Masa Anak Yang Harus Dipahami!

Pengertian masa anak adalah masa seseorang yang akan tumbuh dan berkembang. Masa dimana dia mengenal lingkungan. Pada masa anak ini memiliki karakteritistik bahwa peran serta orang tua sangat berperan penting dalam menumbuh kembangkan anak. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan mengungkapkan tentang masa kanak-kanak.

Masa Anak


Setidaknya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan orang tua dalam menumbuh kembangkan anaknya. Dinatranya haruslah memperhatikan bahwa masa anak merupakan masa dimana si anak dapat memperoleh pengetahuan.

Namun cara memperoleh pengetahuannya pasti berbeda dengan masa remaja, dewasa, atau yang lainnya. Cara anak dalam memperoleh pengetahuan adalah dengan bermain. Dalam bermain, anak cendrung untuk selalu ingin tahu terhadap hal yang baru.

Itulah sebabnya anak banyak mendapat ilmu pengetahuan. Lalu pengetahuan itu akan mudah tersimpan ke memorinya dengan bermain. Agar dalam bermain, anak dapat memperoleh hal yang positif, orang tualah yang mesti membimbing dan mengawasinya.

Orang tua harus kreatif dalam memberikan permainan kepada si anak agar dapat mengasah pengetahuan pada si anak. Orang tua tidak perlu takut saat anaknya bermain di alam sekitar. Terkadang orang tua itu tidak membolehkan anaknya, untuk bermain di alam sekitar. Padahal disana, banyak sekali pengetahuan yang dapat diambil oleh anak.

Masa Anak Sebagai Penanaman Karakter

Masa anak dapat dijadikan sebagai penanaman karakter pada diri seorang anak. Baik buruknya kepribadian seorang anak dapat dilihat dari didikan orang tua terhadap anak. Kepribadian anak itu timbul dari apa yang dia lihat terhadap orang yang disekitarnya.

Dengan ini padangan psikologi orang tua harus mencontohkan prilaku baik kepada anaknya. Hal itu disebabkan karena anak itu konsepnya adalah meniru. Sebagai contoh, jika orang tua cendrung suka marah-marah-marah, maka anaknya akan berkepribadian sama seperti itu juga.

Jadi orang tua harus tegas dalam mendidik seorang anak. Tegas disini adalah dengan berpandai-pandai dalam membentuk kepribadiannya. Orang tua bisa saja memberikan alasan-alasan mengapa anak itu harus berbuat baik atau dengan cara yang lain.

Hal-Hal yang Unik dari Masa Anak

Adapun hal-hal yang unik dari seorang anak yaitu, semua anak terutama laki-laki-laki sudah memiliki jiwa pemimpin sejak kecil. Berbeda dengan fakta anak perempuan, anak laki-laki-laki tidak akan mau begitu saja di omelin sama orang lain.

Contoh lain, jika sosok ayah tidak ada dirumah, dia cendrung suka menggantikan posisi ayahnya. Saat makan saja, biasanya dia akan duduk dikursi yang biasa diduduki oleh ayahnya. Dan masih banyak contoh lain.

Masa anak dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan bakat pada diri seorang anak. Dari kecil, setiap anak pasti sudah memiliki keunikan atau bakat tersendiri. Oleh karena itu, jika orang tua tanggap untuk mengasah bakat anak dari kecil, maka hal itu akan berdampak baik bagi anak pada masa pertumbuhannya hingga dia besar. Terlebih agar anak tidak menjadi seorang yang durhaka. Selengkapnya, baca; Azab Anak Durhaka Pada Orang Tua

Sebagai contoh, jika anak memiliki bakat dalam bermain bola, dan orang tua tanggap untuk mengasah kemampuan anaknya dari kecil. Tidak menutup kemungkinan, bisa saja dia kelak besar nanti akan menjadi pemain bola terkenal.

Guna dari mengasah bakat anak dari kecil adalah agar anak dapat menjalani hidupnya di dunia kerja kelak saat dia besar, karena sudah ada minat bakat di dirinya yang akan menjadi pedoman untuk mencapai cita-citanya.

Masa anak sangat berguna dalam hidup setiap orang. Oleh karena itu, sebagai orang tua diharapkan dapat menumbuh kembangkan anak agar disaat dia besar, anak dapat menjadi orang yang berguna. Karena dialah yang akan menjadi pemimpin kelak dan mewujudkan generasi yang lebih baik.

Baca Juga;
  1. Nama Anak Perempuan Islam dan Artinya [A-Z]
  2. Nama Anak Laki-Laki Islam dan Artinya [A-Z]
  3. Gambar Anak SD Yang Paling Sering Dilakukan dan Contohnya

Demikianlah serangkaian penjelasan dan pembahasan mengenai Masa Anak. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menjadi wawasan dan menambah pengetahuan bagi setiap pembaca sekalian. Penulis artikel ini adalah Tafdhil Nasution. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masa Anak Yang Harus Dipahami!"

Posting Komentar