Memahami Dunia Anak Dengan Lebih Dekat

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Dunia anak-anak adalah dunia yang menyenangkan dan penuh dengan kegembiraan, aneka permainan dan kreasi mereka ciptakan selama menjadi anak-anak. Anak-anak yang memiliki kesempatan untuk bereksperesi dan mendapat bimbingan yang baik dari orang yang lebih dewasa akan tumbuh menjadi pribadi yang aktif, kreatif, tangguh dan penuh percaya diri. Pada dasarnya anak-anak adalah seorang pembelajar dengan semangat keingintahuannya mengenal segala apa yang ada di sekitarnya dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempatnya berada. 

Dunia Anak Adalah Bermain

Dari mulai bangun tidur di pagi hari yang di dalam pikirannya adalah bermain, dalam permainan itulah ia belajar sesuatu yang baru, menemui masalah dan berpikir bagaimana mengatasinya, berintaraksi dengan sesama serta berteman. Semua yang diperolehnya dari bermain akan sangat berguna dalam kehidupannya kelak.

Dunia anak-anak dan orang dewasa pada dasanya tidak jauh berbeda, karena orang dewasa sendiri telah mengalami masa kanak-kanak pada periode sebelumnya, yang membedakan adalah pemahaman atau kacamata anak-anak dan orang dewasa dalam melihat suatu masalah atau hal-hal yang ditemuinya dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak merupakan pribadi yang spontans dan polos dalam bersikap terhadap apa yang dihadapinya, sedangkan orang dewasa telah memiliki banyak pertimbangan yang diperoleh dari pengalaman hidupnya. Masing-masing anak memiliki keunikan dan ketertariakan yang tidak sama sehingga sedikit banyak berpengaruh terhadap pola pikir yang akan membentuk kepribadianya.

Belajar Sambil Bermain

Jenis permainan anak-anak saat ini sangat beragam, dengan bimbingan dan pengarahan yang benar dari orang terdekatnya akan memberikan manfaat yang baik untuk kepribadian anak. Olah raga permainan sepertihalnya sepak bola, futsal ataupun kasti selain dapat menyehatkan, juga mengajarkan anak untuk bekerjasama dengan orang lain sesama anggota tim yang memiliki kepribadian dan kemampuan yang berbeda sehingga dapat meningkatkan rasa tenggang pengertian. Permainan ketangkasan seperti lempar sendal, dan lompat tali juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan kejujuran serta menjaga keceriaan suasana hatinya. Kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan adalah hal penting yang akan sangat berguna baginya kelak di kemudian hari. 

Pengalaman Baik Akan Meningkatkan Pengetahuan

Permainan tidak sepenuhnya berupa alat, apa yang ada di sekitar anak dapat dijadikan permainan, itulah yang sering disebut kreatifitas dan dan imajinasi anak yang luar  biasa, mungkin kita hanya melihat pelepah pinang sebagai hal yang biasa dantidak berguna, bahkan terlihat seperti sampah, namun anak-anak melihatnya sebagai mainan yang menyenangkan dan mengibaratkannya sebagai kenadaraan yang dapat ditarik bergantian dengan temannya. Permainan istana pasir tidaklah asing bagi kita,hal tersebut juga merupakan bentuk dari kreatifitas anak yang sederhana. Permainan bongkar pasang lego, tata kota, dan menggambar juga dapat mengasah kreatifitas dan daya imajinasi anak. Tidak kalah pentingnya adalah permainan peran yang sering dilakukan oleh anak, merka berperan sebagai orang tua, petugas pos, polisi, pencuri, petani dan peran lain yang mengasah kemamuan komunikasi mereka dengan lebih baik. Pengenalan lingkungan sekitar juga dapat menjadi pengalaman yang menarik bagi anak-anak karena meningkatkan pengetahuannya  menjadi lebih luas.

Anak Memerlukan Idola dalam Berkembang

Perkembangan anak-anak hingga remaja adalah tahap meniru atau mencontoh dan memerlukan model yang menjadi idolannya. Karena itu sering anak-anak mengidolakan seorang atau kelompok super hero yang ada di dalam film atau buku kesukaan yang dibacanya. Sebagian orang dewasa menganggap itu sebagai kesenangan belaka, sebagian yang lain memahami bahwa anak-anak memerlukan role model yang mereka idolakan, karena pada dasarnya yang anak-anak sukai adalah sikap dan sifat super hero itu, seperti berani, suka menolong yang kesulitan, jujur, kuat dan tangguh serta pantang menyerah dan dapat mengatasi segala kesulitan serta lawan yang dihadapinya. Selain itu tokoh super hero itu selalu ada waktu untuk menemaninya, tepat waktu di jam tayangnya, menemaninya sebelum berangkat sekolah, atau ketika ia pulang sekolah, ketika libur sekolah, ia selalu menceriakan suasana hatinya. Anak-anak mengikutinya, memakai baju dengan gambarnya, memajang posternya bahkan mengoleksi figurnya.

Orang Tua Harus Menjadi Idola yang Baik bagi Anak

Orang dewasa ataupun orang tua yang dapat menempatkan diri dan memiliki sifat dan perilaku super hero inilah yang akan disukai oleh anak-anak dan akan ditiru, pada saat inilah penanaman sikap dan kepribadian yang baik dapat dilakukan. Orang tua sang anak mungkin tidak ingin posternya dipasang di kamar anaknya, atau kaos bergambar dirinya dipakai oleh anaknya, namun setidaknya waktu yang diluangkan untuk kebersamaan dan kenangan bersamanya serta pemahaman tentang kehidupan yang diberikannya pada sang anak akan di jaga dalam hati dan pikirannya sungguh pun sang orang tua telah tiada.

Demikianlah tulisan Memahami Dunia Anak Dengan Lebih Dekat yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Nur Isnan Widodo SP. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Dunia Anak Dengan Lebih Dekat"

Posting Komentar