13+ Kewajiban Anak di Rumah dan Tanggung Jawab Yang Harus Dilakukan

-anak-anak-
-anak-anak-
Kewajiban anak di rumah sejajar lurus dengan hak anak di rumah dan contohnya. Selain melaliki hak anak seharusnya memiliki kewajiban yang harus dipehenuhi oleh setiap anak abaik laki-laki atau anak perempuan, berbagai kewajiban tersebut tak lain ialah memberikan harapan dan implementasi pengetahuan serta pendidikan yang di dapatkan dari sekolah. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan memberikan penjelasan dan pengambaran mengenai kewajiban anak di rumah.

Kewajiban Anak di Rumah


Rumah sebagai tempat tinggal yang tetap bagi setiap anak memiliki kewajiban agar apa yang dijalankan dalam keluarga terlaksana sebagaimana mestinya. Dalam anak ini tak lain dilakukan untuk mendorong setiap anak agar mampu berkembang lebih baik dari apa yang dihasilkan dan didisikasi orang tua yang diberikan.

Kewajiban Anak di Rumah dan Tanggung Jawab


Beberapa jenis terhadap kewajiban anak dan tanggung jawab yang diberikan kepada keluarga akan menuntut keras kelak perkembangan seorang anak. Setiap anak yang tumbuh kembang dalam didikan selalu berkaitan dengan implementasi yang dijalakan. Beberapa bentuk kewajiban anak di rumah dan tanggung jawabnya antara lain ialah sebagai berikut;

Membantu Orangtua

Kewajiban anak yang pertama adalah memabantu orangtua dalam keseibukan yang dilakukan, membantu ini tidak menuntut imbalan sedikitpun alias membantu dengan ikhlas. Sistem atau sikap membantu sangat diperlukan gunkan meringankan beban yang dimiliki orangtua. Selengkapnya, baca; 5 Memo untuk Orang Tua dari Mantan Anak

Membahagiakan Orang Tua

Selain membantu kewajiban anak yang lainnya adalah membahagiakan orang tua. Membahagiakan dengan dalam bentuk tingkah atau akhlak yang baik agar nama baik keluarga tetap terjaga, contoh tindakan mengenai membahagiakan orang tua sebagai kewajiban anak di rumah ini misalnya dengan berpertasi di sekolah yang sesuai dengan asuhan orang tua dalam membentuk karakter anak.

Mendoakan Orang Tua

Kewajiban yang harus dijalankan oleh anak ialah mendokan orang tua, mendoakan dengan sungguh-sungguh dan oenuh ke khusukan, mendoakan orang tua menjadi cerminan bahkan kita seorang anak tergolong dalam anak yang sholeh atau sholehah.

Mendokan orang tua juga sebagai cerminan bahkan apa yang dikorbankan orang tua akan terbalas nantinya, contoh tindakan ini begitu mudah dilakukan akan tetapi sangat jarang atau bahkan seringkali terlupakan oleh setiap anak.

Merwawat Orang Tua

Tindakan lainnya yang menjadi kewajiban anak di rumah adalah merawat orang tua sebagimana kita dahulu sejak lahir sampai dewasa dengan telatan orang tua terus melakukan perawatan. Perbuatan ini penting untuk dilakukan dan dtitanakan oleh setiao individu.

Berbicara Sopan

Berbicara dengan nada rendah atau sopan kepada orang yang lebih tua meruapakan salah satu tindakan yang tergolong dalam kewajiban anak di rumah. Tindakan seperti ini penting dijalankan oleh seorang anak sebagai ciri khas pengharagaan dan penanam kesponanan.

Belajar di Rumah

Belajar menjadi kakak tertua atau dewasa menjadi salah satu kewajiban yang harus dijalakan oleh setiap anak, belajar khususnya di rumah juga menjadi ciri khas bahkan apa yang orangtua korbankan untuk membiayayi pendidikan tidaklah sia-sia, tanggung jawab belajar juga menjadi salah satu agenda dalam mendidikasikan manusia untuk berpengatahuan luas.

