Cara Membaca Puisi

5+ Tips Orangtua dalam Mengasuh Anak

FaktaAnak.Com- Berbicara mengenai generasi emas, erat kaitannya dengan anak dimana didalamnya terdapat banyak hal yang menjadi problematika dan memang tidak ada habisnya. Mulai dari aksi lucunya, kepolosannya, rasa ingin tahu, serta aktivitas lain dengan cara membuat orang di sekitar yang melihatnya itu ikut tertawa. Bayangkan saja, sejak dalam kandungan ibunya itu sudah istimewa, apalagi ketika benar-benar telah di lahirkan ke dunia yang sungguh berwarna ini pasti lebih dari istimewa lagi.

Anak


Anak dapat diartikan sebagai sumber kehidupan sekaligus investasi berharga bagi orang tua yang telah berhasil membesarkan dan mendidiknya dengan baik. Dunia anak tentunya penuh dengan warna kebahagiaan, keceriaan, bermain dengan teman sebayanya, dan aksi seru lainnya yang pada nantinya akan merangsang perkembangan fisik dan motorik anak.

Adapun pengertian anak lainnya yang juga merupakan suatu pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus dijaga dimana di dalam diri anak mempunyai keistimewaan tersendiri yang berbeda dari anak satu dengan anak yang lain mulai dari karakter, kemampuan daya pikir, kebiasaan sehari-hari serta talenta yang dimiliki.

Transisi dari permainan tradisional ke modern

Seiring dengan semakin canggih dan mudahnya perkembangan teknologi sekarang ini mempengaruhi kehidupan anak dalam bermain dari mulai tahun ke tahun. Dulu yang awalnya anak dengan teman-temannya asik dalam bermain seperti permainan tradisional gobak sodor, memasak, bermain kelereng, bersepeda dll kini tergantikan dengan games online yang didalamnya menghadirkan fitur gambar yang tentunya lebih bervariasi dengan keindahannya. Baca, juga; Permainan Tradisional Yang Membuat Hati Gembira

Dimana games online tersebut mudah didapatkan dengan cara mengakses dari handphone canggih yang dimiliki.

Kalau tidak mengikuti perkembangan zaman sekarang ini dan masih tetap mengikuti perkembangan zaman dahulu, banyak orang yang mengatakan gaptek, kurang update, masih jadul dsb. Zamannya sudah berubah ya polanya harus berubahlah, mungkin sebagian orang akan berkata seperti itu.

Namun disisi lain teknologi yang berkembang sekarang ini pastinya mempunyai dampak positif dan negatif pula. Dampak positif yang dimiliki yaitu membantu ketika komunikasi di situasi darurat sekaligus dapat pula dijadikan sumber referensi bagi anak ketika ada tugas sekolah.

Adapun dampak negatif yang begitu luar biasa yang dulunya anak senang berkomunikasi serta bergaul, kini menjadi anak yang individualis atau enggan berkomunikasi dengan orang lain. Hal lain yang mengerikan pula adalah banyaknya adegan-adegan tidak wajar di permainan handphone yang dapat ditiru oleh anak.Strategi cerdas orang tua dalam mendidik anak.

Tips Mengasuh Anak


Nah, langkah tepat yang harus diambil sebagai orang tua adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal-hal yang penting saja serta tetap menjaga kelestarian permainan tradisional pada anak. Tak perlu khawatir dengan kondisi yang serba luar biasa pada zaman ini, adapun tips ampuh sebagai orang tua dalam mendidik anak diantaranya;

  1. Selalu mendekatkan anak pada kegiatan seperti ibadah. Dengan beribadah terutama mendekatkan diri kepada Tuhannya akan menentramkan hati bagi siapapun termasuk anak.
  2. Membatasi bermain handphone pada anak. Misalnya untuk bermain handphone dibatasi untuk anak sehari maksimal 3 jam atau boleh kurang.
  3. Mengisi kegiatan anak dengan kegiatan bermanfaat misal ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menunjang hobi anak sehingga anak akan disibukkan dengan kegiatan yang positif.
  4. Mendampingi serta mengawasi anak dalam bermain. Melakukan pendampingan serta pengawasan terhadap anak dapat meminimalisir terjadinya kegiatan negatif yang dapat dilakukan oleh anak.
  5. Mendukung anak untuk mengeksplore dirinya sendiri. Dukungan orang tua untuk perkembangan anak menjadi baik sangatlah diperlukan karena pada akhirnya dapat memacu semangat anak untuk mengembangkan bakat dari dirinya.
Kenangan berharga menjadi seorang anak

Tak banyak tentunya pengalaman menjadi seorang anak ketika harus benar-benar menghabiskan waktu dalam masa bermainnya, berbaur dengan temannya dsb. Sebagai orang tua harus membimbing anak dengan baik karena pada nantinya anak adalah calon generasi emas bangsa yang akan menjawab tantangan dunia yang pada nantinya akan menjadi manusia bermanfaat bagi semuanya.

Baca Juga;

  1. Nama Anak Perempuan Islam dan Artinya [A-Z]
  2. Nama Anak Laki-Laki Islam dan Artinya [A-Z]
  3. Azab Anak Durhaka Pada Orang Tua [Ibu+Ayah]

Demikianlah tulisan Generasi Emas Kebanggaan Bersama karya Famillya Yuni Pajarwati ini dibuat, apabila ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat dijadikan referensi khususnya orang tua dalam mengasuh anak nantinya, terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5+ Tips Orangtua dalam Mengasuh Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel