Fakta Tentang Kebutuhan Dasar Anak

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Setiap orang tua tentu berkeinginan untuk memenuhi kebutuhan dasar anak. Bukan berarti kebutuhan dasar anak akan terpenuhi, jika orang tua dapat memenuhi segala keinginan anak. Tidak banyak orang tua yang memahami segala aspek kebutuhan dasar anaknya.

Kebutuhan Pokok

Kebutuhan ini meliputi nutrisi, kesehatan, pakaian dan tempat tinggal. Kebutuhan dasar anak dengan memberikan nutrisi yang baik dapat dilakukan dengan pemberian ASI secara eksklusif pada saat bayi, memberikan makanan dan minuman yang sehat serta dapat menambahkan vitamin. Pemberian nutrisi juga tidak perlu dengan makanan yang mahal, akan tetapi dengan mempertimbangkan makanan bergizi terlebih dahulu, seperti yang mengandung komposisi 4 sehat 5 sempurna. 

Sedangkan agar kesehatan anak terjaga dengan baik, selain asupan makanan yang bergizi diperlukan beberapa upaya seperti anak mendapatkan imunisasi, kontrol kesehatan atau segera membawa ke dokter jika anak sakit untuk mendapatkan tindakan dan pengobatan. 

Kebutuhan Dasar Anak

Kebutuhan dasar dalam hal pakaian, dengan memberikan pakaian yang bersih dan nyaman, ketika dipakai dan disesuaikan dengan jenis-jenis kebutuhan seperti pakain tidur, pakaian sekolah, pakaian kerja dan pakaian saat berpergian. 

Kebutuhan dasar anak dengan memberikan tempat tinggal yang layak. Tempat tinggal yang layak, bukan berarti rumah yang berukuran besar dan mewah namun bagaimana anak dapat merasa nyaman saat berada di rumah. Upaya yang dapat dilakukan orang tua dengan membuat keadaan rumah menjadi bersih.

Kebutuhan Kasih Sayang

Anak memerlukan perhatian dan kasih sayang dari orang tua, dengan ikatan kasih sayang yang erat dapat membentuk kepercayaan antara orang tua dan anak, sehingga dapat membuat anak merasa aman, nyaman, dan terlindungi.

Orang tua boleh saja bertindak protektif terhadap anak, tetapi jangan sampai membuat anak tersebut menjadi serba takut. Orang tua juga dapat berperan selaku teman, sehingga anak tidak takut untuk bercerita tentang masalah yang dialaminya. 

Orang tua juga perlu memperhatikan minat anak, keinginan dan mencoba mendengarkan pendapat anak agar anak merasa dihargai. Bukan berarti semua keinginan anak harus dapat terpenuhi, disinilah peran orang tua untuk memberikan pengertian atau memberi contoh kepada anak, agar anak mengerti jika pendapat anak kurang sepaham dengan orang tua tanpa ada unsur paksaan.

Orang tua juga perlu memberikan dukungan dan dorongan pada anak,  yang akan membentuk anak memiliki kepercayaan diri untuk melakukan yang diinginkannya dengan persetujuan orang tua.
Kebutuhan Untuk Menempuh Pendidikan

Kebutuhan Pendidikan

Kebutuhan untuk menempuh pendidikan di zaman sekarang merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Namun tidak sedikit pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak terlalu penting, dimana mereka menganggap lebih baik bekerja untuk bisa mendapatkan uang daripada sekolah yang memerlukan biaya yang banyak.

Kita dapat melihat perbedaan dari cara bersikap, bertutur, cara berfikir dan mengendalikan emosi antara seseorang yang menempuh pendidikan atau tidak. Pada dasarnya manfaat pendidikan itu sendiri sangatlah luas diantaranya memberikan ilmu pengetahuan, pemahaman, pengalaman, mengembangkan talenta atau bakat,  membentuk dan memperbaiki pola pikir, dan alasan yang dianggap penting yaitu dengan menempuh pendidikan seseorang dapat mudah untuk mendapatkan perkerjaan yang layak sehingga dapat meningkatkan taraf hidup seseorang.

Demikianlah tulisan Kebutuhan Dasar Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Anggi Rahmadani. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Tentang Kebutuhan Dasar Anak"

Posting Komentar