Cara Membaca Puisi

5 Mitos Mengompol, yang Pernah Wajib Baca!


Faktaanak.com - Ingat atau tidak, Anda tidak bisa mengelak, Anda pasti pernah mengompol. Mengompol adalah fase yang memang pernah semua orang lalui. 

Mitos Mengompol Pada Masa Anak-anak

Dibalik fase memalukan tersebut, terdapat mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Apa sajakah mitos-mitos tersebut? Simak penjelasannya di bawah ya!

1. Anak Mengompol Karena Malas ke Kamar Mandi

Mitos ini memang masuk akal, namun banyak orang dewasa yang tidak menyadari bahwa mengompol adalah hal yang normal pada anak. Ukuran kandung kemih si Kecil belumlah bisa menahan urin sepanjang malam. Jadi, memarahi anak yang mengompol merupakan hal yang sangat tidak tepat. Biasanya anak akan mengompol sampai usianya menginjak 7 tahun, lho. 

2. Stres Menyebabkan Mengompol

Faktanya, stres sama sekali tidak menyebabkan anak mengompol. Alasan umum yang menyebabkan anak mengompol adalah penundaan pematangan kandung kemih dan ukuran kandung kemih yang kecil. Selain itu, faktor genetik seperti orang tua yang dulunya sering mengompol juga biasanya memiliki anak yang sering mengompol.

3. Hukuman untuk Menghentikan Anak Mengompol

Mengompol adalah hal normal bagi anak kecil. Anak kecil juga tidak memiliki kendali saat tidur di malam hari. Cobalah membiasakannya untuk buang air kecil sebelum tidur untuk meminimalkan anak mengompol di malam hari.

4. Capung dapat Menghilangkan Kebiasaan Mengompol

Mungkin diantara kalian ada yang pernah mendengar bahwa apabila pusar digigit oleh capung maka anak tidak akan mengompol lagi? Atau bahkan Anda pernah mencobanya? Namun ternyata cara ini bukan merupakan solusi yang tepat. Gigitan capung pada pusar si Anak ini ternyata dapat mengakibatkan trauma karena efek sakitnya. Cara ini juga bahkan dapat menyebabkan anak phobia terhadap capung, lho.

5. Makan Makanan Pedas dapat Menyebabkan Mengompol

Mitos ini berkembang dengan alasan jika si Kecil diberi makanan pedas maka kandung kemih yang menampung urin akan mengalami iritasi sehingga anak mengompol. Namun setelah para ahli melakukan penelitian tersebut, ternyata antara makanan pedas dengan kebiasaan mengompol tidak ada hubungannya. Aneh-aneh saja ya?


6. Minum Minuman Asam dapat Menyebabkan Mengompol

Sama seperti makan makanan pedas, ternyata minum minuman asam juga hanyalah mitos. Mitos ini juga berkembang dengan alasan minuman asam dapat mengiritasi kandung kemih sehingga mengompol menjadi kebiasaan si Kecil. Hal ini dibantah oleh para ahli, bahwa minuman asam seperti jus jeruk atau yang lainnya dan kebiasaan mengompol tak ada hubungannya sama sekali. Namun pengecualian jika si Kecil menderita alergi terhadap minuman asam ya.

Demikianlah tulisan 5 Mitos Mengompol yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Hikmatul Adhimah. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Mitos Mengompol, yang Pernah Wajib Baca!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel