Memory Masa Kanak-Kanakku

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Saya bukanlah seperti anak-anak lain yang duduk tetap  bangku SD pada usia 6 tahun, hal ini disebabkan saya seing sakit jadi setelah dari bangku taman kanak-kanak saya sempat mendafarkan diri di sekolah dasar SD 2 pada usia 6 tahun. tapi penyakit malaria menyerangku jadi saya keluar dari bangku SD, saat keluar dari bangku Sd saya minder tapi itu tidak membuatku putus asa untuk terus belajar membaca dan menulis. 

Pengalaman Mengesankan yang Didapat di Desa

Karena tidak sekolah lagi maka saya pun pergi ke kampung bapak yang beda kecamatan dengan desa kelahiran saya di sana saya tinggal dengan bapak kecil saya ada pengalaman mengesankan yang saya dapatkan di sana meskipun tidah sekolah tapi bapak kecil saya selalu mengajarkan kepada saya membaca menulis dan menghitung secara rutin bahkan setiap malam saya diajarkan menyanyi lagu rohani dan lagu kebangsaan, yang masih jelas dalam ingatan saya adlah buku yang saya gunakan untuk belajar saat itu adalah buku berwarna biru tentang Aksara waktu itu saya belum fasih membaca jadi hanya sekedar melihat gambarnya yang walaupun hanya hitam putih, keunikan dari buku itu adalah menceritakan kehidupan di desa saya mengetahuinya ketika dibacakan oleh bapak kecil. Di akhir lembaran buku itu biasanya adala lagu kebangsaan nasional Indonesia lagu favorit saya waktu itu adalah Ibu kita kartini lagu ini biasa kunyanyikan jika tiap kali disuruh bernayanyi oleh bapak kecilku. 

Menghabiskan Masa Kecil di Desa Terpencil

Satu tahun berlalu saya menghabiskan masa kecil saya di sebuah desa terpencil rumah bapak kecil saya di atas bukit yang jauh dari perumahan warga setempat jadi hari-hari saya hanya ditemani kicauan burung dan kedua sepupu saya Moy dan Lipus tapi saat itu mereka sekolah jadi rasa sepi selalu menyelimuti saya ketika mereka sedang pergi ke sekolah, msa kecil yang saya habiskan di kampung bapak memang beda dengan masa kecil anak-anak yang lain kami tidak bermain dengan teman-teman sebaya kami hanya di atas bukit sekitar rumah dan waktu lauang kami gunakan dengan membersihkan kebun mente dan kemiri milik bapak kecil saya jika malam tiba kami belajar bernyanyi dan berdoa. 

Di suatu pagi yang cerah entah tanggal berapa pada tahun 1998 tiba-tiba kami didatangi oleh kedua kaka saya Ka dewi dan ka Alim hati ini senang sekali akhirnya saya bisa melihat wajah mereka sayapun tidak tahu maksud kedangan mereka, senja itu di dalam kebun mente kaka saya yang cewek mengatkan mereka di suruh oleh bapak untuk menjemputku pulang rumahagar saya bisa masuk SD, mereka pun mengajakku jika tetangga rumah kami ada seorang cewk yang seusia dengan saya namanya nofan dan dia juga akan masuk Sd sama-sama dengan saya. Saya keberatan untuk pulang akan tetapi kedua kakaku terus mengaja saya jadi ssya pun mengurungkan niat saya waktu itu untuk sekolah di desa Bapak saat itu, keesokan harinya kamipun pulang rumah hatiku sangat sedih meninggalkan kampung kelahiran bapak yang hijau nan indah dengan banyak pepohonannya. 

Kembali Masuk Sekolah

Kini saya kembali kerumah, tepat bulan juni saya diantar Mama ke SD 1 sebuah sekolah yang tidak jauh dari rumah saya. Saya didaftarkankan dan mulai sekolah . Di saat itu usia saya lebih tua 2 tahun dari teman-teman yang lain namun saya tidak minder  saya pun bergaul dengan teman teman yang ada tanpa membedakan satu sama lain berkat ketekunan saya dalam membaca dan menghitung saya tidak kesulitan lagi ketika diajarkan wali kelas ibu Regina namanya. Teman sebangku saya waktu itu namanya Elma dan saya juga akrab dengan nofan yang juga adalah tetangga rumah saya kami bertiga selalu bersama setiap hari di kelas kebiasaan kami mengunjungi perpustakkan suadah kami lakukan sejak berada di Sd kelas 1.  Di perpustakaan kami biasanya senang melihat gambar dan melihat globe membaca buku belum sering kami lakukan karena kami belum lancar membaca pada saat itu.

