Perkembangan yang Baik, Tergantung pada Cara Mendidik yang Baik

-anak-anak-
-anak-anak-

Faktaanak.com - Masa kecil itu memang sangat seru kan, guys. Semua pasti ingin kembali ke masa-masa seru saat bercanda ria dengan teman se-permainan. Bermain dan bersenda gurau dengan teman tanpa memikirkan hal lain. Semua pasti ingin kan kembali ke masa kecil yang menyenangkan. Tetapi, kita tidak mungkin kembali ke masa kecil karena kita harus terus meraih cita-cita dan di lain sisi kita kan gak punya mesin waktu .

Permainan yang Seru di Masa Kecil

Menurut temen-temen,  apa sih yang paling seru pas waktu kecil? Pas bermain dan bercanda tanpa memikirkan waktu pasti hal yang paling seru walaupun pas datengnya dimarahin emak. Semuanya pasti pernah bermain kelereng, petak umpet, kejar-kejaran, dan main layangan. Menurut temen-temen, dari permainan tadi yang mana yang paling seru? Pastinya semuanya seru, kan. Apalagi kalo bareng banyak temen. Semuanya gampang dimainkan dan pastinya gak perlu ngeluarin banyak duit. Di desa masih banyak anak-anak kecil yang sering main permainan itu termasuk Saya juga sering ikut main. Tetapi, udah mulai ada beberapa anak-anak yang sudah mahir main gadget yang sifatnya online kayak game Clash of Clans, Clash Royale, dan Mobile Legends yang membuat interaksi anak dengan temannya tidak lagi bertatap muka secara langsung tetapi virtual lewat dunia maya. Mungkin nantinya kalo perkembangan zaman semakin canggih layang-layang pun nantinya juga bisa jadi online sampek petak umpet pun nantinya bisa jadi online. 

Anak Perlu Interaksi dengan Lingkungan

Hal tersebut terkadang membuat Saya merasa sedih mengingat komunikasi anak nantinya hanya tinggal mengandalkan online. Anak-anak seharusnya bermain dengan lingkungan sekitar bersama dengan teman-temannya agar nantinya daya motorik dan rasa simpati anak bisa terbentuk dengan baik. Kalo menurut Saya, anak yang belum berumur 12 tahun belum pantas diberikan gadget karena itu bisa merubah pola pikir anak secara cepat. Anak pun akan menjadi malas bergerak dan hanya diam di kamarnya sambil nge-game sehingga interaksinya dengan dunia luar menjadi sangat minim. Hal ini pastinya harus diketahui oleh ayah dan bunda semua.

Bangsa itu Hebat Karena Anak yang Hebat

Marilah kita ajak si kecil untuk bermain di luar ruangan dan jangan mengenalkan gadget kepada anak terlebih dahulu. Jangan khawatir nantinya anak akan menjadi sakit karena bermain di luar ruangan sebab anak sebenarnya memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jadi, ayo kita kenalkan si kecil dengan dunia bermain bersama lingkungan sekitar yang bersih dari polusi gadget agar nantinya bisa menjadi anak yang hebat dan mampu mengharumkan nama bangsa. Karena, bangsa yang hebat adalah bangsa yang terbentuk oleh anak yang hebat.

Hanya itu saja yang dapat Saya sampaikan dalam tulisan Saya kali ini semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang. Saya juga berterima kasih kepada kakak-kakak panitia dan juri Lomba Menulis Fakta Anak ini karena bisa menjadi suatu ajang yang bisa mewadahi Saya untuk menyalurkan gagasan Saya kepada publik. 

Demikianlah tulisan Perkembangan yang Baik Tergantung pada Cara Mendidik yang Baik yang saya buat, mohon maaf jika ada kesalahan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi para pembaca. Penulis dalam artikel ini adalah I Made Indra Wijaya. Trimakasih.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

41 Responses to "Perkembangan yang Baik, Tergantung pada Cara Mendidik yang Baik"

  1. wah, terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. tulisannya bagus dan sangat bermanfaat khususnya pada anak, benar sekali bahwa perkembangan anak itu tergantung baagaimana cara mendidiknya.

    BalasHapus
  3. artikelnya bagus semoga menang indra.
    #WWK
    #GOOGINSPIRATION

    BalasHapus
  4. semua informasinya berasarkan fakta pak indra:).

    BalasHapus
  5. sangat bagus...teruskannn

    BalasHapus
  6. sugoi....ganbatte.....semoga terus bisa berkarya yang bermanfaat untuk semua ndra,.....

    BalasHapus
  7. semangat adikku.. semoga sukses.. artikel yang bagus n berguna..

    BalasHapus
  8. artikel yang bagus, teruslah berkarya sebagai anak bangsa yang baik :)

    BalasHapus
  9. keren kerenn... artikel yang bermanfaat
    lain kali jangan lupa juga kunjungi blog saya
    desakindri22.blogspot.co.id
    numpang promot gan :D
    HE..HE

    BalasHapus
  10. informasinya lumayan bagus tetapi masih perlu ditingkatkan

    BalasHapus
  11. bagus dek tulisannya, banyak belajar dan semangat berlatih lagi...

    BalasHapus
  12. menginspirasi,, semangat terus dik, dan kembangkan

    BalasHapus