Juta Dolar Pendidikan Orang Tua

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Orangtua patut bangga melihat kesuksesan anak di masa mendatang karena itupun juga hasil didikan orangtua di waktu kecil. Masa kanak-kanak adalah buktinya.

Keperibadian Anak-anak

Siapa sih yang tak kenal masa kanak-kanak. Pasti sebagian kalian sudah melawati masa kanak-kanak atau ada yang masih menjalani masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak adalah masa dimana orangtua berperan besar dalam membantuk kepribadian anak. Kepribadian adalah karekter yang terbentuk karena suatu kebiasaan. Lantas kepribadian seperti apa sih yang diinginkan orangtua, dan bagaimana cara membentuknya?


Mendidik Anak

Memiliki anak sukses adalah dambaan semua orangtua. Meskipun banyak orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara baik tapi cara orangtua mendidik anak yang salah mengakibatkan anak tak memiliki kepribadian yang diinginkan orangtua. Kenapa sih orangtua sering salah mendidik anak? Mendidik salah bisa diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan orangtua mendidik anaknya, oleh sebab itu di sini meskipun saya masih pelajar seenggaknya bisa memberi manfaat kepada para orangtua bukan maksud untuk menggurui tapi untuk menambah ilmu bagi orang-orang awam yang belum mengetahui mendidik anak yang benar.

Mendidik Anak untuk Membentuk Kepribadian

Mari kita lihat kehidupan Chairul Tanjung yang kini menjadi salah satu pengusaha sukses, tak serta merta dilaluinya begitu mudah tetapi perlu perjuangan. Orangtua yang turut serta dalam kesuksesanya kini, dulunya mendidik Chairul Tanjung dengan keras, orangtuanya menyuruh Chairul Tanjung untuk menempuh jalur pendidikan yang diniainya salah satu jalan keluar dari jurang kemiskinan. Tak punya biaya untuk sekolah, Chairul pun memikirkan untuk membentuk peluang usaha. kepribadiannya yang pantang menyerah untuk membentuk peluang usahanya saat ini adalah didikan yang pernah dilakukan orangtuanya di waktu kecil. 


Orang Tua sebagai Figur yang Berpengaruh

Melihat cerita di atas pasti beberapa dari kalian ada yang mengatakan, “ya itukan kehidupannya yang mendukung” bagi saya pasti tidak ada yang mau menjadi jatuh miskin hanya untuk mendidik anak. Saya tidak menyuruh untuk menjadi seperti orangtua Chairul Tanjung, tapi jadilah diri sendiri untuk membentuk kepribadian anak. Anak membutuhkan figur orangtua untuk dijadikan contoh kehidupanya, jangan memberikan harta yang berlebihan kepada anak sehingga menimbulkan kepribadian anak yang malas dan menggantung hidup orang lain.

Mendidik pada  Usia yang Tepat

Selain mendidik anak disaat masa keemasanya, mendidik anak juga dapat dilakukan saat anak remaja. Susah-susah gampang memang merawat anak pada masa remaja selain anak yang sudah memiliki idola sendiri untuk ditiru dan faktor pertemanan pula yang menentukan kepribadian anak. 

Tapi kali ini saya punya cara mendidik anak dalam masa remaja dengan cara yang jaman now banget: 
  1. Memberikan peluang untuk berimajinasi dan menghasilkan karya, jangan larang anak untuk melakukan yang dia suka apabila hobinya itu benar loh ya.
  2. Jadilah sahabat bagi anak
  3. Mulai ajarkan untuk membuka usaha kecil-kecil an
  4. Jangan paksakan anak untuk meraih mimpi orangtua atau orang lain
  5. Bimbinglah anak sesuai agama masing-masing. 
  6. Berusaha jadi figur yang baik apabila menginginkan anak menjadi orang baik.

Demikianlah tulisan Juta Dolar Pendidikan Orang Tua yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Nur Ika Aini Oktavia. Trimakasih.


-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juta Dolar Pendidikan Orang Tua"

Posting Komentar