Beberapa bulan kemudia ujian caturwulan pertama di laksanakan waktu itu belum menggunakan istilah ujian akhir semester kini pertama kali saya merasakan bagaimana mengikuti ujian untuk nilainya disis diraport waktu itu ada berapa mata pelajaran yang diuji anta lain Agama, Bahasa Indonesia Matematika , Kesenian Dan penjaskes. Ujian kesenian yang dilakukan dengan menyani salah satu lagu kebangsaan dan saat itu saya menyanyikan lagu Ibu kita Kartini. Saat itu saya hanya melihat gambarnya ibu Kartini saya belum mengetahui riwayat hidupnya dan jasanya yang besar untuk kaum wanita . Setelah ujian maka kamipun menerima raport untuk melihat nulai kami dan pada saat pembagian nama saya dibacakan dahulu betpa senangnya hati ini saya meraih rengking pertama saat itu. Dan itu adalah buah dari ketekunan tapi saya tidak bangga justru itu membuat saya untuk lebih giat dalam belajar. 

Permainan Masa Kecil

Tiga caturwulan saya lalui dengan terus belajar dan dan tahun 2000 saya duduk di bangku kelas 2 Sd pada saat itu saya sudah agak bisa membaca jadi ketika jam istirahat saya mengajak teman saya yang terdekat untuk ke perpustakaan untuk membaca cerpen atau fabel cerita tentang binatang. Saya suka membaca jadi ketika pulang sekolah saya singgah di perpustakaan untuk meminjam buku di perpustakaan agar bisa di baca di rumah jadi ketika pulang sekolah jam istirahat siang saya gunakan untuk membaca ketika sore hari barulah saya bermain bersama teman-teman tetangga rumah saya, ada keseruan khusus waktu itu permainan yang kami lakukan sangat beda dengan permain para Kids Zaman Now banyak sekali permainan kami yag dilkukan saat itu misalnya bermain karet, perang-perangangan main pistoaln dari bambu dengan pelurunya buah jambu air,  hadang, petak umpet, menjalan ban oto atau motor, silon-silon domikado,pak raden, dan masih beberapa yang tak bisa saya sebutkan permainan ini kami lakukan sama-sama tanpa harus mengeluarkan biaya bahkan ada permainan yang menambah rasa persaudaraan kami satu sama lain. Terkadang permainan ini kami lakukan pada malam hari saat bulan purnama. Jika ada waktu luang saat pulang sekolah kami pun pergi mandi di kali yang tidak jauh dari tumah kebiasaan yang kami lakukan bersama di kali selain mandi adalah tangkap ikan.

Mengenal Sahabat PLAN

Memasuki pertengangan di bangku kelas 2 sekolah dasar bapak saya pindah tugasnya dari kecamatan ke kelurahan jadi saya bersama kelurga panda rumah, dan rumah yang baru lebih dekat lagi dengan sekolah ada rasa sedih ketika haus berpisah dengan teman-teman tetangga rumah yang lama tapi di rumah baru juga saya kenal lagi dengan teman yang baru. Masa di bangku Sd kelas 2 memang masa menyenagkan yang tak dapat sya lupakan saat itulah Saya mengenal sahabat PLAN. PLAN adalah salah satu LSM yang mengutamakan hak anak, di SD 1 bayak sekali kegiatan yang saya ikuti yang diselenggarakan oleh PLAN, Mungkin saat itulah saya lebih akrab berteman dengan PLAN teringat dalam pikiran ini ketika pertama kali majalah PLAN dibagikan saat itu sya belum mengenal PLAN majalah itu di bagikan oleh Petugas PLAN bernama pak HIRO masih jelas wajahnya dalam ingatan ini saat itu saya menagis tidak kebagian majalah berlian, yah maklumlah pembagian itu dilakukan di Sd 2 dan saat itu saya hanya kebetulan ada di sekoalah itu. 

