Tips-tips Mendidik Anak, Penting bagi Orang Tua!

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Anak merupakan suatu berkah pemberian yang diberikan Tuhan terhadap kita sebagai orang tua. Setiap orang tua tentunya ingin memiliki anak, apalagi mempunyai anak yang pandai dan berhasil dalam kehidupannya. 

Wadah untuk Mengembangkan Kemampuan Anak

Seorang anak akan berkembang dan bertumbuh jika orang tua memberikan suatu wadah yang  dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan anak dalam bertindak, berkomunikasi dan berinteraksi. Sebagai orang tua yang baik dan pandai, kita sebaiknya memberikan suatu wadah terhadap anak yang dapat membantu anak bertumbuh dan berkembang. Dengan wadah tersebut, anak bisa menemukan kepribadian dan kemampuannya. Wadah seperti apakah yang bisa membantu anak dalam bertumbuh dan berkembang?. Suatu wadah yang dapat membantu anak dalam bertumbuh dan berkembang  adalah Pendidikan, yakni sekolah. Sekolah merupakan salah satu wadah yang dapat mendidik anak guna mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas otak anak tersebut. Di sekolah anak-anak akan membentuk kepribadiannya dan menemukan kemampuannya. Begitu juga sekolah merupakan tempat mereka belajar berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Memahami Level Kemampuan Anak

Dalam mendidik anak, orang tua harus dapat memahami tingkat atau level kemampuan anak. Setiap anak tentunya memiliki kemampuan yang berbeda. Ukur kemampuan anak dengan  keaktifannya. Maksudnya adalah, anak yang sudah duduk di bangku Sekolah Dasar, berikan didikan yang dasar juga, seperti ajarkan terlebih dahulu dalam mengenalkan angka dan  huruf, membaca dan menulis. Setiap proses harus dimulai dari yang dasar terlebih dahulu sama halnya jika kita bekerja di perusahaan, tentunya kita akan diajarkan teori dasar terlebih dahulu, demikian juga anak-anak dalam pendidikan. Namun, jika anak tersebut sudah duduk di bangku Sekolah Menengah atau lanjutan, berikan juga didikan yang tingkat levelnya lebih tinggi dari yang Dasar, yakni didikan tingkat lanjutan. Dengan pendidikan yang diberikan kepada anak, akan meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kuantitas otak anak. 

Cerdas dalam Mendidik Anak

Kita sebagai orang tua yang baik dan pandai, kita harus cerdas dalam mendidik anak. Didik anak sejak usia dini, berikan mereka asupan pendidikan saat masih berusia dini. Anak yang diberikan asupan pendidikan pada usia dini akan memberikan kualitas dan kuantitas otak yang baik terhadap anak. Mereka akan terbiasa dengan apa yang diberikan oleh orang tuanya saat mereka masih usia dini. Contohnya seperti kita terlahir sebagai suku Batak, dan kita diajarkan oleh orang tua berbahasa Batak pada usia dini, dan waktu demi waktu kita akan terbiasa dengan bahasa yang diajarkan oleh orang tua kita sehingga kemampuan berbahasa daerah kita juga bisa.

Namun dalam mendidik janganlah harus terbawa dengan suasana yang terlalu serius. Didik anak dalam keadaan suasana yang senang, seperti belajar sambil bermain. Dengan demikian, anak-anak tidak akan bosan dengan pendidikan, mereka akan senang karena mereka dapat bermain sambil belajar. Kita tahu bahwa dunia anak adalah dunia bermain, sehingga jika kita mendidik anak tentulah harus membawa dunia mereka yaitu bermain. 

Memberikan Kebebasan dalam Berinteraksi

Selain memberikan didikan terhadap anak, beri juga anak kebebasan dalam berinteraksi agar anak dapat belajar berkomunikasi dengan lingkungannya. Dengan demikian, anak-anak akan menemukan kepribadiannya dan kemampuannya di lingkungan sekitarnya. Ajarkan juga anak agar dapat hidup mandiri, rajin dalam segala hal dan berbuat baik kepada lingkungan sekitarnya. Karena anak yang baik adalah anak yang berpendidikan.

Demikianlah tulisan Tips-tips Mendidik Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Rajin Prinatal Manurung. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips-tips Mendidik Anak, Penting bagi Orang Tua!"

Posting Komentar