11+ Azab Anak Durhaka Pada Orang Tua [Ibu+Ayah] Lengkap

-anak-anak-
-anak-anak-
Sudah sepantasnya, sebagai anak untuk berbakti kepada orang tua. Mengapa? Karena pengorbanan orang tua, baik ibu atau ayahnya bagi seorang anak sangat luar biasa. Pengorbanan ini bisa secara materi dan nonmateri. Agama pun menegaskan untuk menghormati mereka dan menjanjikan adzab mengerikan bagi siapa yang mengabaikannya.

Azab Anak Durhaka Pada Orang Tua


Berikut adalah serangkaian azab-azab yang akan diterima oleh anak durhaka pada orang tuanya. Baik ibu atau ayahnya. Azab ini setidaknya bisa menjadi bahan renungan bagi setiap pembaca;

Anak Durhaka Dibenci oleh Allah

Dalam hadits riwayat Hakim disebutkan, ridla Allah ada pada ridlo orang tua. Demikian juga dengan murka Allah, juga ada pada orang tua. jika orang tua ridlo, maka Allah pun ridlo. Jika orang tua pun murka, maka Allah juga murka.

Karena itulah, berpandailah mencari ridlo orang tua, maka Allah akan meridloi perjalanan hidup, sesulit apapun masalah yang dilalui oleh seseorang. Meskipun terkadang impian yang kita inginkan tak sejalan dengan keinginan orang tua. Sebagimana tulisan yang ada di dalam artikel Impian Ku Tak Sejalan dengan Ibuku

Anak Durhaka akan Mendapat Adzab Bahkan Ketika Masih di Dunia

Bukan hanya di akhirat, anak durhaka juga akan diberi adzab di dunia jika durhaka kepada orang tuanya. Nabi Muhammad pernah menyampaikan hadits, bahwa setiap dosa akan menjadi perhitungan di akhirat. Demikian juga dengan azabnya. Tetapi dosa karena durhaka kepada orang tua, akan disegerakan azabnya sebelum orang yang durhaka itu meninggal dunia.

Shalat Anak Durhaka Tidak Diterima

Demikianlah isi hadits yang diriwayatkan oleh Hasan bin Makruf. Sekhuyuk apapun sholat seorang anak durhaka, Allah tetap tidak akan menerima sholat yang dia lakukan. Bahkan jika sholat itu baik dan sempurna dalam hal rukun dan syaratnya, sholat itu tetap tidak akan diterima. Miris sangat, memang.

Dosa Anak Durhaka Tidak Diampuni

Nabi Muhammad pernah bersabda, seperti yang disampaikan Aisyah, dikatakan kepada seorang anak durhaka, bahwa Allah tidak akan mengampuni dosanya. Dan sebaliknya, dikatakan kepada anak yang berbuat baik terhadap orang tua, bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

Amal Baik Anak Durhaka Akan Terhapus Seluruhnya

Tentu saja sangat miris jika mendengar seorang yang banyak beramal baik, tetapi amal baik itu tidak memberikan manfaat sama sekali terhadap diri orang tersebut. Karena itu, jangan sampai azab anak durhaka ini terjadi pada Anda. 

Imam Thabrani meriwayatkan hadits, tiga macam hal bisa membuat seluruh amal terhapus. Pertama syirik kepada Allah. Kedua, durhaka kepada orang tua. Dan ketiga, orang dungu yang mempermainkan orang alim.

Anak Durhaka Tidak Akan Mencium Harum Surga

Harum surga itu sudah tercium dari jarak seribu tahun perjalanan, seperti yang disampaikan Nabi Muhammad dalam sebuah hadits. Hal itu memberi kesimpulan bahwa, harum surga sangat kuat hingga tercium meskipun dari jarak yang sangat jauh.

Tapi begitu, anak yang sudah dikategorikan dalam kedurhakaan tidak bisa mencium harum surga tersebut. Dengan kata lain, jarak antara anak durhaka dan surga lebih jauh dari seribu tahun perjalanan.

Anak Durhaka Tidak Dimasukkan ke dalam Surga

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’i dan Imam Ahmad, Nabi Muhammad menyampaikan, ada tiga orang yang haram masuk ke dalam surga. Orang-orang tersebut adalah orang yang suka mabuk, orang yang durhaka kepada orang tua, dan orang yang rela istri serta anak perempuannya melakukan kemungkaran.

Anak Durhaka Adalah Bagian Orang yang Rugi

Nabi Muhammad pernah menyampaikan, orang yang durhaka kepada orang tuanya pasti kecewa karena tergolong sebagai orang yang hina dan tidak akan masuk ke dalam surga. Dia akan kecewa karena mendurhakai orang tua hingga orang tua tersebut berusia udzur.

Anak Durhaka Berpotensi Menjadi Kafir

Inilah yang ditakutkan. Setiap orang yang memeluk Islam dan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah memiliki harapan selamat dan bahagia, baik di dunia ataupun di akhirat. Tetapi, jika dia kafir, semua berubah percuma. Dan salah salah satu hal yang menjadikan orang berubah kafir adalah mengabaikan kedua orang tuanya. Ini seperti bunyi hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Anak Durhaka Bukan Bagian dari Umat Nabi Muhammad

Nabi Muhammad adalah nabi yang selalu berbuat baik kepada siapa saja, lebih-lebih kepada kedua orang tuanya. Maka sudah sepatutnya, umat Islam yang mengakui Nabi Muhammad sebagai panutan, mengikuti sikap dan akhlak Nabi Muhammad.  Termasuk di dalamnya adalah akhlak Nabi Muhammad S.A.W kepada kedua orang tuanya (ayah dan ibunya). Dengan begitu, Nabi Muhammad akan mengakui kita sebagai umatnya.

Baca Juga;
  1. Keutamaan Menyantuni Anak Yatim dan Manfaatnya dalam Islam
  2. Nama Anak Perempuan Islam dan Artinya [A-Z]
  3. Nama Anak Laki-Laki Islam dan Artinya [A-Z]
Membaca azab-azab anak durhaka di atas, sudah sepatutnya bagi setiap umat Islam untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang tergolong durhaka. Semoga kita dijadikan orang-orang baik, yang tidak mendurhakai orang tua, dan memiliki anak-anak yang membanggakan kita.
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ Azab Anak Durhaka Pada Orang Tua [Ibu+Ayah] Lengkap "

Posting Komentar