Bayangkan Tiada Mentari Terbit Di Pagi Hari


Faktaanak.com - Anak adalah cikal bakal yang menentukan masa depan suatu perkumpulan. Demi menciptakan kualitas suatu perkumpulan yang lebih baik di masa yang akan datang, maka dibutuhkan generasi terpimpin yang mampu memimpin suatu perkumpulan dengan baik nantinya.  Bayangkan saja, jika dalam suatu perkumpulan tidak ada generasi yang mampu meneruskan dan memimpin dimasa berikutnya. Tentunya hal itu bagaikan mentari yang tertutup awan kebal di pagi hari. Gelap dan mendung tentunya. Untuk menciptakan generasi sesuai harapan tersebut, dibutuhkan pendidikan sebagai jembatan penghubung mimpi orang tua terhadap sang anak. 

Pendidikan Anak Sejak Dini

Pendidikan yang bagi seorang anak baiknya dimulai sedari dini. Pendidikan anak masa usia dini (0-5 tahun) adalah masa pendidikan yang memiliki peran penting pada kualitas pendidikan anak seterusnya. Masa usia dini adalah masa golden age untuk anak. Bagaimana tidak, suatu penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 50%  kapabilitas kecerdasan manusia terjadi ketika  berumur 4 tahun ( hasil penelitian di Baylor Collage Medicine. Jalal, 2002).

Oleh karena itu, peranan orang tua dan tenaga pendidik sangatlah dibutuhkan pada masa pendidikan anak usia dini ini. Baik tidaknya, berkembang terhambatnya kemampuan seorang anak pada masa selanjutnya di tentukan sebagaimana ajaran yang diterima seorang anak pada masa golden age nya. Pada masa inilah anak membutuhkankan implus positif dari berbagai pihak guna mempersiapkan kematangan berfikirnya kelak. 

Anak Juga Membutuhkan Kasih Sayang Lebih dari Orang Tua

Selain Pendidikan formal, Pada masa usia dini ini, Anak juga membutuhkan kasih sayang lebih dari kedua orang tuanya. Hal ini sangatlah penting karena perkembangan utama dan pertama seorang anak dibentuk,dimulai dan ditentukan dari keluarga. Banyak anak yang memiliki prestasi akademik namun memiliki  nilai budi pekerti, sopan santun dan estetika yang jauh dari harapan. Oleh karena itulah, orang tua perlu menyadari bahwa kebutuhan anak  pada masa usia dini ini tidak hanya pada kebutuhan finansial ataupun pendidikan formal saja, peranan orang tua dalam membentuk watak dan tingkah laku sang anak merupakan sesuatu yang tidak dapat diabaikan keberadaannya.Pada praktiknya, banyak anak usia dini yang kehilangan banyak momen penting dengan kedua orang tuanya. 

Orang Tua Perlu Menjalin Relasi dengan Anak

Alasan yang paling umum dikemukakan adalah karena sang orang tua sibuk dengan pekerjaannya masing masing. Berdalih untuk memenuhi kebutuhan sang anak, tak jarang orang tua malah membuat sang anak menjadi korban karena harus di titipkan di tempat-tempat belajar atau tempat penitipan anak. Tak ada yang dapat Merubah keadaan yang sedemikian, selain kesadaran diri orang tua sendiri akan betapa pentingnya menjalin relasi dengan sang anak pada usia dini ini.

Dengan adanya pemahaman dan kesadaran yang baik dari orang tua dan tentunya bekerja sama dengan tenaga pendidik, di harapkan bahwa esok hari  anak akan menjadi mentari pagi yang memunculkan sinar gemilang yang dinanti-nantikan.

Demikianlah tulisan Bayangkan Tiada Mentari Terbit Di Pagi Hari yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Daniel Putra Setiawan Gea. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bayangkan Tiada Mentari Terbit Di Pagi Hari"

Posting Komentar