4 Manfaat Anak Suka Meyobek Kertas

-anak-anak-
-anak-anak-
FaktaAnak.Com- Pernah melihat anak kecil sayik bermain dengan buku, lalu kemudian diam-diam tanggannya dia gerakan untuk menyobek beberapa lembar kertas atau buku? Ya. Tentu ini menjadi kebiasaan yang sering ada di sekitar kita. Namun, kita jarang memperhatikan. Karena yang kita anggap ini adalah kejadian yang biasa-biasa saja. Yang sering anak-anak lakukan.

Anak Meyobek Kertas


Memang tidak ada yang salah. Jikapun banyak orang tua yang menganggap bahwa apa yang dilakukan anak adalah aktivitas bermain yang biasa saja. Tapi perlu orang tua tahu bahwa setiap hal yang dilakukan anak, apapun itu, adalah belajar.

Termasuk ketika ketika seringkali kita melihat anak tengah asyik menyobek kertas. Baik dari buku ataupun kertas yang sengaja kita berikan ke anak dengan sengaja lalu mereka praktikan dalam kehidupan nyatanya.

Pengalaman Anak Suka Meyobek Kertas


Di sini saya akan bercerita sedikit mengenai keponakan saya, Awa. Umurnya baru dua tahun. Awal berlari menuju kamar saya. Cepat sekali. Kemudian tanggannya mengambil salah satu buku. Yang memang sengaja saya letakan di rak buku saya. Buku itu kemudian dibawa lari keluar kamar. Mencari tempat untuk duduk, dan kemudian duduk bersanding dengan buku. Saya pun membiarkannya asyik bermain sendiri.

Sampai beberpa saat setelah itu, saya ingin berteriak karena terkejut melihat buku yang dipegang sudah tidak berbentuk buku. Melainkan sobekan-sobekan buku. Saya membiarkan Awa melanjutkan bermainnya.

Saya lihat ada kepuasan tersendiri yang Awa rasakan. Kepuasan dari apa yang dia lakukan. Lalu, bagaimana kita sebagai orang tua harus menyikapi kebiasaan anak yang suka asyik menyobek kertas? Tentu, yang harus kita ingat sekali lagi adalah segala aktivitas yang dilakukan anak menunjukan bahwa dia sedang belajar.

Ketika anak asyik dengan mainannya menyobek-nyobek kertas, itu tandanya anak sedang belajar menggunakan motorik halusnya. Dalam teori perkembangan anak, perkembangan motorik menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan (Harlock). 

Manfaat Anak Suka Meyobek Kertas


Menyobek kertas atau buku menjadi salah satu dimensi perkembangan motorik halus pada anak. Yang sangat baik untuk perkembangan anak dalam mengembangkan kemandirian, kebanggaan diri, pengembangkan konsep diri dan mengembangankan keterampilan pada diri anak.

Mengembangkan Kemandirian

Hal ini dapat dilihat ketika anak perlahan menyobek kertas sendiri tanpa bantuan orang lain. Tingkah lugu dan polosnya dalam proses Anak Suka Meyobek Kertas tersebut bisa dicermati sebagai tingkah atau wujud kemandiariannya dalam melakukan aktifitasnya.

Kebanggan Diri

Bahwa aktivitas anak menyobek kertas dapat berdampak pada psikis anak, yaitu anak dapat merasa bangga pada dirinya sendiri. Bangga karena berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan yang dianggapnya sangat sulit dilakukan.

Mengembangkan Konsep Diri

Konsep diri ini menunjukan bahwa anak sudah menunjukan sikap mandiri dalam dirinya. Ketika keponakan saya mengambil buku sendiri, kemudian asyik bermain dengan buku yang di bawanya, sampai pada menyobek halaman buku menjadi beberapa potongan kecil, inilah aktivitas anak yang menunjukan bahwa anak sudah memiliki sikap mandiri dalam dirinya.

Keterampilan Pada Anak

Keterampilan anak dapat terlihat dari anak berhasil memegang kertas demi kertas, membukannya sampai pada ketika anak menyobek kertas itu menjadi bebera potongan. Di sini dapat terlihat bahwa anak sudah mulai belajar mengenai keterampilan yang anak miliki.

Keempat point ini menjadi hal penting yang perlu orang tua pahami mengenai segala aktivitas yang anak lakukan saat bermain. Semoga dengan adanya tulisan Manfaat Anak Suka Meyobek Kertas yang ditulis oleh Umi Khomsiyatun dapat bermanfaat.
Baca Juga; Permainan yang Mudah dan Bermanfaat, Yuk Lestarikan!
Adapun Umi Khomsiyatun ialah salah seorang Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purwokerto serta aktif Relawan Pustaka di Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK). Trimakasih, 
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Manfaat Anak Suka Meyobek Kertas"

Posting Komentar