Smartphone Dunia Tren Anak Jaman Now

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Anak merupakan aset berharga bagi orang tua. Tidak jarang jika anak memiliki sebuah keinginan orang tua akan berusaha untuk mewujudkannya. Terlebih saat ini perkembangan teknologi sangat pesat, anak usia sekolah dasar pun sudah banyak mengenal teknologi yang modern. Tidak asing lagi anak jaman now sebutan untuk generasi sekarang yang sudah memanfaatkan teknologi salah satunya adalah smartphone.

Smartphone Menjadi Dunia Kedua Anak

Smartphone atau ponsel cerdas akhir-akhir ini menjadi pegangan anak dalam bermain. Dimanapun berada anak membawa smartphone di sakunya. Saat anak pulang sekolah bukan makanan lagi yang mereka cari, namun smartphone yang mereka cari. Pada saat nonton tv, berkumpul dengan keluarga, belajar smartphone lah yang anak genggam. Smartphone yang dipakai anak bukan untuk kepentingan komunikasi ataupun untuk belajar. Smartphone cenderung digunakan anak untuk bermain game. Game yang ada pada smart phone membuat anak ketagihan untuk memainkannya.

Fakta Pengaruh Smartphone Terhadap Anak

Apa yang terjadi jika anak terlalu sering bermain smartphone khususnya bagi anak yang sudah menginjak sekolah dasar? Nah, pada kesempatan ini saya akan menceritakan sebuah fakta yang saya alami ketika mengajar anak kelas satu di sebuah sekolah swasta di Yogyakarta. Fakta yang saya alami saat mengajar anak yang kecanduan smartphone antara lain:

Anak Mengalami Kesulitan dalam Konsentrasi Belajar

Konsentrasi sangat diperlukan anak untuk menerima pelajaran dari guru di kelasnya. Tanpa konsentrasi, mustahil bagi anak untuk dapat menerima informasi yang disampaikan guru. Karena anak kurang konsentrasi, anak menjadi seperti ling lung di kelas.

Anak Menjadi Pemalas

Kurangnya konsetrasi anak menjadikan anak pemalas. Hal ini terjadi karena anak tidak mampu menerima informasi dengan baik sehingga ketika anak mendapatkan tugas, anak cenderung malas mengerjakan. Saat anak diberi tugas di rumah, bukan mengerjakan namun anak tidur-tiduran sambil bermain smartphone.

Sering Bolos

Fakta unik yang saya alami anak menjadi membolos sekolah selama satu semester. Saat ditanya teman tentang apa yang dilakukannya di rumah saat tidak pernah masuk sekoah, anak menjawab bermain game. Game yang dimaksud adalah game yang ada dalam smartphone. 


Belum Bisa Membaca dan Menulis

Anak kelas satu umunya sudah bisa membaca walaupun masih mengeja. Berbeda dengan anak yang kecanduan smart phone. Karena membolos sekolah anak menjadi ketinggalan pelajaran dan akibatnya adalah anak belum bisa membaca dan menulis. Jika hal ini berlanjut anak tidak akan naik kelas.

Mengatasi Kecanduan Smartphone

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai guru dan orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan smartphone? 

Tidak ada yang mustahil jika kita melakukan sesuatu yang positif untuk menolong anak-anak kita dari kecanduan smart phone. Kita sebagai orang tua harus melakukan penyembuhan terhadap penyakit anak tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Orang tua jangan terlalu memanjakan anak meskipun anda termasuk orang tua yang mampu memanjakan anak. Buatlah skala prioritas yang sangat dibutuhkan bagi anak.
  2. Usahakan orang tua lebih sering mengontrol anak dalam memainkan smart phone. Batasi anak dalam menggunakan smart phone misalnya dalam satu hari hanya boleh memainkan smartphone pada malam hari sebelum tidur dengan durasi maksimal 1 jam.
  3. Jika menggunakan pengasuh anak usahakan pengasuh anak mampu menghibur anak tanpa harus menggunakan smart phone agar anak tidak ketagihan.
  4. Seringlah orang tua memperhatikan perkembangan anak. 


Demikianlah tulisan Smartphone Dunia Tren Anak Jaman Now yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Wahyu Aminati. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Smartphone Dunia Tren Anak Jaman Now"

Posting Komentar