Kenangan Sikap Masa Kecilku


Faktaanak.com - Selama kita hidup didunia ini pasti waktu akan terus berjalan dan menciptakan kenangan-kenangan baik itu kenangan yang indah maupun buruk. Pernahkah Anda mengingat-ingat bagaimana dan apa saja pengalaman yang pernah Anda alami saat kecil? Atau mungkin apakah Anda sudah lupa dengan kenangan-kenangan itu?


Kebahagiaan Masa Kecil

Usia dimana kita menjadi seorang anak-anak memang sangatlah menyenangkan karena di saat usia itu kita memiliki imajinasi dan kreativitas yang tidak terbatas. Usia anak-anak memamang usia yang sangat menyenangkan karena belum banyak tugas-tugas dan beban-beban yang ditanggung, sehingga saat menjadi anak-anak kita dapat leluasa bermain-main dengan berbagai tingkah lucu kita.

Kenangan Masa Kecil

Selama masa kanak-kanak pengalaman apakah yang masih Anda ingat? Apakah Anda pernah mengalami hal-hal berikut selama menjadi seorang anak.

Merasa Ingin Selalu Diperhatikan

Rasanya wajar karena setiap orang pasti ingin selau merasa diperhatikan bahkan anak-anak pun juga begitu. Seperti contohnya adalah ketika seorang ibu yang memiliki anak-anak kedatangan teman dirumahnya yang lama tak berjumpa pasti ibu akan berbincang-bincang dengan temannya tersebut, anak dari ibu tersebut pasti akan merasa kurangnya perhatian dari ibunya dan akan mencari kesibukan agar dia ddiperhatikan lagi oleh ibunya. Contoh yang sering dijumpai seperti sang anak bernyanyi-nyanyi dan mengomel-ngomel dengan suara yang keras dan dapat mengalihkan perhatian ibu, menanyakan hal-hal yang sebenarnya sudah anak tahu namun masih sengaja ditanyakan agar ibu tetep memerhatikannya, atau mungkin melakukan hal-hal yang pasti akan membuat ibu semakin gemas dengan si anak seperti berlari-larian didalam rumah dan melakukan hal-hal yang akan membuat ibu kesal. Hal ini mungkin pernah Anda temui ataupun Anda lakukan semasa kanak-kanak.

Merasa Iri dengan Saudara ( kakak/adik )

Apakah Anda memiliki saudara dalam keluarga Anda? Pernahkah hal ini Anda alami? Ya, merasa iri. Sebagai seorang anak yang memiliki saudara dalam rumah ataupun keluarganya pasti kita pernah merasakan hal ini, walaupun sebenarnya orang tua sudah bersikap adil pada anak-anaknya. Contoh yang sering ditemui adalah misal seperti momen menginjak sekolah sang adik masih kelas dua sekolah dasar sedangkan sang kakak kelas lima sekolah dasar. Pasti orang tua sudah sangat adil dalam membagi keperluan uang saku anak-anaknya. Tapi biasanya sang adik merasa iri karena pasti uang saku kakaknya lebih banyak dari pada dirinya. Padahal sangat jelas sekali kebutuhan sang kakak pasti semakin banyak dari adiknya yang jika diberi uang saku yang sama pasti akan bingung dan hanya dihabiskan untuk hal –hal yang kuurang penting seperti membeli mainan.

Rasa Ingin Tahu Tinggi

Hal yang pasti semua orang alami mulai dari anak-anak ataupun dewasa alami ialah rasa keingintahuan yang tinggi. Apakah Anda pernah merusakkan mainan Anda ketika Anda kecil? Hampir setiap orang megalami hal ini, hal ini terjadi karena rasa keingintahuan anak yang sangat tinggi. Sebenarnya hal ini dapat menambah pengetahuan anak bahwa barang itu dapat rusak sehingga pembelajaran yang didapat anak adalah harus menghargai dan menjaga pemberian orang lain. Namun tak jarang tidak secara sengaja anak-anak merusak maiannya karen rasa ingin tahunya tinggi tentang sesuatu hal yang baru. Misalnya banyak ditemui anak-anak yang secara sengaja membongkar mainanya karena ingin tahu bagaimana cara membuat atau memainkannya, namun tak jarang mereka tidak dapat mengembalikan ke bentuk asalnya sehingga mainannya rusak.

Kalau Dilarang Malah Dilanggar

Pasti hal ini terjadi oleh semua anak didunia ini, hal ini masih terkait dengan rasa ingin tahunya yang tinggi. Anak-anak justru merasa kenapa hal yang akan mereka lakukan itu dilarang orang tuanya karena itu mereka cenderung ingin mencari tahuanya sendiri. Hal ini mungkin terjadi karena anak-anak tidak tahu alasan yang jelas mengapa mereka dilanrang melakukan hal-hal yang mungkin biasa mereka lakukan. Seperti contohnya adalah seorang anak dilarang memakan es krim pada saat malam hari, anak tersebut pasti akan mencoba juga eskrim pada malam hari karena es krim itu es krim favoritnya yang biasa dimakan, sebab anak tersebut belum tahu alasan ibu melarangnya. Tentunya jika tidak ingin hal-hal seperti terjadi orang yang lebih dewasa harus memberikan penjelasan secara mendetail dan rinci kepada anak tentang penyebab larangan tersebut.

Peka Terhadap Perubahan Lingkungan

Sering sekali dialami oleh anak-anak adalah rewel ketika diajak ke tempat yang baru atau belum pernah didatangi. Sebenarnya tidak semua anak langsung dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru mereka datangi sehingga mereka tidak merasa nyaman dan justru rewel, namunn tak jarang juga banyak anak yang langsung dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Pengalaman Masa Kanak-kanak

Mungkin beberapa pengalaman yang saya alami diatas pernah Anda atau anak-anak disekitar Anda alami?. Seiring dengan berjalannya waktu maka semakin banyak pula cerita-cerita dan kenangan-kenangan yang dialami. Karakter- karakter yang berbeda-beda tiap individu juga mengakibatkan semakin banyak tercipta pengalaman dan kenangan-kenangan yang unik pula. Melalui hal-hal diatas saya harap kita lebih mengetahui bagaimana seharusnya kita memerlakukan anak-anak disekitar kita, karena sesungguhnya mereka belum benar-benar tahu terhadap apa yang mereka lakukan. Dan akhir kata maaf jika dalam tulisan ini yang tidak berkenan di hati pembaca.

Demikianlah tulisan Kenangan Sikap Masa Kecilku yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Usi Meilani. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenangan Sikap Masa Kecilku"

Posting Komentar