4+ Permainan Tradisional Yang Bisa Membentuk Karakter Anak

FaktaAnak.Com- Bermain merupakan hal yang melekat dalam kegiatan setiap anak-anak. Bagi anak, tidak ada hari yang menyenangkan tanpa kegiatan bermain. Namun, tidak sedikit orang tua yang melarang anak untuk bermain, Padahal masa bermain adalah masa-masa penting yang tidak bisa ditinggalkan sekaligus tidak bisa terulang dalam kehidupan si anak. Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengulas tentang 4 jenis permainan tradisional yang bisa membentuk karakter anak.

Anak


Masa anak yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab, bermain ini mengajarkan pada anak bahwa curang itu salah dan dari bermain anak belajar menerima kekalahan.

Belajar dari bermain ini, harapannya di masa yang akan datang, anak akan menjadi sosok pemimpin yang tidak korupsi. Menjadi pemimpin negeri yang mau mendengarkan dan menerima kritik dan saran dari rakyatnya, serta tidak mengelak jika diluruskan.

Selain itu, bermain juga mengajarkan semangat pada anak untuk mencapai sebuah kemenangan. Harapannya, saat di usia dewasanya mampu memenangkan kompetisi bangsa di kancah dunia. Dari sini, kebiasaan bermain ternyata turut membentuk karakter pemimpin di masa depan. Terlebih Indonesia sendiri kaya akan budaya permainan yang memiliki cara tersendiri untuk mengajarkan anak-anak kita pada hal-hal positif. Baca, juga; Permainan Jadikan Bahan Pokok Pembelajaran Anak

Permainan Tradisional Yang Bisa Membentuk Karakter Anak

Lantas, permainan tradisional seperti apa saja yang bisa dijadikan sebagai media membentuk dan memupuk karakter pemimpin pada anak di masa mendatang?. Berikut adalah ulasan tentang jenis permainan tersebut.

Permainan panjat pinang

Anak akan berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah menarik yang tergantung di ujung pohon pinang. Untuk mendapatkannya dibutuhkan kerja sama dan kerja keras. Dari sini, esensinya bukan soal nilai hadiah tapi nilai-nilai yang ada dalam permainan itu sendiri yang membentuk karakter si anak.

Permainan balap karung.

Permainan yang menggunakan karung goni ini mewajibkan setiap anak yang bermain untuk balapan melompat-lompat hingga garis finis. Betapa semangatnya yang menggebu-gebu saat anak memainkan permainan itu. Dari semangat yang menggebu-gebu inilah membentuk karakter pemimpin yang
semangat untuk berjuang memajukan negaranya.

Permainan hompipa.

Anak-anak akan menentukan siapa di antaranya yang akan menjadi pemenang dengan telapak tangannya. Pemenang di sini adalah anak yang memiliki sisi tangan berbeda dari anak yang lainnya. Dengan bermain ini akan membentuk karakter kejujuran dan rasa kebersamaan yang tinggi terhadap teman sejawatnya.

Permainan sepak bola.

Permainan yang membutuhkan banyak anak ini dimainkan dengan menggunakan kaki dan teknik-teknik sehingga bola bisa masuk ke dalam gawang lawan. Dari permainan ini tentu, anak akan belajar betapa pentingnya memiliki rasa kerja sama, sportivitas, hingga strategi yang digunakan untuk mencapai kemenangan. Inilah karakter yang akan membekas dalam diri anak.

Dengan keempat permainan inilah karakter pemimpin anak terbentuk. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak instan, namun harapannya dari sini akan lahir generasi pemimpin yang cerdas, amanah, cekat menghadapi problematika yang ada serta mampu memajukan negaranya.

Baca Juga;
  1. Permainan Tradisional Yang Bermanfaat Untuk Anak
  2. Doa untuk Anak Perempuan dan Laki-Laki yang Harus Diajarkan
  3. Doa Anak Sholeh dan Pintar Terbaik dan Terlengkap

Demikianlah serangkaian tulisan tentang Permainan Tradisional Yang Bisa Membentuk Karakter Anak yang ditulis dan disajikan oleh Mukhamad Hamid Samiaji. Sebagai salah satu Pegiat Literasi dan Periset di Pusat Sudi Pendidikan dan Kreativitas Anak Purwokerto. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4+ Permainan Tradisional Yang Bisa Membentuk Karakter Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel