Jurusan Kebidanan dari Mata Kuliah dan Peluang Kerja

Lakukan 6 Hal Ini Pada Anak Usia Dini, Dan Masa Depannya Akan Sukses


Faktaanak.com - Anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-8 tahun , anak usia dini sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua ataupun kakak  harus mampu memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak/adik kita. 

Mempersiapkan Masa Depan Anak

Berikut 6 hal yang harus dilakukan oleh orang tua ataupun kakak kepada adik yang berusia 0-8 tahun :

1. Ajak Anak/adik Menyusun Puzzle

Dahulu saya sering dibelikan puzzle oleh ibu saya, saya sempat merasa bosan dengan permainan itu, tapi sekarang saya menyadari bawa permainan puzzle merupakan salah satu permainan yang membuat anak berfikir. Anak dituntut untuk berfikir bagaimana cara menyusun puzzle yang benar. Dengan kegiatan tersebut kebutuhan perkembangan kognitif anak akan terpenuhi dan anak akan tumbuh menjadi orang cerdas.

2. Biarkan Anak Berlari, Melompat, dan Mencoret Buku atau Bahkan Dinding

Saat kecil, hampir setiap hari saya berlari keliling ruangan hanya untuk mencoret dinding rumah, tetapi ibu saya tidak pernah marah. Ketika dewasa saya masih melihat sisa coretan di dinding yang saya coret dulu, kemudian ibu berkata ; “ Jangan pernah memarahi anak yang berlari kesana-kemari, melompat, atau bahkan mencoret dinding, karena sesungguhnya hal itulah yang diperlukan oleh anak saat itu. Mereka sedang memenuhi perkembangan motorik kasar dan motorik halusnya. Jika perkembangan fisik-motoriknya terpenuhi maka anak akan tumbuh menjadi sehat.”

3. Jangan Bberikan Gadget pada Anak Usia Dini

Kids jaman now adalah suatu fenomena yang buruk menurut saya, karena fenomena tersebut dengan jelas menggambarkan rusaknya moral anak Indonesia. Banyak anak yang menyalahgunakkan gadget. Perlu orang tua ketahui, dengan anda memberikan mereka gadget, sama halnya anda membuat mereka menjadi orang yang tertutup dan tidak mampu bersosialisasi dengan baik. Itu akan berdampak buruk pada masa depannya, karena kesuksesan seseorang bergantung pada relasi yang ia bangun. Ajaklah anak/adik anda bermain dengan teman-temannya di luar rumah.

4. Jangan Selalu Melarang dan Membentak Anak 

Anak yang terlalu sering dilarang dan dibentak akan tumbuh menjadi seorang pembangkang, hal itu disebabkan karena aspek perkembangan emosinya tidak terpenuhi. Akan lebih baik , jika anda diam saat anda memiliki amarah kepada anak. Anak yang tumbuh sebagai seorang pembangkang, dewasanya akan menjadi seseorang yang sulit menerima pendapat orang lain, dan hal itu bisa berdampak buruk bagi karirnya.

5. Ajak Anak Berbicara dengan Bahasa yang Baik dan Benar

Sering kali ketika kita berbicara dengan anak kecil, kita menggunakan bahasa yang salah. Misalnya , seharunya kalimat yang benar adalah  “adik mau minum susu?” , bukan “adek mau mimik cucu?” . Biasakanlah berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, agar dewasannya anak akan tumbuh menjadi orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik.

6. Yang Paling Penting, Ajak Anak untuk Rutin Beribadah

Saya seorang muslim, sejak kecil saya sudah diajarkan beribadah, misalnya berpuasa (Walaupun yangyok “siang-siang buka periok” :D) . Saya yakin anak yang sejak kecil sudah dikenalkan dengan Tuhan dan agamanya, maka dia akan tumbuh menjadi anak yang religius. Selalu ingatkan kepada anak bahwa “we are nothing without god” sehingga setiap langkahnya selalu ingat dengan Tuhan. Orang yang dekat dengan Tuhan akan memperoleh hal- hal yang indah dalam hidupnya, contohnya kesuksesan.


“Agar anak menjadi orang yang sukses di masa depan, 
penuhilah kebutuan perkembangannya!. “

Demikianlah tulisan Lakukan 6 Hal Ini Pada Anak Usia Dini, Dan Masa Depannya Akan Sukses yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Nur Rarastika.Trimakasih.

22 Komentar untuk "Lakukan 6 Hal Ini Pada Anak Usia Dini, Dan Masa Depannya Akan Sukses"

  1. Artikel yang bermanfaat, walaupun ada sedikit kesalahan penulisan pada poin ketiga😅. Sekali lagi thanks ya, artikel yg bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat!!

    BalasHapus
  4. terimakasih. artikelnya menarik dan bermanfaat 👍👍

    BalasHapus
  5. Isi nya sangat bagus dan mudah dimengerti bagi pembaca,menarik dan sangat bermanfaat juga untuk kehidupan kita. Terimakasih👍

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat untuk kehidupan kita, menarik dan harus dilaksanakan, terimakasih👍

    BalasHapus
  7. Waahh,artikel yang sangat bagus,menarik dan mendidik

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Keren. Idzin Share Min. hehehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel