20+ “Anak Berkebutuhan Khusus” Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya Lengkap

-anak-anak-
-anak-anak-

Anak adalah anugrah yang paling besar yang dimiliki oleh oarang tua, dengan anak ini secara langsung dan tidak langsung setiap orang tua dapat melanjutkan regenerasinya. Tak jarang banyak orang orang tua yang ketika hamil melakukan kesalahan sehingga mengakibatkan adanya kelahiran bagi yang membutuhkan penanganan yang khusus, istilah lain dalam hal ini ialah ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Oleh karena itulah pada artikel ini akan memberikan pengertian, jenis, dan karakteristik anak berkebutuhan khusus.

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)


Pengertian ABK atau anak berkebutuhan khusus adalah setiap anak yang memperlukan penangan secara khusus bagi setiap jenjangnya, baik dalam pendidikan, dalam permianan, ataupun dalam menyerap ilmu pengetahuan. Dalam anak berkebutuhan khusus ini sendiri perlu serta penting juga untuk melakukan penangan secara intesif dibandingkan dengan anak lainnya.

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus


Definisi atau pengertian anak berkebutuhan khusus menurut pendapat para ahli, telah diperjelasn atau dingkapkan antara lainnya. Ialah sebagai berikut;

Kanner dalam Jamaris (2006)

Pengertian anak berkebutuhan khusus adalah anak yang dalam pertumbuhan kembangnya mengalami outstanding fundamental disorder, yang mana dengan kondisi ini seorang anak tidak bisa melakukan proses interkasi sosial secara normal.

Mulyono (2006)

Definisi anak berkebutuhan khusus adalah setiap anak yang kurang mampu hidup dengan kenormalahan arti lain ialah cacat. Keadaan inilah menjadi salah satu masalah yang harus dilakukan penangan secara offside atau intsif terhadap anaknya.

Dari penjelasan tentang pengertian anak berkebutuhan khusus menurut para ahli di atas, secara lengkap dapat disimpuklakan bahwasanya anak berkebutuhan khusus ialah anak yang mengalami kelainan baik di bawa sejak dalam kandungan, lahir, ataupun setelah ia tumbuh dewasa. Selengkapnya, baca; Masa Kecil Penentu saat Dewasa

Jenis Anak Berkebutuhan Khusus


Jenis serta macam-macam anak berkebutuhan khusus yang penting untuk diketahui serta dipelajari, antara lain adalah sebagai berikut;

Buta

Jenis pertama anak berkebutuhan khusus ialah buta atau lebih dikenal dengan tuna netra. Anak ini secara pemikiranya normal hanya saja kekuarangnya tidak bisa meliahat. Oleh karena itulah jenis pada anak berkebutuhan khusus ini bukan selalu mengalami kekuarangan, akan tetapi jika di maksimalkan akan membanggakan, misalnya saja anak tuna netra pada saat ini banyak yang menjadi hafidz Al-Qur’an.

Tuna Runggu

Macam anak berkebutuhan khusus lainnya ialah tuna runggu yang artinya adalah anak yang mengalami gangguan pendengaran. Gaanggaun pendengaran ini sendiri menjadi salah satu masalah dalam ia menangkap ilmu pengetahuan secara normal.

Tunadaksa

Jenis anak berkebutuhan khusus lainnya ialah tunadaksa atau lebih dikenal cacat dalam sebagian anggota tubuhnya. Contohnya saja misalnya dalam kakinya yang satu kecil sedangkan yang satunya normal. Anak ini sendiri penting untuk diberikan penangan secara khusus.

Keterbelakangan Mental

Jenis lainnya mengenai anak berkebutuhan khusus ialah keterbelakangan mental. Anak jenis ini seringkali dikenal dengan tunaghrarita. Oleh karena itulah anak-anak model ini penting untuk diberikan penangan secara maksilam agar potensinya bisa dikembangkan. Selengkapnya, baca; Apresiasi Pembentuk Mental Positif Anak

Kecerdasan Luar Biasa

Jenis atau macam anak berkebutuhan khusus lainnya ialah anak yang memiliki tingkat keredasakan yang tinggi. Tidak lumrah dengan anak yang ada di usianya. Anak ini biasanya memiliki tingkat IQ yang baik, dengan memberikan dan mendorong teladan baik maka potensi yang dimilkinya bisa dikebangkan lebih dalam lagi. 

Tunawicara

Jenis anak lainnya yang termasuk dalam anak berkebutuhan khusus ialah tidak bisa berkomunikasi dengan baik, anak ini seringkali dikenal dalam penelitian ialah tunawicara atau bisu. Kelengkapan yang sering menyertai dalam anak tunawicara ialah tunarunggu.