Saya sedih tidak bisa membaca majalah berlian sampul kovernnya begitu menarik membuat saya untuk bisa memilikinya, saya pulang rumah dengan perasaan hampa, tapi syukurlah ketika malam kaka saya Alim menunnjukkan majalah berlian dengan perasaan gembira, saya langsung menerimanya dar kaka dan membacanya yang saya baca pertama adalah “serial tawa si tawon madu lala dan lolo”  ceritanya sangat menyenangkan dunia anak-anak. Dalam majalah itu ada juga puisi dan gambar si kecil dari anak-anak yang ada di propinsi lain yang ada di Indonesia. 

Belajar Menjadi Dokter Kecil

Ketika mengenal PLAN saya pun tidak seperti biasanya untuk terus bermain di luar rumah saat itu juga saya selalu mendapatkan majalah berlian untuk edisi –edisinya yang terbaru PLAn mengalihkan dunia ku saat itu ada saja kegiatan yang dilakukannya mulai dari sosialisasi tentang hak anak dan hak anak yang saya tidak lupakan sampai saat ini adalah Hak hidup, Tumbuh kembang, Dan hak partisipasi biasanya diringi dengan tepuk tangan Hak anak. Biasanya akhir pekan kegiatan di lakukan di hotri ariesta atau frawijaya kota KEFA, terkadang saya bersama teman dari SD lain nginap di hotel di sanalah kami belajar bersama. Kegiatan yang dilakukan PlN bukan saja di hotel tapi juga di sekolah jadi ketika ditunjuk untuk mewakili sekolah saya dan beberapa teman sya menyiapkan pakian untuk pergi ke sekolah lain dan bermalam  1 atau 2 malam. Ada juga lomba menyanyi mengarang, danlomba tentang GAKY yang diadakan PLAN antar SD. Kadang juga lombanya dilakukan di sekolah dan yang menyediakan hadiahnya adalah PLAN kegiatan yang saya tidak lupakan sampai hari ini adalah Pelatihan dokter kecil yang biasanya menhadi pembicara adalah ibu Chandara Dethan, kegitan ini sangat bermanfaat kami diajarkan untuk sikat gigi yang benar mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan tidak sampai disitu saja kami jga dibagika sikat odol dan sabun oleh PLAN lebih dari itu kami diberikan sertifikat pelatihan dokter kecil dan PLAN juga memberikan kepada sekolah kami kotak P3K yang di dalamnya ada betadine, rivanol, kain kaca varban kotak ini kami gunakan ketika ada teman yang mengalami luka kecil. Kegitan PLAN memang sangat membentuk karakter kepribadianku saat itu .

Merindukan PLAN

Di kantor lurah juga PLAN memberikan bantuan berupa buku bacaan hal itu tak saya sia-siakan saya meminjam buku ceritanya entah cerpen, fable, dongeng dan cerita anak untuk saya bacakan di setiap waktu luang, di SD 1 saya mengenal PLAN lebih dekat kerena sering diikut sertakan oleh sekolah untuk kegiatan PLAN tapi saying saat kelas  sya harus pindah ke SDN KASENEON sekolah negeri di tempat kami dan sya juga bersyukur di sekolah baru saya masih diikutsertakan untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh PLAN.  Masa kanak-kanakku berjalan di temani PLAN bersama Paln sya belajar dan bermain sya mengenal banyak teman dari sekolah lain walaupun demikain saya juga tidak ego untuk berbagi dan bermain dengan teman-teman terdekat saya,  PLAN engkau berjasa untuk diriku karena semua buku bacaanmu  kini saya  menulis puisi, cerpen dan opini , Semua buku bacaanmu menjadi inpirasi bagi saya, Aku Rindu dikau PLAN hadirlah dalam Masaku yang sekarang. 

Demikianlah tulisan Memory Masa Kanak-Kanakku yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Maria Fatima Anmuni. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memory Masa Kanak-Kanakku"

Posting Komentar