Mitos dan Fakta Unik Anak Kembar


Faktaanak.com - Anak kembar adalah dua individu atau lebih yang lahir secara bersamaan dalam rahim ibu yang sama. Dalam ilmu biologi, anak kembar dibagi menjadi dua macam yaitu kembar identik dan kembar fraternal (tidak identik). 

Kembar Identik

Kembar identik terjadi karena satu sel sperma dan satu sel ovum yang melebur kemudian menjadi zygot, namun zygot tersebut mengalami pembelahan secara mitosis sehingga janin yang dikandung menjadi 2 atau lebih. Kembar identik  memiliki wajah dan jenis kelamin yang sama. Sedangkan kembar fraternal terjadi karena pada masa pembuahan terdapat dua buah sel telur matang yang masing-masing dibuahi oleh sperma yang berbeda, sehingga janin yang dikandung memiliki perbedaan wajah dan umumnya jenis kelaminnya pun berbeda.

Mitos Anak Kembar Harus Dipisahkan

Dalam adat Jawa, anak kembar lahir harus dipisahkan. Mungkin kita berfikiran bahwa kenapa harus dipisahkan? Untuk apa? Jawabannya cukup menarik, menurut mitos yang beredar, hal ini karena apabila anak kembar tidak dipisahkan, maka salah satu dari mereka akan sakit dikarenakan aura salah satu anak kembar kalah dari aura saudara kembarnya yang lain.

Selain itu, dalam adat lokal panggilan anak kembar yang lahir terlebih dahulu akan dijadikan sebagai adik, sedangkan yang lahir dengan urutan terakhir akan dipanggil kakak. Namun kenapa demikian? Menurut kabar di masyarakat yang beredar, hal itu karena kakaknya membantu untuk keluar. Sedangkan dalam dunia kedokteran telah menyepakati bayi yang lahir dahulu adalah kakak kemudian dilanjutkan adiknya.

Serupa Namun Tak Sama

Menurut pandangan masyarakat lokal, anak kembar sangatlah lucu. Mereka banyak yang beranggapan bahwa anak kembar memiliki cara hidup dan sifat yang sama. Namun perlu diketahui lagi, meskipun anak kembar berbagi gen yang sama, bukan berarti harus menyukai hal-hal yang sama juga. Meski muka serupa, akan tetapi hobi dan sifatnya bisa berbeda 180 derajat.

Mitos yang beredar di masyarakat lokal banyak yang beranggapan bahwa kemungkinan memiliki anak kembar akan lebih tinggi jika ada gen kembar dari garis keturunan sang ayah. Genetik kembar dari keturunan ibu sering dinilai kalah kuat dibandingkan gen ayah. Sebenarnya genetik yang diturunkan tidaklah berdominan pada ayah, namun keduanya juga sama penting.

Anak Kembar Adalah Unik

Anak kembar memanglah unik. Dari segi pakaian hingga berjalan pun dapat membuat orang-orang terkesan melihat mereka bersama. Namun apakah anda pernah berfikiran bahwa apakah baju mereka pernah ketukar? Jawabannya memang benar anak kembar pernah ketukar bajunya. Lebih lucunya lagi, menjadi anak kembar memberikan keuntungan sendiri. Kenapa? Karena selain dipandang menarik, salah satu dari mereka bisa mewakili saudaranya sendiri dan mereka bisa saling sharing pelajaran satu sama lain. 

Demikianlah tulisan Mitos dan Fakta Unik Anak Kembar yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Muhammad Mashuda. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

46 Responses to "Mitos dan Fakta Unik Anak Kembar"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ini juga bisa ngebantu orang yang ingin tau tentang info anak kembar.

    BalasHapus
  3. kembara kembar pintar🀣

    BalasHapus
  4. Kapan aku due kembaran😏

    BalasHapus
  5. True πŸ˜…πŸ‘Œ yang baca juga pasti pengin punya kembaran :v

    BalasHapus
  6. anak kembar kebanyakan beda kelas

    BalasHapus
  7. Keren bangetπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  8. Ketauan banget benernyaa.
    Nice article! ;/
    Ttp semangat buat artikel yang lain min :)

    BalasHapus
  9. Wahh...jadi gitu anak kembarπŸ˜„..Alhamdulillah jadi dapet tambahan ilmu😁

    BalasHapus
  10. "Wah dari artikel ini saya jadi tahu tentang anak kembar baik dari segi mitos maupun fakta unik... Terus berkarya kawanπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  11. Good artikel lohh!!! Saya suka sekaliii

    BalasHapus
  12. barakallah .bermanfaat hud.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. sangat bermanfaat sekaliπŸ‘

    BalasHapus
  15. Wow bagus sekali artikelnya, jadi pengen punya saudara kembar gan wkwkw

    Terus berkarya gan πŸ”₯ πŸ”₯

    BalasHapus
  16. Nice πŸ‘Œ menarik .. lanjutkan kreatifitasmu πŸ‘

    BalasHapus
  17. Ada nggak ya orang kembar nikah sama orang kembar juga??

    BalasHapus
  18. Lucu kali ya punya anak kembar hehe

    BalasHapus
  19. Bermanfaat bossπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    BalasHapus
  20. Bermanfaat banget.. baru tau kalo kembar punya motornya... wiwiek..

    BalasHapus
  21. Bermanfaat sekali πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  22. wushhKerennnn....sangat bermanfaat sekali. Terus dikembanginnn ya...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel