Mencontek Menjadi Budaya Saat Anak Tidak Siap Menghadapi Ujian


Faktaanak.com - Mata pelajaran pada anak sekolah dasar meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Olahrag , Agama, Seni.  Anak anak biasanya memiliki mata pelajaran disenangi dan mata pelajaran yang tidak disukai. Masing masing anak memiliki keterampilan dan sikap yang berbeda. 

Mencontek untuk Mencapai Hasil Maksimal

Pada  mata pelajaran yang disenangi anak akan semangat mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru selain itu pada mata pelajaran yang yang tidak disenangi oleh anak-anak akan malas belajar atau kurang bersemangat dalam mengikuti pelajar sehingga dalam menghadapi ujian anak merasa tidak mampu mengerjakan soal pada waktu ujian sehingga berbagai macam cara dilakukan oleh anak untuk mencapai hasil yang maksimal diantaranya mencontek hasil pekerjaan teman, melihat buku catatan dengan sembunyi sembunyi.
      
Adapun  penyebab anak mencontek diantaranya yaitu: 

Dari Faktor Anak Itu Sendiri 

Berikut adalah penyebab anak mencontek dari faktor anak itu sendiri:
  1. Kurangnya rasa percaya diri dan takut akan mendapatkan nilai jelek akhirnya melakukan perbuatan mencontek. Keadaan anak kurang sehat sehingga anak tidak sempat untuk belajar.
  2. Anak tidak menyukai mata pelajaran tersebut, sehingga anak malas untuk belajar. 


Dari Faktor Guru 

Berikut adalah penyebab anak mencontek dari faktor guru:
  1. Guru dalam memberikan pelajaran kurang menarik sehingga anak kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. 
  2. Guru dalam menjelaskan pelajaran tersebut kurang jelas atau berbelit belit sehingga anak sulit untuk memahami pelajaran tersebut. 


Dari Faktor Keluarga

Dengan adanya pekerjaan orang tua di luar rumah menyebabkan oarng tua pulang larut malam sehingga menyebabkan orang tua tidak bisa menemani atau memantau, pada waktu belajar sehingga anak seenaknya sendiri waktu belajar di rumah sehingga pada waktu mengerjakan soal ujian tidak bisa dan akhirnay mencontek. 

Dari Faktor Lingkungan    

Dengan adanya kegiatan di masyarakat (punya hajat )membunyikan suara sound system dengan keras sehingga menyebabkan anak terganggu pada waktu belajar. Akhirnya anak tidak dapat konsentrasi dalam belajar maka memilih untuk mencontek saat di sekolah.

Cara Mengatasi Anak Mencontek

Adapun cara mengatasi anak mencontek diantaranya yaitu:
  • Anak harus berusaha belajar dengan sungguh sungguh dan mencintai pelajaran di sekolah.
  • Guru harus menyediakan alat peraga atau media pembelajaran sehingga anak mudah menerima pelajaran dengan baik. 
  • Orang tua harus memantau pada saat kegiatan belajar ,kalau orang tua tidak bisa memantau anak saat belajar sebaiknya anak di ikutkan dalam bimbingan belajar atau belajar kelompok bersama dengan temanya. 
  • Faktor lingkungan yang ramai (orang punya hajad yang membunyikan sound system dengan keras ) menyebabkan anak tidak bisa belajar dengan maksimal karena kurang konsentrasi kalau terjadi hal seperti itu maka anak sebaiknya tidur lebih dahulu, tidak usah belajar namun bangun lebih awal untuk belajar.

Demikianlah tulisan Mencontek Menjadi Budaya  Saat Anak Tidak Siap Menghadapi Ujian yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Trisna Herry Piya Wahyuni. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mencontek Menjadi Budaya Saat Anak Tidak Siap Menghadapi Ujian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel