Pentingnya Pendidikan pada Masa Emas Anak


Faktaanak.com - Masa emas atau sering disebut juga dengan golden age adalah masa pada saat baru lahir sampai dengan anak berusia 5 tahun, yang merupakan awal dari perkembangan daya pikir dan sel saraf yang masih berfungsi dengan baik. Pada masa ini, anak harus mulai belajar pada pembelajaran yang paling dasar, agar anak memiliki dasar untuk yang baik atas perkembangannya untuk bekal anak pada masa yang akan datang. 

Membangun Fondasi Karakter Anak

Pada masa ini juga, anak sudah mampu mengenali informasi melalui pengalaman-pengalamannya yang nyata. Maka, sebagai orangtua tidak perlu untuk melarang anak bermain karena bermain adalah caranya untuk anak belajar sebagai bentuk pengalamannya. 

Masa Emas Anak, Penting Bagi Perkembangan

Tidak dipungkiri bahwa kini masih banyak orangtua yang memiliki rasa mengekekang anak dengan cara melarangnya bermain pada lingkungan ruma yang disebabkan oleh alasan tertentu, namun dengan begitu orangtua akan menghambat perkembangan anak dan menyia-nyiakan masa emas anak yang sangat luar biasa. Hal ini perlu disadarkan tentang pentingnya perkembangan anak yang harus dimulai dari dasar sebagai bekal.

Pendidikan Sangat Penting pada Masa Emas

Dasar yang dimaksudkan adalah sebuah pendidikan yang nyata, tempat dimana si anak memiliki teman bermain dan sebagai tempat yang dapat mengembangkan daya pikir kreatifnya. Fakta yang membuktikan, banyak sekali para orangtua yang menganggap hal ini sepele dan berpikir hanya akan membuang uang sehingga mereka memilih untuk langsung menuju pendidikan yang dasar. Namun, hal ini merupakan pemikiran yang salah. Pendidikan pada masa emas merupakan hal yang sangat penting. Daya pikir anak akan berkembang sesuai dengan usianya, tidak tertinggal dan lambat. 

Generasi Emas yang Menjadi Harapan Bangsa

Jika banyak orangtua yang mengerti  akan pentingnya hal pendidikan, maka tidak dapat kita pungkiri bahwa generasi selanjutnya akan lebih baik dan bisa menjadi generasi emas yang diharapkan oleh bangsa. 

Demikianlah tulisan Pentingnya Pendidikan pada Masa Emas Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Maysi. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Pentingnya Pendidikan pada Masa Emas Anak"

  1. Sangat bagus nur asrilah maysi zanah ...

    BalasHapus
  2. Sangat bagus nur asrilah maysi zanah ...

    BalasHapus
  3. Artikelnya bagus,,, cuma masih kurang setuju sama "orangtua tidak perlu untuk melarang anak bermain" jikalau memang lingkungan sekitar tidak baik menjadi sarana bermain anak, lebih baik larang, dan Carikan tempat yang baik bagi anak untuk bermain seperti bisa masukan anak ke paud atau Playground, dirumah saja bisa karena dirumah ada seorang ibu yang selayaknya memberi pendidikan pertama pada anaknya (al-ummu madrosatul ula)

    BalasHapus
  4. tulisan yang bagus...terus kembangkan kemampuan menulisnya ya... ditunggu artikel lainnyaπŸ˜ŠπŸ‘

    BalasHapus
  5. Artikel ny bagus menambah sebuah wawasan agar tidak mengekang si buah hati 😊 di tunggu lg artikel2 lain ny πŸ˜‰

    BalasHapus