Gangguan Emosi

Klarifikasi anak berkebutuhan khusus lainnya ialah anak yang sering merengek atau mengalami gangguan dalam emosionalnya atau lebih dikenal dengan tempramental dengan keadaan yang dianggapnya kurang pas atau kurang baik.

Kesulitan Belajar Spesifik

Jenis lainnya yang tergolong dalam anak berkebutuhan khusus ialah anak yang mengalami kesulitan spesifik dalam belajar. Model pembelajaran yang penting untuk diterapkan dalam anak ini yang paling pas dengan mengenal potensi dasar yang dimilikianya.

Lamban Belajar

Model lainnya yang termasuk di dalam anak berkebutuhan khusus ialah slow learning atau istilah lain lamban dalam belajar materi pengetahuan. Anak model ini tidak bisa dibaiarkan karena apabila dibiarkan ia akan mengalami kebodohan yang merugikan bagi masa depannya.

Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus


Setelah memberikan penjelasan mengenai pengertian dan jenis anak berkebutuhan khusus, penting bagi tulisan ini untuk memberikan karateristik daripada ABK, antara lain adalah sebagai berikut;

Membangkang

Membangkan menjadi salah satu cir khas daripada anak berkebutuhan khusus, ia tidak mau menerima keadaan dengan orang baru yang memberikan asuman pendidikan apalagi pengetahuan yang diberikan.

Sulit Membaca

Kesulitan membaca menjadi salah satu ciri khas daripada anak berkebutuhan khusus yang mana karakteristik ini sendiri lahir karena anak mengalami kelainan yang bisa membuatnya menjadi pribadi yang sulit dalam belajar.

Sulit Menulis

Karakteristik anak berkebutuhan khusus lainnya ialah kesulitan dalam menulis, baik menulis namanya sendiri apalagi menulis mata pelajaran. Oleh karena itulah harus dengan ulat dan telaten dalam memberikan wawasan dan pengetahuan pada anak model ini.

Tidak Mengerti Arah

Faktor kebingungan yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus membuatnya tidak mengerti arah, baik ara hbarat, timur, ataupun utara. Dengan memberikan contoh secara terus menerus bisa menjadi salah satu solusi penanganan yang baik pada anak berkebutuhan khusus model ini.

Terus Menerus Berbicara

Menjadi anak berkebutuhan khusus memang suatu takdir tuhan yang tidak bisa di elakan. Dengan hadirnya ABK ini tentusaja memberikan dorongan bagi tenaga pendidik ataupun orang tua untuk bersabar, apalagi dengan ciri khas yang ada pada ABK ialah seringkali berbicara tanpa disuruh sekalipun.

Bertindak Gugup

Gugup menjadi salah satu karater yang tidak bisa dipisahkan pada ABK, lantaran ia tidak biasa dengan kondisi terhadap komunikasi dan lingkungan sosial. Dalam penangan anak jenis ini tentusaja diperlukan sikap untuk melatihnya dengan pelan serta terus menerus dilakukan.

Suka Mengamuk

Menjadi jenis lainnya yang ada dalam anak berkebutuhan khusus ialah seringkali mengamuk dengan amukannya ia tidak menyadari bahkan seringkali sebagai salah satu solusi agar tidak stres dalam menerima pelajaran.

Melukai Diri Sendiri

Ciri khas lainnya mengenai anak berkebutuhan khusus ialah melukai dirinya sendiri dengan tanpa ampun, meskipun tetap merasakan rasa sakit akan tetapi dengan kondisi ini ABK akan mengalami kepuasan tertentu.

Dari penjelasan mengenai ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dalam dikatakan bahwa pendidikan yang dilakukan secara terus menerus adalah satu-satunya solusi agar ABK tetap memiliki masa depan yang baik, lantaran dengan hal ini ABK akan bisa bertahan dengan segala masalah-masalah yang dialaminya.

Banyak contoh kesuksesan orang tua dan guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus, misalnya saja dengan memberikan dorongan menghafal pada anak Tunanetra akan lebih mudah dilakukan daripada anak keterbelakangan mental. Oleh karena itulah penting bagi siapapu mengenai model dan potensi yang ada pada ABK ini.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai “Anak Berkebutuhan Khusus” semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan serta mengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan materi ataupun makalah tentang “ABK (Anak Berkebutuhan Khusus”. Trimakasih, 
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20+ “Anak Berkebutuhan Khusus” Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya Lengkap"

Posting Komentar