10+ Hak Anak di Rumah dan Contohnya Lengkap

Anak menjadi salah satu karunia terbesar yang didapatkan oleh sebuah keluarga. Keluarga tanpa adanya anak akan terasa hampa, selain itujuga keluarga tidak akan bisa meneruskan dan mewariskan kemampuan intelektual atau kebiasaan yang ada dalam keluarga itu sendiri. Oleh karena itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai hak anak di rumah dan contohnya.

Hak Anak di Rumah


Ada berbagai jenis hak-hak yang harus dipenuhi oleh keluarga, hak ini sendiri berkaitan dengan kewajiban orangtua dalam mendidik dan memberikan asuhan orang tua dalam membentuk karakter anak. Adapun pengertian hak itu sendiri adalah sesuatu hal yang harus diterima oleh seorang anak.

Hak Anak di Rumah dan Contohnya


Berikut inilah adalah beberapa bentuk hak-hak anak ketika berada di rumah, serta contoh yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak. Antara lainnya;

Tempat Tinggal

Mendapatkan tempat tinggal yang baik bagi seorang anak adalah salah satu hak yang harus dipenuhi oleh semua keluarga. Tempat tinggal ini berkaiatan dengan kelakyakan dan kemampuan ekonomi orang tua dalam memenuhinya.

Contoh hak tempat tinggal yang harus diberikan orang tua kepada anak misalnya saja adalah memastikan anak memiliki rumah sebagai tempat persistirahatan ketika anak lelah ataupun dipenuhi guna memberikan dorongan hubungan sosial antara keluarga dan anak.

Pendidikan

Mendapatkan pendidikan dari orang tua melalui sekolah, mengaji ataupun melalui orang tua itu sendiri merupakan hak anak di rumah yang haruslah dipenuhi oleh setiap orang tua yang memiliki anak. Hak ini misalnya saja berkaiatan dengan tingkatan anak dalam menempuh pendidikan seperti SD, SMP, SMA, atau sampai perguruan tinggi.

Bermain

Pendapatakan daya tangkap tentang sikap anak yang suka bermain merupakan salah satu hak anak yang harus dipehenu oleh semua orang tua. Bermaian ini berkaiatan erat dengan hubungan layaknya seorang anak ketika berkumpul sesama anak atau orang tua yang memiliki ciri khas selalu melakukan permaianan.

Contoh permaianan dalam hak anak di rumah ini mengenali orang tua bahkan dunia anak dunia bermain, baik bermaian dalam tradisional ataupun bermaian dalam bentuk modern. Contoh permaianan sebagai bentuk yang paling membahagiakan adalah permaianan kasti, permaianan klereng yang ternyata jenis permainan tersebut tidak lekang dengan waktu. Selengkapnya, baca; 6 Jenis Permainan Anak Yang Tidak Akan Lekang Oleh Waktu

Perawatan Ketika Sakit

Perawatan yang harus diberikan oleh orang tua kepada anak merupakan salah satu hak yang harus dipehenuhi ketika anak di rumah. Perawatan ini khususnya dilakukan oleh orang tua ketika anak merasa sakit dengan kondisi badan yang tidak sehat.

Bersekolah

Bersekolah atau dapat bersekolah merupakan salah satu bentuk hak anak di rumah yang haruslah di peneuhi oleh keluarga. Bersekolah memastikan anak agar tetap memiliki kemampuan intelektual yang baik selain itu juga akan memberikan jaminan bahwa anak akan bisa melanjutkan sikap dan keemampuan intelektual keluarganya. Selengkapnya, baca; Pengertian Bullying di Sekolah dan Pengalamannya

Perlindungan

Mendapatkan perlindungan adalah salah satu bentuk hak anak yang harus di peneuhi ketika sedang berada di rumah. Perlindungan ini dalam artian adalah perlindungan ketika anak berada dalam bahaya, contohnya saja ketika anak sedang berada dalam tenakanan yang luar biasa.

Perhatian

Mendapat perhatian dari orang tua merupakan salah satu jenis atau bentuk hak anak di rumah. Perhatian ini berkaiatan dengan cara padang orang tua dalam menyalurkan pengehatuan dan kasih sayangnya. Setiap orangtua memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Dikasihi dan Disayangi

Hak selanjutanya yang harus dimiliki anak di rumah ialah dikasihi dan disayangi oleh ayah dan ibunya. Bentuk kasih sayang ini sudah biasa kita dapatkan ketika kita sedang menjalaninya atau bergabung dalam keluarga, seperti contohnya ketika kita kecil seringkali anak dibelikan sepeda.

Konsumsi

Hak anak lainnya ialah diberi makan dan minum oleh orang tua. Hak ini sendiri tergabung dalam bentuk konsumsi yang memberikan jainan bahwa setiap anak akan bisa menjaga kesehatan, makan dan minum berkaiatan dengan ekonomi yang setiap keluarga memiliki kemampuan yang berbeda.

Pakaian

Mendapat pakain adalah salah satu dasar yang harus dipeheni orangtua pada anak. Pakaian pada anak umumnya menjadi kebutuha primer yang juga harus dipenuhi oleh setiap keluaga, oleh karena itulah setiap keluarga akan berusaha untuk memenuhi pakaian setia anak.

Dari pemaparan mengenai hak anak di rumah dan contohnya di atas, secara umum dapat disimpulkan bahwa setiap anak harus mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan dasarnya. Kemampuan eknomi, sosial, dan psikologis sangatlah berpengaruh dalam hal ini. Selain itu juga hak anak di rumah ini sendiri berkaiatan erat dengan fungsi keluarga yang ada dalam kehidupa masyarakat.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai hak anak di rumah dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari wawasan mengenai “hak anak”. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10+ Hak Anak di Rumah dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel