Cara Membaca Puisi

5+ Permainan Tradisional Yang Membuat Hati Gembira

FaktaAnak.Com- Cerita masa kecil memang tak pernah terlepas dengan kegiatan yang satu ini, yaitu bermain. Masa kecil adalah awal dimana anak-anak mulai suka berjelajah dengan alam. Suka bersenang-senang dengan temannya, tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi. Ada beberapa permainan dimana anak-anak suka memainkannya.

Permianan Tradisional

Dan permainan ini meskipun sudah lama, sudah ada sejak dahulu masih tetap eksis sampai sekarang. Permainan pertama ada petak umpet. Salah satu permainan yang sampai sekarang masih disukai oleh anak-anak.

Petak Umpet

Petak umpet adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Dimana salah satu dari mereka ada yang berjaga atau ditutup matanya dengan berhitung. Kemudian teman lainnya bersembunyi di suatu tempat. Setelah hitungannya selesai maka yang berjaga tadi mulai mencari teman-temannya yang bersembunyi. Baca Juga; Mobile Legend Vs Petak Umpet

Apabila ada yang sampai terlebih dahulu di tempat penjaga yang tadi berhitung tanpa diketahui oleh si penjaga maka dia lolos. Akan tetapi sebaliknya jika dia ketahuan oleh si penjaga maka dia akan menjadi penjaga selanjutnya. Permainan ini sangat seru dan asyik. Akan tetapi juga melelahkan. 

Layang-Layang

Permainan kedua yang tidak terkikis oleh zaman ada bermain layang-layang. Permainan ini sangat disukai oleh anak laki-laki. Mereka bersama-sama pergi ke tanah lapang untuk bermain layang-layang.

Layang-layag terbuat dari bambu dan kertas. Layang-layang yang mereka mainkan pun beragam. Ada yang berukuran kecil dan besar. Ada jugaa dengan motif dan bentuk yang ber eda-beda. Mereka bermain biasanya tak kenal waktu hingga larut petang.

Masak-Masakan

Selanjutnya ada permainan yang pasti disukai oleh anak-anak perempuan sewaktu kecil, yaitu masak-masakan. Entah kenapa anak-anak perempuan suka memasak waktu kecil. Mungkin saja dia suka melihat ibunya memasak jadi mereka tertarik.

Anak-anak perempuan ini biasanya mempunyai peralatan memasak yang berbentuk kecil yang terbuat dari plastik, bisa juga dengan menggunakan wadah suatu produk yang tidak terpakai untuk masak-masakan.

Boneka

Selain itu, anak perempuan juga senang bermain boneka. Boneka yang sering dimainkan anak-anak biasanya boneka Barbie. Dengan bentuknya yang beraneka ragam dengan koleksi fashionnya anak-anak perempuan tertarik dengannya. Rata-rata dari mereka pasti mempunyai boneka dan menjadi teman tidur bagi anak-anak.

Lompat Tali

Dan ada juga permainan lompat tali. Biasanya permainan ini dimainkan oleh anak- anak perempuan akan tetapi anak laki-laki pun juga suka memainkannya meskipun tak sebanyak perempuan. Lompat tali ini sering dimainkan oleh anak TK-SD.

Dengan menggunakan karet gelang yang disusun dengan rapi sampai berbentuk panjang. Pemainnya 3 orang atau lebih dengan menggunakan beberapa syarat yang diberikan oleh sang lawan. Ada beberapa tahapan yang harus mereka lewati untuk sampai di babak akhir.

Jika di tengah-tengah permainan ada yang melanggar beberapa syarat tersebut maka dinyatakan gugur dan tidak bisa melanjutkan permainan. Lompat tali memiliki resiko tinggi yaitu ketika mereka melompat bisa saja mereka jatuh atau terkilir. Sehingga anak-anak perlu berhati-hati saat bermain lompat tali.

Baca Juga;
  1. Jenis Permainan Anak Zaman Dulu dan Faktanya
  2. Pentingnya Permainan Tradisional Untuk Anak-anak
  3. Jenis Permainan Anak Yang Tidak Akan Lekang Oleh Waktu
Demikianlah serangkaian tulisan dan penjelasan tentang Jenis Permainan Tradisional Yang Membuat Hati Gembira apabila dilakukan oleh seorang anak. Semoga tulisan dari Dita Nur Afitasari ini bermanfaat bagi segenap pembaca semuanya. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5+ Permainan Tradisional Yang Membuat Hati Gembira"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel