Cara Membaca Puisi

Fakta Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak


Faktaanak.com - Dunia anak sederhana, mereka hanya ingin tertawa tanpa memikirkan apa-apa, akan tetapi semua adalah tergantung dari bagaimana orang tua mendidiknya. Apabila orang tua ingin anak nya sukses, bukan bearti orang tua harus menyekolahkan dan menyuruhnya untuk sekolah dini sejak dini. 


Mendapat Pendidikan Langsung dari Orang Tua

Menurut saya anak itu dari usia 1-5 tahun sebaiknya di didik oleh orang tuanya sendiri. Dengan demikian anak tidak akan terlalu merasa dipaksa untuk menjadi pintar, tetapi ia harus menjadi cerdas dari orang tuanya sendiri. Mengapa harus orang tua yang mengajarkan? Bukankah lebih bagus apabila seorang anak ketika usia 3 tahun langsung di sekolahkan PAUD? Menurut saya tidak, itu hanya akan membuatnya terlalu cepat bosan belajar nantinya, dan terkadang itulah hal yang tanpa kita sadari membuat anak kurang kepeduliannya terhadap orang tuanya sendiri. 

Pendidikan Jaman Dulu dan Sekarang

Bandingkan dengan pendidikan anak jaman dulu dan sekarang, dulu anak masuk sekolah TK ketika dia berumur 4 atau 5 tahun. Buktinya anak jaman dulu tetap pintar dan cerdas kan? Tapi dapat anda lihat anak jaman sekarang? Bahkan usia 3 tahunpun ketika sang anak masih butuh perhatian lebih orang tuanya, tetapi sang anak sudah dimasukan ke PAUD. 

Memang anak jaman sekarang nyatanya lebih cerdas, tapi etika mereka kurang, kurangnya kepedulian mereka terhadap orang yang lebih tua dari mereka, bahkan kurang menghargai orang lain. Itu adalah salah satu hasil kurangnya waktu orang tua bersama anak, yang hanya menginginkan anaknya sukses ketika dia dewasa tanpa memperhatikan apa yang di inginkan seorang anak.

Mendidik itu Butuh Kesabaran

Mendidik anak bukanlah hal yang mudah dan bukan juga hal yang sulit. Menurut saya dalam hal mendidik anak perlulah kesabaran yang extra. Menegur tanpa membentak ketika dia salah. Seperti : “nak kamu kan sudah besar, jadi kamu harus bertaggung jawab kalau kamu salah. Ayo nak beresin sayang”.(dengan nada yang lembut).

Apresiasi dan Penghargaan Juga Penting

Memberinya apresiasi juga sangat penting ketika sang anak mendapatkan penghargaan dari usahanya sendiri. Jangan bilang “ahh gitu doank mama juga bisa”. Kalau perlu memberi sesuatu yang dia sukai akan sangat menyenangkan hati seorang anak. “wah kamu hebat, mama masakin sayur asem kesukaan kamu ya”. 

Pengalaman sebagai Seorang Anak

Pengalaman saya sebagai anak, saya berasal dari keluarga yang miskin, sehingga saya harus pergi merantau di biayai oleh om saya waktu SMA, sebenarnya saya tidak ingin pergi, tapi orang tua saya menyuruhnya dan saya tidak ingin membantah. Sesungguhnya saya hanya ingin di mengerti, dan di dengarkan. “saya ingin ikut keluarga saya senang maupun susah”. Tapi saya tidak bisa mengatakanya. Yang lalu biarlah berlalu. 

Semenjak saya lulus SMA dan sudah bekerja saya malah kurang berkomunikasi dengan orang tua saya karena terbiasa tanpa komunikasi selama saya sekolah 3 tahun. Rasanya canggung seperti berbicara dengan orang lain walaupun itu orang tua saya sendiri. Sehingga saya berjanji pada diri saya sendiri bahwa saya akan mendidik anak saya dengan cara saya sendiri nantinya.


Demikianlah tulisan Peran Penting Orang Tua Dalam Mendidik Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Lisa Margareta. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Fakta Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel