Kaitan Masalah Yang Ditimbulkan Anak dengan Didikan Orang Tua



Faktaanak.com - Anak merupakan titipan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang dilahirkan dari rahim seorang ibu. Titipan dari Tuhan Yang Maha Esa inilah maka seharusnya anak dijaga, disayang, dan dididik sehingga kelak anak tersebut dapat membawa nama baik orang tuanya serta penyelamat bagi kedua orang tuanya untuk menuju pintu surga Tuhan sang pencipta.

Mendidik Anak Bukan Persoalan Mudah

Mendidik anak bukanlah persoalan yang mudah bagi orang tua. Banyak orang tua menginginkan anaknya memiliki pribadi yang baik serta cerdas tetapi untuk merealisasikannya sangatlah sulit, karena tidak semua orang tua mampu mendidik anak. Padahal orang tua merupakan peran utama dalam mendidik anak karena orang tua merupakan perantara untuk mengenalkan dunia indah ini kepada anaknya serta mengajarkan bagaimana anak hidup serta bersosialisasi.

Permasalahan Anak Saat Ini

Saat ini banyak sekali permasalahan-permasalahan yang diakibatkan oleh anak-anak. Permasalahan-permasalahan tersebut diantara merokok, berbicara kasar, memukul temannya hingga terluka, dan masih banyak lagi. Hal ini terjadi karena adanya kelalaian atau perlakuan yang tidak baik dari orang tua dalam mendidik anaknya.

Pertama, Kasus Merokok

Mengapa hal itu bisa dilakukan oleh anak? Apakah orang tuanya merokok? Apabila iya, seharusnya sebagai orang tua kita wajib memberi contoh yang baik kepada anak, karena di usianya yang masih terbilang muda biasanya anak sering mencontoh kebiasaan yang dilakukan orang tuanya di  rumah. Oleh karena itu, bersikap baiklah serta berilah contoh kebiasaan baik terhadap anak agar anak terbiasa melakukannya.
 

Kedua, Berbicara Kasar

Sudah tak umum untuk anak-anak sekolah zaman sekarang sering mengucapkan makian kata kasar seperti anjing, monyet, atau bahkan t*i pun. Kata-kata tersebut merupakan kata-kata yang tidak pantas diucapkan oleh seorang anak. Ucapan merupakan suatu cerminan diri oleh karena itu biasakan anak untuk bertutur kata sopan dan baik. Entah bagaimana anak-anak tersebut dapat berbicara seperti itu, maka ketika seoarang anak berkata kasar, tegurlah, beri tahu dia bahwa hal tersebut bukan perilaku yang sopan dan dapat menyakiti hati seseorang.
 

Ketiga, Memukul Temannya

Jangan ajarkan anak untuk mencari ringan tangan sejak kecil. Anak bisa menjadi ringan tangan mungkin karena salah satu didikannya dari orang tua. Misalnya saja, ketika anak melakukan kesalahan sehingga membuat orang tua marah maka sebagai orang tua janganlah memukulnya. Sayangilah anak. Beri tahu dia hingga paham bahwa perbuatan yang dilakukannya adalah perbuatan yang salah dan ucapkanlah permohonan maaf bila melakukan kesalahan.

Ketiga contoh kasus tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masa anak-anak dipenuhi dengan mereka mencontoh kegiatan atau kebiasaan dari orang tuanya. Untuk itu berilah kebiasaan yang baik bagi anak. Misalnya, latihlah anak untuk membereskan mainannya sendiri, hal ini membantu anak untuk bersikap rapi dan disiplin.


Demikianlah tulisan Kaitan Masalah Yang Ditimbulkan Anak dengan Didikan Orang Tua yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Lintang Darmastuti. Trimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Kaitan Masalah Yang Ditimbulkan Anak dengan Didikan Orang Tua"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel