Gaya Bermain Anak Zaman Now VS Gaya Bermain Anak Zaman Old

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Kemajuan teknologi di zaman modern telah berkembang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan meluasnya alat elektronik yang ada diseliling kita. Dimana hampir setiap orang mampu memiliki bahkan mempergunakannya. Tak terhitung itu orang tua, orang dewasa hingga anak – anak. 

Zaman Modern Membawa Virus

Tak dapat dipungkiri Lagi jika di zaman yang sudah modern ini anak – anak sudah terbiasa untuk menggunakan alat elektronik berupa gadget atau mobile phone dalam kesehariannya. Bahkan bisa dikatakan jika anak – anak zaman sekarang sudah terjangkit virus gadget. Dikarenakan mereka terbiasa mengunakanya tanpa kenal batas waktu, sehingga hari – harinya selalu dihabiskan untuk bermain dengan gadget  tanpa berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya. Karena kebiasaan buruk itulah, anak – anak zaman sekarang bisa kecanduan bermain gadget. Sehingga sehari saja tidak mempermainkannya sang anak akan merasa ada yang hilang dan cenderung menanggis jika tidak di beri.

Sisi Negatif dari Zaman Modern

Tidak selamanya alat elektronik mampu memberikan dampak positif bagi pengunannya. Terutama jika yang mempergunakannya terbilang masih dibawah umur. Seperti anak – anak zaman sekarang atau yang lebih di kenal dengan sebutan anak zaman now. Mereka selalu menggunakan alat elektronik untuk bermaian, sehingga anak – anak zaman sekarang lebih terkesan suka menyediri dari pada berinteraksi dengan teman – teman disekitarnya. 

Tanpa kita sadari dunia elektronik mampu membius dan bahkan sangat mempengaruhi gaya hidup anak – anak terutama dalam hal bermain. Cara bermain anak zaman sekarang atau anak zaman now sangat jauh berbeda dengan gaya bermain anak zaman dahulu atau anak zaman old. Dimana anak zaman now lebih suka berinteraksi dengan dunia gadget  dibandingkan dengan teman – temannya. Sedangkan anak zaman old lebih suka berinteraksi dengan teman – temannya dan belum bebas menggunakan gadget seperti anak zaman now.

Zaman Modern Mengurangi Intensitas Daya Gerak

Permainan modern cenderung digunakan di dalam ruangan, misalnya di tempat bermain seperti timezone atau warnet. Berbeda dengan permainan tradisional yag pada umumnya dimainkan dilapangan atau dihalaman. Saat anak bermain anak-anak berlari-larian, melompat-lopat. Selain itu, sedangkan permainan modern biasanya banyak tersedia di mall, pada berbagai tempat bermain, yang pada umumnya berada di pusat kota, yang pembangunannya cukup berkembang. 

Masa Tradisional yang Terlupakan
Sementara permainan tradisional saat ini hanya sering dimainkan oleh anak-anak di desa-desa sehingga terkadang kesan pada permainan tradisional adalah permainan yang kampungan dan sudah ketinggalan zaman. Akibatnya, permainan anak tradisional menjadi terlupakan dan mulai asing dikalangan anak-anak. Selain itu, tingkat kecanduan pada permainan modern pada anak juga tinggi sehingga memiliki pengaruh terhadap kebiasaan dan perilaku anak.

Permainan Anak Zaman Now

Jenis permainan yang sering dimainkan anak zaman now antara lain : 

1. Bermain play station ( permainan yang dijalankan menggunakan media gadget).

2. Bermain game di komputer ( permainan yang dimainkan menggunakan computer bisa saja dimainkan di warnet bersama teman-temannya). 

3. Bermain mobil-mobilan atau pesawat terbang mainan pakai remot ( permainan yang dijalankan dengan media elektronik berupa remot)

4. Bermain Blog, Anak-anak zaman sekarang masih di bawah umur juga sudah pintar membuat blog (blog merupakah salah satu media yang menjadi wadah bagi kebanyakan orang untuk menyampaikan segala ide, anspirasi yang dituangkan melalui tulisan).

5. Membuat karya gambar di photoshop ( photoshop merupakan salah satu aplikasi untuk mempercantik atau mengedit foto dan video secantik dan seindah mungkin).

6. Membuat percobaan, percobaan yang melibatkan kemajuan teknologi modern. ( percobaan ini dapat berupa hal – hal negatif maupun positif ). Dan masih banyak lagi.

Permainan Anak Zaman Old

Sedangkan Jenis permainan yang sering dimainkan anak zaman old antara lain : 

1. Petak Umpet ( petak umpet biasannya dimainkan oleh 3 orang atau lebih, gaya permainanya sangat menarik yakni ada salah satu yang harus jaga di balik pohon atau gedung sedangkan yang lainnya bersembunyi. Sang penjaga dinyatakan kalah jika tidak mampu menemukan teman – temannya yang sedang sembunyi).

2. Bola Bekel ( bola bekel biasanya dimainkan oleh 3 orang saja, cara permainnanya sangat muda. Setiap pemain harus mempunyai beberapa butir batu tergantung kesepakatan saat bermain. Bisa 10 buah bahkan lebih, selain itu pemain juga harus memiliki satu buah kelereng guna mengambil batu – batu yang telah dikumpul bersama. Cara bermainnya yakni setiap anak diberi waktu untuk mengambil batu yang ada di dalam lingkaran tanpa boleh keluar dari garis, atau kelerengnya juga tidak boleh menyenggol batu. Jika pemain melakukan itu maka pemain akan di anggap kalah.)

3. Gundu atau Kelereng ( gundu atau kelereng biasanya dimainkan oleh 3-5 orang. Permainannya sangat sederhana dan menyenangkan).

4. Lompat Tali ( lompat tali biasannya dimainkan 3-4 orang. Permainan ini bisa dimainkan secara individu atau kelompok tergantung dari jumlah pemain yang berkonstribusi ).

5. Ular Naga Panjang (ular naga panjang biasannya dimainkan oleh 3 orang atau lebih. Permainan ini dimainkan secara group. Permainanya sangat sederhana dan menyenangkan karena setiapgroup harus berpura – pura menjadi ular yang memiliki kepala dan ekor. Jika nanti kepala atau ekornya ketangap oleh group lain maka group yang main di nyatakan kalah ).

6. Layangan ( tentu layangan ini sudah tidak asing lagi di telingga kita. Permainan yang sangat seru dan menyenangkan ini sangat disenangi dan di rindukan oleh semua orang). Dan masih banyak lagi.


Demikianlah tulisan Gaya Bermain Anak Zaman Now VS Gaya Bermain Anak Zaman Old yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Ida Fitriyah. Trimakasih.


Referensi

https://www.kompasiana.com/dewi_masluchah/59e49d224869322d1f0f6402/permainan-modern-vs-permainan-tradisional   diakses pukul 8:24 PM

http://juragancipir.com/perbedaan-permainan-anak-tempoe-doeloe-dan-zaman-sekarang/  di akses pukul 8:24 PM


-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaya Bermain Anak Zaman Now VS Gaya Bermain Anak Zaman Old"

Posting Komentar