Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak


Faktaanak.com - Peran serta tanggungjawab orang tua dalam mendidik dan menanamkan nilai agama pada anak dinilai sesuatu yang mendasar dan sangat penting dilakukan oleh orang tua. Hal ini sangat penting karena membahas tentang kewajiban yang harus diberikan oleh orang tua terhadap anak-anaknya baik kebutuhan fisik dan kebutuhan rohani. 

Peran Orang Tua

Kebutuhan rohani sangat menunjang perkembangan dalam segala aspek kebutuhan anak baik dari lahiriyah maupun jasmani. Mengingat bahwa orang tua adalah contoh pertama bagi kehidupan sang anak dalam berinteraksi dan bersosialisasi terhadap lingkungannya. Semakin baik nilai agama yang tertanan dalam diri sang anak, maka akan semakin baik pula akhlak beserta moralnya dalam hubungannya dengan orang-orang dan lingkungan sekitarnya. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits “Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: “Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah, kedua orang tuanyalah yang menentukan menjadi seorang Yahudi, Nasrani, maupun Majus. Sebagaimana seorang binatang yang melahirkan anaknya tanpa cacat, apakah kamu merasakan (melihat) ada yang terpotong hidungnya? Abu Hurairah kemudian membacakan ayat, “… sesuai fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu…” (QS. Ar-Rum: 30).

Bentuk Pendidikan Agama Pada Anak

Menurut hadits dan ayat diatas, anak yang baru lahir itu fitrah, yang mana mereka dilahirkan bagai kertas putih yang belum ternoda. Oleh sebab inilah, orang tua perlu menanamkan nilai agama sejak dini. Kebutuhan nilai agama ini meliputi ibadah, aqidah, akahlak, baca tulis Al-quran bagi anak-anak baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.  

Faktor Penghambat Pendidikan Agama Pada Anak

Banyak faktor yang membuat orang tua sulit menanamkan nilai agama pada anak. Adapun factor penghambatnya antara lain:
  1. Pengaruh media dan alat komunikasi
  2. Sifat anak yang pemalas dank eras kepala
  3. Cenderung bersifat tertutup sehingga membuat penanaman pendidikan agama menjadi sulit. 


Pendidikan Agama Pada Anak

Pendidikan bagi anak dibedakan yaitu pendidikan terhadap anak berkebutuhan khusus dan anak normal lainnya. Dengan diadakan bimbingan-bimbingan yang lebih khusus seperti bimbingan Islam. Diharapkan dengan pendidikan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak, maka anak akan mudah menyerap materi yang akan disampaikan. Hal ini disebabkan karena tingkat perkembanggan kemampuan anak berbeda-beda dalam menangkap hal yang akan diajarkan.

Diperlukan kesadaran orang tua dalam menanamkan nilai agama pada anak. Karena kebutuhan anak terhadap nilai-nilai agama sangat penting, hal ini menunjang anak untuk mengenal dan memiliki kepercayaan kepada Allah Swt khususnya dalam bidang akhlak dan penngembangan potensi diri serta mampu mengatasi permasalahan-permasaalahan yang dihadapi dengan fikiran positif. Selain itu, pentingnya penanaman nilai agama terhadap anak yaitu agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkngannya.

Demikianlah tulisan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah Sari Wulandari. Trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel