20+ Motif Batik yang Mudah Digambar Anak SMP dan Caranya Lengkap

Batik menjadi salah satu kekayaan Indonesia yang sudah terkenal du seluaruh dunia, batik sampai pada saat ini terus dikebangkan dari awalnya dengan cara tradisional sampai akhirnya dengan cara yang modern. Dalam wujud penanamannya tersebut banyak pihak atau lembaga pendidikan pada saat ini memberikan tugas mengenai menggambar pada anak, khususnya menggambar motiva batik. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai berbagai jenis motif batik yang mudah digambar anak SMP/MTs dan caranya.

Motif Batik yang Mudah Digambar


Beberapa jenis motif batik yang mudah di gambar berhubungan erat dengan tingkatan pelukisannya. Tingkatan ini bisa dilihat dari struktur gambaranya yang sederhana akan tetapi banyak mengandung arti yang mendalam, beberapa ciri motif batik yang mudah dianggambar antara lain adalah sebagai berikut;

Motif Batik Flora

Motiv batik flora mudah dianggap untuk ukuran anak SMP, biasanya motif batik ini berkaiatan erat dengan bentuk tumbuh-tumbuhan yang ada di alam liar atau tananaman yang biasa kita temukan seperti motiv batik bungga, atau motif batik tananaman khas Indonesia lainnya.

Motif Batik Fauna

Jenis motif batik yang mudah dianggap untuk ukuran anak SMP yang lainnya adalah jenis motif matik hewan-hewanm jenis ini mudah sekali dilakukan, karena berbentuk abtrak tidak sepurna dengan bentuk aslinya. Kekayaan fola di Indonesia ada banyak sekali yang bisa dijadikan ide dalam jenis motif batik ini.

Motif Batik Nusantara

Jenis motif batik lainnya yang mudah dan bagus untuk digambar adalah jenis motif batik yang berkaiatan erat dengan bentuk kekayaan nusantra. Jenis ini bisanya dengan menggambarkan pakain adat adat menggabarkan kepulauan serta wilayah di Indonesia.

Contoh Gambar Motif Batik Untuk Anak SMP


Berikut ini beberapa contoh gambar yang mudah dilakukan atau dibuat untuk anak ukuran SMP/MTs/atau sederajat. Gambar-gambar ini kami mabil dan kami sharing dari dunia maya (internat) yang menurut hemat dan pandangan kami sangat bisa dijalankan dengan mudah dan bagus. 

Bentuk Rantai

Contoh pertama dalam jenis motif batik yang mudah dianggambar untuk anak SMP adalah jenis motiv batik dengan bentuk rantai yang akhirnya susuanan ini bisa memudahkan para pembaca untuk menggambarnya, dengan pola dan warna tertntu agar terlihat lebih anggun dan menawan.

Kupu-Kupu

Gambar lainnya yang mudah dilakukan dalam bentuk penggamabaran motif batik iyalah dengan bentuk kupu-kupu. Bentuk ini terasa lebih sulit dalam pewarananya akan tetapi dengan adanya gambar ini untuk pembuatan pola dasarnya bisa dengan mudah kalian lakukan.

Bentuk Mahkota

Susunan mahkota dan kerajaan menjadi saah satu jenis motif batik yang mudah digambar atau dilukis untuk anak SMP, susunan pada gambar ini setidaknya bisa memberikan gambaran tentang bentuk mahkota yang disusun bahkan seringkali kita temukan dalam tamplak meja di rumah-rumah yang kita tinggali.

Bentuk Lingkaran Bunga

Masih dalam jenis motif batik yang mudah dianggbar selanjutnya adalah jenis gambar tantng lingkaran yang paling mudah dilakukan oleh pelajar khususnya Anak SMP, bentuk motif batik ini memiliki ciri melaingkar di atasnya.

Daun

Bentuk lainnya daripada jenis motif batik yang mudah digambar adalah jenis motif batik daun dengan bungga yang hanya ada beberapa biji. Dalam motif batik ini terasa mudah dilakukan untuk menghiar bagian-baginya kalian bisa memanfaatkan cat air atau pulas.

Motif Batik Daerah

Jenis motif batik yang mudah dianggap selanjutnya adalah jenis motif batik daerah yang ada di Nusantara. Jenis motiv batik ini terasa mudah dinggabar karena banyak hal yang dianggap memiliki arti menganai daerah tersebut. Contohnya ialah gambar di atas, yang merupakan gambar abtrak motif batik daerah nusantara, khususnya daerah ciamis, Jawa Barat.

Motif Batik Lukis

Jenis motif batik yang mudah dianggap khususnya untuk anak sekolahan ialah motif batik lukis, dengan langkah sederhanya kalian bisa memadukan anta berntuk fola dan fauna di Indonesia. Jenis motif batik ini akan indah kemudian hari jikalau dilakaukan pemduan antara lukisan dan warna yang hidup.

Dari berbagai jenis Motif Batik yang Mudah Digambar untuk anak SMP di atas, dapatlah kalian prakatikan untuk tugas sekolah sebagai prasyarat melakukan proses ppembelajaran mengenai kekayaan Indonesia atau sebelum mengenal Hak Anak di Sekolah dan Contohnya, adapun untuk langkah atau cara dalam membuatnya bsa kalian mempersiapkan dengan berikut ini.

Cara Menggambar Motif Batik yang Mudah


Berikut inilah beberapa tips yang bisa dikerjakan dalam menggambar motif batik sederhana, dan sangat indah di pandangn oleh mata.
  1. Pastikan memilih dari gambar-gambar di atas, sesuai kemampuan
  2. Mempersiapkan kertas
  3. Mempesiapakan cat warna atau memepersiapak pulas
  4. Seusai kemampuan yang diinginkan
  5. Memilih guru sebagai proses pengajaran dalam membuat Motif Batik yang Mudah Digambar
  6. Jika memang terbatas waktunya kalian bisa dengan mudah melihat tutorial yang ada di video-video dalam youtube.
Nah, pembaca demikianlah tulisan mengenai Motif Batik yang Mudah Digambar Anak SMP dan Caranya. Semoga dengan adanya tulisan dan contoh ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan kepada setiap pembaca yang sedang membutuhkan materi tentang "Motif Batik yang Mudah Digambar". Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "20+ Motif Batik yang Mudah Digambar Anak SMP dan Caranya Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel