6+ Karakteristik Anak Yang Perlu Diketahui!!

-anak-anak-
-anak-anak-
FaktaAnak.Com- Dunia Anak merupakan dunia yang penuh kegembiraan, kebahagiaan dan canda tawa. Setiap anak unik dan berbeda. Sehingga tidak dapat disamakan antara anak satu dengan yang lainnya. Anak juga memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan menuliskan tentang karakteristik anak.

Karakteristik Anak


Beragam tipikal atau karakteristik yang melakat dalam diri anak antara lain adalah sebagai berikut;

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Besar

Artinya anak seringkali tertarik dengan sesuatu yang ada disekitarnya dan ingin mengetahui segala sesuatu yang ada di sekelilingnya.

Suka Berfantasi dan Berimajinasi

Artinya anak suka membayangkan dan mengembangkan berbagai hal yang melampauib kondisi nyata seperti anak suka berpura-pura bermain peran menjadi seorang dokter atau tokoh-tokoh potensial yang lainnya.

Memiliki Sikap Egosentris

Artinya anak hanya memahami sesuatu dari sudut pandang dirinya sendiri, bukan dari sudut pandang orang lain.

Memiliki Daya Konsentrasi yang Pendek

Artinya konsentrasi atau perhatiannya mudah teralihkan pada kegiatan yang lain.

Membutuhkan Pengalaman Langsung

Artinya dalam menerima informasi baru anak memerlukan benda yang konkrit (nyata) atau bpengalaman langsung yang dilakukan oleh anak.

Bermain Merupakan Dunia Anak

Artinya, segala pembelajaran pada anak dilakukan sambil bermain. Mengenali Dunia Anak merupakan suatu kewajiban dan keharusan bagi para orang tua atau bahkan calon orang tua. Jika dilihat sekilas, dunia anak memang hal yang sederhana untuk dikenali.

Namun, jika di perdalam ternyata dunia anak begitu istimewa dan menjadi suatu hal yang vital untuk dipahami. Setiap individu pasti pernah berada pada fase menjadi seorang anak. Sehingga pengalaman yang begitu berharga menjadi seorang anak mungkin saja menjadi bagian dalam hidup yang paling menyenangkan dan mengesankan untuk diingat bahkan dikenang.

Dari serangkaian penjelasan di atas tentang karakteristik anak dapat dikatakan bahwasanya dunia anak merupakan dunia bermain karena bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan juga suatu kebutuhan bagi diri anak.

Jadi seperti yang dijelaskan pada karakteristik anak yang ke-6 bermain itu merupakan dunianya anak. Sehingga dengan bermain anak dapat melakukan karakteristik 1 – 5 sebelumnya itu karena dari bermain dapat menimbulkan rasa ingin tahu, suka berfantasi dan berimajinasi dengan mainannya, memiliki sikap egosentris terhadap mainannya, dan membutuhkan pengalaman langsung untuk bermain.

Dan semua itu merupakan cara pembelajaran pada anak karena pembelajaran pada anak terutama anak usia dini dilakukan dengan cara bermain. Dalam bermain anak dapat mengeksplorasi lingkungan sekitar, bersosialisasi dengan teman sebaya atau orang dewasa, mengembangkan perkembangan motorik, hingga dapat mengembangkan kreativitas.

Baca Juga;
  1. Nama Anak Laki-Laki Islam dan Artinya [A-Z]
  2. Nama Anak Perempuan Islam dan Artinya [A-Z]
  3. Kewajiban Anak dan Orang Tua dalam Islam Lengkap
Demikianlah seerangkaian tulisan dan penjelasan tentang karakteristik anak yang dituliskan oleh Ismalia Martini denganMemperkenalkan dan Menceritakan Dunia Anak. Semoga bisa memberikan wawasan dan pemahaman kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 
-anak-anak-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Karakteristik Anak Yang Perlu Diketahui!!"

Posting Komentar