10+ Keutamaan Menyantuni Anak Yatim dan Manfaatnya dalam Islam Lengkap

Menyantuni anak yatim sejatinya menjadi bagian dari melatih empati sosial. Bukan hanya tentang memberi, tetapi juga tentang berbagi dan memposisikan diri dalam kesusahan orang lain. Dengan begitu, seseorang akan lebih bisa mensyukuri keadaannya juga menafikan sifat kikir.

Menyantuni Anak Yatim


Apakah hanya itu yang menjadi keutamaan dan manfaat menyantuni anak yatim?, selain melatih empati sosial dan menghilangkan sifat kekikiran. Ternyata dalam hadist dan Al-Qur-an banyak sebautkan hal-hal yang berkaitan erat dengan keutaman dan manfaat memberi rizki kepada anak Yatim.

Keutamaan dan Manfaaf Menyantuni Anak Yatim


Berikut setidaknya ulasan mengenai 7 hal yang akan seseorang dapatkan jika menyantuni anak yatim, yang diperkuatpula dengan pentingnya fondasi agama dan pendidikan dalam kehidupan anak. Diantaranya;

Dijamin Masuk Surga

Dalam Kitab Targhih wat Tarhib, terdapat hadits Nabi Muhammad S.A.W yang berbunyi:

وعنه رضي الله عنه أيضا أن نبي الله صلى الله عليه و سلم قال من قبض يتيما من بين مسلمين إلى طعامه وشرابه أدخله الله الجنة ألبتة إلا أن يعمل ذنبا لا يغفر رواه الترمذي وقال حديث حسن صحيح

Maksud hadits tersebut adalah, siapa yang mencukupi kebutuhan makan dan minum anak yatim muslim, maka wajib atas orang tersebut pahala surga. Kecuali, orang itu melakukan perbuatan dosa yang tidak bisa diampuni. Hadits tersebut adalah riwayat Imam Tirmidzi dan merupakan hadits shohih.

Berada di Dekat Nabi Muhammad

Terdapat hadits shohih yang juga dinukil dalam Kitab Ihyak Ulumiddin. Bunyi hadits tersebut adalah:

أنا وكافل اليتيم في الجنة كهاتين وهو يشير بإصبعيه 

Artinya, aku, yang maksudnya adalah Nabi Muhammad, dan orang yang menanggung anak yatim, hanya berjarak seperti jarak dua jari saja ketika besok sudah berada di surga.

Menambahkan Rasa Kasih Sayang

Dinukil dari Kitab Targhih wat Tarhib, terdapat hadits dengan bunyi:

وعن أبي الدرداء رضي الله عنه قال أتى النبي صلى الله عليه و سلم رجل يشكو قسوة قلبه قال أتحب أن يلين قلبك وتدرك حاجتك ارحم اليتيم وامسح رأسه وأطعمه من طعامك يلن قلبك وتدرك حاجتك  رواه الطبراني من رواية بقية وفيه راو لم يسم أيضا

Hadits tersebut menceritakan kedatangan seorang pada Nabi Muhammad. Orang itu mengeluh tentang hatinya yang keras. Nabi Muhammad lantas memberi resep pada orang itu. Resepnya adalah menyayangi anak yatim, mengusap kepalanya, dan memberinya makan. Keterangan tentang keutamaan dan manfaat menyantuni anak yatim tersebut tentu menarik untuk dicoba.

Segala Kebutuhan Hidup Terpenuhi

Dari hadits yang dituturkan pada subjudul sebelum ini, dapat juga ditarik kesimpulan, resep yang diberikan Nabi Muhammad tersebut bukan hanya untuk melembutkan hati. Tetapi juga membuat Allah mencukupi kebutuhan hidup orang yang mau mencoba resep tersebut.

Membuat Rumah Penuh Berkah

Hadits yang menjelaskan ini diambilkan dari Kitab Ihyak Ulumiddin. Bunyi haditsnya adalah:

خير بيت من المسلمين بيت فيه يتيم يحسن إليه وشر بيت من المسلمين بيت فيه يتيم يساء إليه

Maksudnya, rumah yang paling baik itu adalah rumah yang terdapat anak yatim di dalamnya, yang anak yatim tersebut diperlakukan dengan baik. Sebaliknya, rumah yang paling buruk adalah rumah yang terdapat anak yatim di dalamnya, yang anak yatim tersebut diperlakukan dengan sangat buruk.

Tidak Mendapat Adzab di Hari Kiamat

Hadits yang menjelaskan keutamaan menyantuni anak yatim berikut di ambil dari Kitab Targhih wat Tarhib.

وروي عن أبي هريرة أيضا رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم والذي بعثني بالحق لا يعذب الله يوم القيامة من رحم اليتيم ولان له في الكلام ورحم يتمه وضعفه ولم يتطاول على جاره بفضل ما آتاه الله

Arti bebas hadits tersebut adalah: Nabi Muhammad bersabda, “Demi Dzat yang mengutusku, Allah tidak akan menyiksa orang yang menyayangi anak yatim, yang ucapannya pada anak yatim tersebut lembut.

Mendapat Pahala Luar Biasa

Masih dari Kitab Targhih wat Tarhib, terdapat hadits lain sebagai berikut:

وروي عن ابن عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من عال ثلاثة من الأيتام كان كمن قام ليله وصام نهاره وغدا وراح شاهرا سيفه في سبيل الله وكنت أنا وهو في الجنة أخوين كما أن هاتين أختان وألصق أصبعيه السبابة والوسطى

Maksudnya, merawat tiga anak yatim tidak ubahnya orang yang melaksanakan sholat malam, disambung dengan puasa pada keesokan harinya, serta berjuang di jalan Allah. Menariknya, di surga kelak, posisinya sangat dekat dengan Nabi Muhammad tidak ubahnya jarak antara dua jari.

Baca Juga;

  1. Nama Anak Laki-Laki Islam dan Artinya [A-Z]
  2. Nama Anak Perempuan Islam dan Artinya [A-Z]

Membaca segala keutamaan dan manfaat menyantuni anak yatim, tentu akan membuat siapapun menjadi sadar, berbuat baik itu mudah. Meraih surga juga mudah. Membuat allah cinta juga mudah. Sayang dan santuni anak yatim, maka semuanya akan berkah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Keutamaan Menyantuni Anak Yatim dan Manfaatnya dalam Islam Lengkap"

Posting Komentar