kestabilan masing – masing. Anak suka dibiarkan orangtuanya, tetapi anak tidak punya cukup perhatian. Sebab anak akan memilih jalannya sendiri, Tanpa paksaan dari orang lain. Anak lebih suka diberi kasih sayang yang lebih ketimbang apa yang dimilikinya sekarang.


Demikianlah tulisan Fakta Penting Dalam Mendidik Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Anggi Purwanti. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta Penting Dalam Mendidik Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel