Cara Membaca Puisi

6+ Pengaruh Keluarga dalam Pendidikan Anak

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang bisa merubah potensi sumber daya manusia menjadi yang berkualitas. Faktor penentu bagi perkembangan anak baik fisik maupun mental adalah peran orang tua, terutama peran seorang ibu, karena ibu adalah pendidik pertama bagi anak-anak yang dilahirkan sampai dia tumbuh dewasa.

Pengaruh Keluarga dalam Pendidikan Anak


Oleh karena itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang pengaruh keluarga dalam pendidikan anak, diantarnya sebagai berikut;

Watak

Dalam proses pendidikan keluarga sangat berperan dalam mengembangkan watak, kepribadian, nilai-nilai budaya, nilai-nilai keagamaan dan moral, serta keterampilan sederhana. Hal ini bertujuan untuk membimbing anak agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, tangguh, mandiri, inovatif, dan kreatif.

Karakter

Peran orang tua dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak sangatlah penting yaitu salah satunya mengajarkan cara berbahasa yang baik dalam pergaulan sehari-hari. Keluarga dapat berperan sebagai fondasi dasar untuk memulai langkah-langkah pembudayaan karakter melalui pembiasaan bersikap dan berperilaku sesuai dengan karakter yang diharapkan. Pembiasaan yang disertai dengan teladan dan diperkuat dengan penanaman nilai.

Kedekatan yang hangat dengan orang tua merupakan cara terbaik untuk menumbuhkan otak anak. Saat anak diajak bermain bersama, bernyanyi, berbicara, bercerita dan dididik di lingkungan yang aman serta bersih akan membawa pengaruh perubahan yang besar bagi tumbuh kembang dan potensi anak di masa depan.

Norma

Dalam penyelenggaraan pendidikan metode pembelajaran pada usia dini, ada berbagai metode yang dilakukan oleh para pendidik. Diantaranya adalah metode belajar sambil bermain ataupun bermain sambil belajar dan tidak hanya itu saja orang tua juga mengajarkan cara sosialiasi norma- norma yang berlaku di masyarakat agar anak dapat tumbuh berkembang selaras dengan lingkungannya.

Kegagalan Keluarga

Kegagalan keluarga dalam mendidik karakter pada usia dini, akan mempersulit sarana pendidik lain di luar keluarga dalam upaya memperbaiki karakter anak. Kegagalan keluarga dalam membentuk karakter anak usia dini akan berdampak pada tumbuh kembang anak yang tidak berkarakter.

Kesadaran

Maka setiap keluarga harus memiliki kesadaran bahwa karakter bangsa sangat tergantung pada generasi penerus bangsa dan pola mendidik anak usia dini dalam lingkungan berbasis pada penciptaan kerukunan dalam keluarga.

Baca Juga;
  1. Nama Kelas IPA [Singkatan Keren & Artinya]
  2. Sifat Wanita dalam Semua Hal
  3. Nama Kelas SD [Singkatan Keren & Contohnya]

Demikianlah serangkaian tulisan dari Helma Riza Chaniago, dengan judul "pengaruh keluarga dalam pendidikan usia dini bagi tumbuh kembang anak". Semoga adanya artikel ini bisa memberikan wawasan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6+ Pengaruh Keluarga dalam Pendidikan Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel