Pentingnya Permainan Tradisional Untuk Anak-anak

-anak-anak-
-anak-anak-


Faktaanak.com - Dengan semakin majunya teknologi pada jaman sekarang membuat permainan tradisional anak-anak semakin terlupakan. Apalagi dengan adanya permainan modern seperti game online yang dapat dimainkan di smartphone, PC/komputer dan laptop. Dengan alasan itulah kami ingin menulis tentang pentingnya permainan tradisional untuk anak-anak.

Manfaat yang Didapakan dari Permainan Tradisional

Dalam permainan tradisional terdapat banyak manfaat bagi anak-anak untuk masa depan mereka yaitu seperti melatih interaksi antar anak, melatih anak bekerja sama, melatih anak untuk berpikir kreatif, melatih emosi anak-anak, dan mengeratkan tali persaudaraan pada anak. Dengan manfaat itulah mengapa permainan tradisional sangat penting untuk anak-anak ketimbang permainan modern seperti game online yang banyak merugikan bagi anak-anak itu sendiri.

Contoh Permainan Tradisional

Terdapat berbagai macam permainan tradisional. Berikut beberapa macam permainan tradisional yang bermanfaat untuk anak-anak: 

Permainan Gobak Sodor

Permainan ini dimainkan dengan membagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari anggota yang berjumlah sama. Biasanya 1 kelompok terdiri dari 3-5 orang. Dengan satu tim menjadi tim penjaga dan tim yang lain akan menjadi lawan. Tim penjaga akan menjaga lapangan, caranya dengan menjaga garis horizontal dan garis vertikal. Untuk garis vertikal hanya 1 peserta yang menjaga garis tersebut. Sedangkan tim lawan harus berusaha melewati baris kebaris hingga baris paling belakang dan kemudian kembali lagi kebaris awal untuk memenangkan permainan ini. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat dimainkan di waktu yang luang seperti saat istirahat sekolah, diwaktu sore hari dan dihari libur sekolah. Dan permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih kerjasama dan interaksi antar anak-anak.

Permainan Gundu atau Kelereng

Permainan ini dimainkan oleh 2 atau lebih orang anak. Dengan cara memainkannya membuat lingkaran atau segitiga lalu mengumpulkan 5 kelereng dari setiap anak.Setelah terkumpul anak-anak melempar kelereng dari garis yang sudah ditentukan biasanya dengan jarak 1 atau 2 meter dan yang paling terdekat dari bunderan atau segitiga akan memulai permainan terlebih dahulu. Jika kelereng sudah habis maka permainan selesai. Lalu jika pemain yang menghabiskan kelereng di lingkaran atau segitiga terkena kelereng pemain lain maka kelereng yang didapatkan akan diambil oleh pemain yang mengalahkannya. Dan Permainan ini dapat melatih anak-anak untuk bersabar karena harus menunggu gilirannya untuk dapat memulai permainan dan melatih interaksi antar anak-anak.

Permainan Petak Umpet

Permainan ini biasa dimainkan 5-8 orang anak-anak atau dapat disesuaikan dengan jumlah anak-anaknya. Cara bermainnya yaitu 1 orang menjadi yang mencari dan yang lainnya bersembunyi agar tidak diketahui. Jika semua pemain sudah ditemukan maka pemain akan berjejer dibelakang untuk menentukan siapa yang akan menjadi yang mencari dan apabila ada pemain yang tidak ditemukan maka dia tidak akan menjadi orang yang mencari. Dan permainan ini dapat melatih interaksi antar anak-anak.

Itulah contoh-contoh permainan tradisional yang bermanfaat yang dapat penulis sampaikan dan tentunya masih ada banyak lagi permainan tradisional lainnya yang juga mempunyai banyak manfaat untu kanak-anak.

Peranan Masyarakat untuk dapat melestarikan Permainan Tradisional

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk melestarikan permainan tradisional yaitu mengenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak melalui kegiatan lomba baik dilingkungan sekolah maupun dilikungan tempat tinggal, mengadakan workshop permainan tradisional, dan membangun komunitas saat ini juga banyak komunitas yang ingin melestarikan permainan tradisional.

Demikianlah tulisan Pentingnya PermainanTradisional Untuk Anak-Anak yang kami buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca.


Demikianlah tulisan Pentingnya Permainan Tradisional Untuk Anak-anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah RezaMeikaM dan RobbyPriyanada. Trimakasih
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Permainan Tradisional Untuk Anak-anak"

Posting Komentar