5 Fakta Unik Tentang Anak-anak Yang Perlu Anda Ketahui

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Anak-anak merupakan makhluk tuhan yang unik. Meskipun tubuh mereka kecil, mereka memiliki ide dan kreativitas yang tak terduga serta tingkah yang membuat orang dewasa tersenyum bahkan tertawa. 

Fakta Unik tentang Anak

Kali ini kita akan membahas seputar fakta unik tentang anak-anak  yang perlu anda ketahui.

Fakta Pertama

Anak-anak memiliki daya ingat yang luar biasa. Otak mereka dapat menerima informasi dan menyimpannya dalam bentuk “long term memory” atau biasa disebut memori jangka panjang terutama peristiwa yang bersifat audiovisual. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi penelitian dari University of Birmingham dan Ruhr University of Bochum,Jerman. Riset yang mereka lakukan menggunakan scanner otak yaitu Electroencephalography (EEG) untuk melihat daya ingat seseorang. Riset tersebut membuktikan bahwa otak hanya memerlukan waktu 100 ms dalam pemanggilan ingatan atau disebut “Recalling”. Hal ini lebih cepat dari kedipan mata yang memerlukan waktu 300 ms. Oleh karena itu, setiap anak akan mampu mengingat peristiwa-peristiwa yang dialaminya saat kecil dan inilah yang akan menjadi tolak ukur mereka dalam bersikap saat dewasa. Mereka juga cenderung memiliki emosi yang kurang stabil apabila mengalami masa kecil yang buruk.


Fakta Kedua

Saya memiliki seorang adik laki-laki berusia 8 tahun. Dia memiliki seorang kakak yang lebih tua 3 tahun darinya. Sang kakak lebih dekat dan perhatian dengannya. Suatu hari, kakak saya yang paling tua pernah memarahi adik saya yang perempuan karena kesalahannya. Adik saya yang laki-laki tidak suka jika kakaknya dimarahi, sehingga dia membela adik saya yang dimarahi tadi. 
Ini merupakan secuplik kisah bahwa anak-anak peka terhadap perasaan dan emosi. Mereka sangat mudah mengetahui apakah seseorang itu tulus menyayangi mereka atau tidak. Mereka juga akan senantiasa berusaha menjaga perasaan dan melindungi orang tersebut jika ada yang menyakitinya. 

Fakta Ketiga

Anak-anak sangat mudah meniru atau mencontoh perbuatan orang-orang yang dilihatnya. Mereka akan melakukan hal tersebut tanpa menghiraukan apakah tindakan yang mereka lakukan sudah benar atau salah. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua atau pendidik selalu mengajarkan hal-hal yang baik agar tindakan tersebut dapat melekat pada diri sang anak hingga dewasa. 

Fakta Keempat 

Menurut H.L. Blum, lingkungan merupakan andil terbesar dalam menentukan perilaku seseorang. Perilaku tersebut tidak hanya mencakup sikap, tetapi juga mencakup pengetahuan dan tindakan. Masa kanak-kanak merupakan masa dimana anak mencari ketiga aspek tersebut. Tumbuh kembang anak akan menjadi baik bila lingkungannya baik.  Bukan hanya itu, lingkungan yang bersih dan asri juga akan memengaruhi pertumbuhan anak. Dengan lingkungan yang bersih akan membuat sang anak menjaga kebersihan lingkungannya. Begitu juga  apabila lingkungannya asri, konsentrasi sang anak akan terjaga dan anak akan terhindar dari stress. Hal ini terbukti karena pada lingkungan asri terdapat berbagai macam tumbuhan, terutama pepohonan. Pohon atau tumbuhan hijau akan menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh otak dan ini sangat bermanfaat bagi anak .

Fakta Kelima

Kebebasan adalah suatu yang mutlak dimiliki oleh setiap orang. Kebebasan yang dimaksud disini adalah kebebasan yang masih dalam batasan sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua atau pendidik memberikan kebebasan kepada sang anak untuk mengexplore lingkungan sekitar mereka. Biarkan mereka mencari tahu sendiri agar anak lebih terampil dan mandiri, tetapi harus tetap dibawah pengawasan orang tua atau pendidik.

Demikianlah tulisan Fakta Unik Tentang Anak-anak Yang Perlu Anda Ketahui yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Devi Nadilah. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Unik Tentang Anak-anak Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar