4+ Cara Menjadikan Anak Sebagai Pemimpin

Menjadikan anak untuk memiliki sifat Kepemimpinan yang menjadi Harapan Bangsa Suatu bangsa dikatakan maju dan sejahtera karena semua terdapat dalang yang lihai memankan peran menjadi sosok pemimpin yang mampu memajukan bangsa ini. tokoh-tokoh pemimpin bangsa yang unggul yang akan membawa bangsa ini menuju arah mana.

Menjadikan Anak Pemimpin


Tentu saja para pemimpin hebat-hebat tersebut berasal dari keluarga-keluarga hebat yang telah berhasil mendidiknya menjadi manusia pemimpin yang hebat.

Do'a

Doa senantiasa orangtua panjatkan untuk anak-anak mereka agar kelak mereka dapat berguna bagi agama, kelurga, dan masyarakat. Beberapa dari orang tua bahkan mnendoakkan anaknya agar kelak nanti mereka menjadi pemimpin negeri ini.

Baca Juga:
  1. Doa untuk Anak Perempuan dan Laki-Laki yang Harus Diajarkan
  2. Doa Anak Sholeh dan Pintar
  3. Nama Anak Laki-Laki Islam dan Artinya [A-Z]


Usaha-Usaha

Bukan hanya sebuah do’a yang mesti orangtua lakukan, melainkan usaha pemberian nama anak yang baik, kasih sayang, dan kerja keras mereka dalam mendidik putra-putrinya menjadi seorang pemimpin yang besar. Pada kodrat-Nya, manusia sudah terlahir menjadi seorang pemimpin, lalu tinggal bagaimana jiwa kepimpinan tersebut mampu untuk berkembang dan tumbuh pada diri si anak tersebut.

Sebagai orangtua tentulah memiliki kewajiban dalam menumbuh kembangkan kepribadian pada anak-anaknya, disinilah orangtua menaruh peran terbesar dalam mendidik dan melatih sifat kepemimpinan pada anak sejak usia sini.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menanamkan sifat kepemimpinan pada si kecil sejak usia dini.

Pertama, ajarkan si kecil untuk percaya diri. Hal yang menjadi keutamaan bagi seorang pemimpin adalah memilki rasa percayadiri. Latih anak-anak agar mereka menjjadi percaya diri, berani tampil dihadapan orang banyak tanpa rasa minder.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua ialah memberikan nasihat-nasihat pada anak serta motivasi-motivasi agar anak mau untuk percaya diri. Seperti orang tua memberikan perkataan-perkataan yang dapat membuat anak merasa bangga dan PD akan dirinya.

Hindari perkataan yang dapat membuat anak merasa tertekan dan menjdi anak. Ingat jangan berlebihan dalam menyanjung
anak, beri sanjumgan kepada anak disaat-daat tertentu, agar anak menjadi percaya diri dan bukan menjadi over.

Kedua, latih si kecil untuk mau mengungkapkan pendapatnya. Buat anak berani mengungkapkan opini mereka. Orang tua bisa melatih anak untuk berpendaapat dalam aktivitas kesehariannya, misalakan di kelurga akan melakukan acara wisata, mintakan pendapat pada anak kemana ia ingin berwisata.

Selalu libatakan pendapat pada anak di setiap kegiatan, jangan lupa beri pengertian pada anak bagaimana menghargai pendapat orang, bagaimana sikapa disaat pendapatnya tidaka diterima, bagaimana cara berpendapat yang baik.

Ketiga, mengajarkan sikap disiplin dan bersikap jujur. Sebagai seorang pemimpin yang baik, ia harus mampu membuat dirinya disiplin serta bersikap jujur. Hal pertama yang dilakukakan dengan menanamkan sikap disiplin dalam dirinya sendiri, seperti ajarkan anak untuk mengantri, bangun tepat waktu, sholat tepat waktu dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan melatih kejujuran pada anak. Hal yang dapat dilakukan orangtua ialah dengan orangtua memberikan contoh sikap jujur secara langsung pada anak dengan begitu anak akan menirunya, karena anak akan memahami arti penting dan manfaat dari suatu kejujuran.

Bisa juga dengan membacakan buku kepada anak yang mampu menyampaikan dan mencontohkan
sikap kejujuran. Betapa penting menanamkan berbagai karakter kebaikan dan pengetahuan kepada anak sejak usia dini.

Karena anak usia dini dikatakan sebagai masa golden age, dimana berbagai hal yang akan ia ketahui akan mereka simpan dan akan mereka serap. Ibarat busa yang akan menyerap air sampai habis.

Demikianlah tips dan trik untuk menjadikan anak sebagai pemimpin yang ditulis oleh Cesilia Prawening dengan judul "Menyemaikan sifat kepemimpinan ulung pada si kecil harapan bangsa". Semoga bisa bermanfaat, trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Cara Menjadikan Anak Sebagai Pemimpin"

Posting Komentar