Menghormati Antar Anggota Keluarga

Sikap kesenaenangan dan kekerasan adalah salah satu sikap yang paling dibenci oleh setiap anggota keluarga, baik yang merasa tua ataupun muda. Oleh karena itulah kewajiban anak di rumah ialah memiliki rasa penghormatan kepada setiap insan yang lebih mulia dengan menghormati antar sesama.

Menjaga Nama Baik

Kewajiban lainnya yang harus dilakukan oleh anak ialah dengan menaga nama baik, bukan hanya untuk dirinya akan tetapi juga untuk keluarganya. Tindakan ini misalnya saja dengan tidak merokok, tidak memakai narkoba, dan terus mengatakan komitmen dengan kabaikan atau nilai yang berlaku di masyarakat.

Selain itupula dibalik anak yang baik, ada orang tua yang mendidiknya dengan baik. Kondisi ini sesuai dengan ukapan pepatah yang mengatakan bahwa "Buah tidak jauh dari pohon yang ada di sekelilingnya". Selengkapnya, baca; Didikan Terbaik Orang Tua pada Anak

Meminta Izin Kepada Oarng Tua

Kewajiban anak di rumah yang lainnya ialah meminta izin kepada orang tua setiap kali akan pergi atau melakukan tindakan sesuatu, dengan izin orang tua menjadi jalan bagi seorang anak untuk mendapatkan ridho dalam kehidupan yang dijalankan.

Hidup Mandiri

Kewajiban anak di rumah yang lainnya ialah hidup mandiri, kehidupan ini bisa di dapatkan dengan terus belajar dengan sungguh-sungguh dengan tata cara inilah cita-cita yang kita inginkan akan terwujud kelak sampai dewasa akan membantu orang tua.

Sayang Kepada Anggota keluarga

Sayang juga menjadi salah satu khazanah keilmuan yang harus diimplemantasi oleh seorang anak, sayang dengan orang tua bahkan menajdi jenis kewajiban anak di rumah. Dengan bentuk perhatian ketika orang tua sakit, atau ketika orang tua merasa sedang sedih hatinya.

Bagun Pagi

Bagun di pagi hari menjadi salah satu kewajiban anak di rumah, bagun pagi ini menciri khaskan bahkan segala tindakan yang dilakukan oleh kita akan terlaksanakan dengan susunana yang ada. Pada proses bangun bagi semua orang berhak untuk melakukannya.

Merapihkan Kamar

Bagi anak yang masih tergolong belita serta berusia pendidikan sekolah SD berhak melaksanakan kewajiban ini, dengan melaksanakan kewajiban inipula langkah sederhananya sebagai komitmen rasa tanggung jawab kita untuk belajar mandiri.

Mewujudkan Cita-Cita

Bagian lainnya yang termasuk dalam kewajiban anak di rumah dan tangung jawab ialah dengan mewujudukan cita-cita yang diinginkan, bukan hanya untuk anggota keluarganya akan tetaoi untuk kebahagian kita sendiri. Dengan komitmen mewujudkan cita-cita ini menjadi ciri khas bahwa apa yang kita lakukan bagian daripada rasa penghirmatan dan trimakasih kepada oarng tua.

Dari penjelasan dan pemaparan mengenai kewajiban anak di rumah di atas sudah barang tnetu dilakukan oleh semua anak tanpa terkecuali, anak yang hidup di dunia ini melaksanakan dengan sungguh-sungguh, agar seuatu yang diharapkan akan terwujud.

Demikianla tulisan mengenai berbagai macam kewajiban anak di rumah. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca agar mengetahui apa saja “kewajiban anak”, khususnya yang harus dilakukan ketika di dalam rumah. Trimakasih, 
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13+ Kewajiban Anak di Rumah dan Tanggung Jawab Yang Harus Dilakukan"

Posting Komentar